Oleh humas on November 09, 2016

Jakarta (09/11)-- Asisten Deputi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Kemenko PMK, Naalih Kelsum, pagi ini memimpin rapat tentang operasionalisasi aplikasi “size” di lt.3 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Turut hadir dalam rapat ini perwakilan dari Kementerian Pertanian, kementerian Kesehatan serta perwakilan dari K/L terkait.

Aplikasi SIZE adalah sebuah aplikasi untuk deteksi dini wabah zoonosis untuk membantu percepatan respon lintas sektor K/L terkait sesuai dengan MOU yang telah disepakati. Dalam pengantar rapatnya, Naalih mengatakan, tujuan dari rapat ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam operasionalisasi SIZE, serta Menyepakati bentuk dan menyusun dasar kebijakan untuk mengoperasionalkan SIZE dan Menyusun daftar pejabat pengguna sekaligus penerima ponsel berisi aplikasi SIZE.

Dalam kesempatan ini para K/L terkait juga menyampaikan tentang peran masing-masing dalam mengoperasikan SIZE. SIZE telah diujicobakan di Bali dan untuk pengembangan aplikasi ini ke depan nyatanya masih butuh sejumlah masukan serta masih diperlukan dasar kebijakan untuk operasionalisasi SIZE demi keberlangsungan suplai data, sharing informasi, klarifikasi dan koordinasi pelaksanaan respon menjadi optimal.

Kesimpulan dari rapat ini adalah bahwa SIZE bermanfaat bagi birokrat di Pusat dan Daerah sebagai alat sharing informasi, klarifikasi dan koordinasi terhadap respon permasalahan zoonosis. (fin)

Categories: