Oleh humasnew on August 07, 2018

Jakarta (07/8) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menerima Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang diusulkan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Penganugerahan diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Acara dilaksanakan di Auditorium STIK-PTIK, Jakarta (07/8).

Menko PMK menerima Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama atas peran jasanya dalam bersinergi dengan kepolisian dalam menanggulangi terorisme dan radikalisme serta telah berjasa dalam membentuk karakter bangsa melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental 

Selain Menko PMK, Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama diberikan juga kepada Mensesneg Pratikno; Menkeu Sri Mulyani Indrawati; MenPUPR Basuki Hadimoeljono; Kepala BIN Budi Gunawan; KASAU Yuyu Sutisna; dan KASAL Siwi Sukma Adji.

Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama diberikan untuk menghargai dan menghormati orang yang dianggap berjasa besar terhadap kemajuan, kesejahteraan dan pengembangan kepolisian.  Bagi anggota Bhayangkara,  Bintang Bhayangkara Utama merupakan tanda Kehormatan tertinggi untuk Bhayangkara.

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepolisian Republik Indonesia yang selama ini telah mengambil peran dan bertanggung jawab ikut membantu tugas pemerintah di bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,”kata Menko PMK dalam sambutannya.

Menurut Menko PMK, selama ini Polri telah bersinergi dalam agenda strategi Nasional di bidang PMK, diantaranya penanganan mudik lebaran yang dari tahun ke tahun semakin baik, penanganan TPPO, perlindungan anak, penanggulangan bencana, dan pengamanan Asian Games 2018.

“Tentu masih banyak lagi, sinergi Polri dengan program-program pemerintah. Kedepan, sinergi dalam agenda strategi Nasional dapat terus diperkuat. Sebab, membangun Indonesia membutuhkan gotong royong seluruh komponen bangsa dan negara, ”harap Menko PMK.

Menko PMK juga menyampaikan terima kasih atas penganugerahan yang diterimanya. Menurutnya, penghargaan ini akan memberikan tanggung jawab untuk terus bekerja bagi kemajuan bangsa dan negara.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemberian Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada para menteri karena ikut berperan aktif dan bersinergi dalam menjaga dan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat secara luas.

Turut hadir dalam acara tersebut Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto , Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin, serta para mantan Kapolri terdahulu dan para Perwira Tinggi Polisi. (DAM)