Bencana dan Kerawanan Sosial

Oleh humas2 on April 13, 2017

Jakarta (13/04)—Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan pasca bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Bireun di Provinsi Aceh. Rakor yang bertempat  di lantai 3 Kemenko PMK turut dihadiri oleh Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BNPN; Perwakilan dari Kementerian Sekretariat Negara, Kantor Staf Presiden, Kemenkes, Kemensos, Kemendagri, Kementerian PUPR, Kemenkeu, Kementerian PPA, Kementerian Koperasi dan UKM, Kemenag , dan Kemendesa PDTT.

Oleh humas2 on April 06, 2017

Jakarta (06/04) ---Asisten Deputi bidang Pengurangan Risiko Bencana Kemenko PMK, Herbin Manihuruk, memimpin rapat koordinasi (rakor) yang membahas progress dukungan program/kegiatan ekspedisi NKRI 2017 di Millenium Hotel Sirih, Jakarta Pusat. Tujuan dilaksanakannya rakor pada siang hari ini adalah untuk membahas sejauh mana kemajuan dukungan program/kegiatan ekspedisi NKRI 2017 baik dalam hal penetapan lokasi,  jenis kegiatan, waktu pelaksanaan, volume kegiatan, serta jumlah anggaran yang bersumber dari K/L di bawah koordinasi masing-masing kedeputian di lingkup Kemenko PMK.

Oleh humas2 on March 29, 2017

Jakarta (29/03) -- Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa pagi ini memimpin rapat koordinasi (rakor) Dukungan Program/Kegiatan Ekspedisi NKRI Tahun 2017. Rakor yang merupakan lanjutan dari rakor pada 10 Februari 2017 lalu ini dilaksanakan dalam rangka memantapkan dukungan kegiatan  dari sektor swasta, LSOM, dan BUMN pada Ekspedisi NKRI 2017. Pada kesempatan ini, Yan meminta peserta yang hadir untuk menyampaikan progress report dan bentuk nyata terkait dukungan program/kegiatan yang akan dilakukan.

Oleh humas2 on March 13, 2017

Jakarta (13/03) -- Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, memimpin rapat koordinasi (rakor) terkait rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial di ruang rapat lt. 3 Kemenko PMK, Jakarta.  Rakor pagi tadi ini bertujuan untuk membahas isu koordinasi penanganan konflik sosial dan masukan terkait rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial. Ruang lingkup dari penanganan konflik sosial yang dibahas pada rakor kali ini meliputi tindakan pencegahan, penghentian dan pemulihan. 

Oleh humas2 on March 13, 2017

Jakarta (13/03)--- Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Manggesa, membuka dan memimpin rapat  koordinasi (Rakor) perceparan relokasi mandiri dan pembangunan hunian sementara (Huntara) bagi pengungsi Sinabung di ruang rapat lt. 6 gedung Kemenko PMK. 

Oleh humas2 on March 09, 2017

Jakarta (09/03)--- Penanganan Darurat Bencana (PDB) sebenarnya telah diatur dalam perundang-undangan tetapi dalam praktiknya di lapangan sering terjadi permasalahan mendasar salah satunya adalah masalah ”ego sektoral.” Akibatnya, upaya PDB jadi terkesan “berjalan sendiri-sendiri” dan  tidak terkoordinasi dengan baik. Di samping dapat berakibat konflik horizontal, ego semacam ini dapat berakibat pula pada inefisiensi dalam penggunaan sumber daya. Selain itu, dapat terjadi pula ke-vakum-an dalam PDB yang dapat berakibat kesemrawutan tidak terkendali.

Oleh humas2 on March 01, 2017

Jayapura (28/02) – Asisten Deputi Urusan Pengurangan Resiko Bencana Kemenko PMK, Herbin Manihuruk mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Ekspedisi NKRI  Koridor Papua Selatan tahun 2017 di Jayapura, Papua. Rakor secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen yang didampingi oleh Palakar Ekspedisi NKRI 2017, Aster Kodam, Karo Ops Polda Papua dan diikuti oleh para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Propinsi, TNI/Polri, serta para pejabat daerah kabupaten yang menjadi lokasi kegiatan Ekspedisi NKRI 2017.

Oleh humas2 on February 16, 2017

Jakarta (16/2) - Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Korrdinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Masmun Yan Mangesa pagi ini memimpin rakor Teknis siaga darurat banjir dan tanah longsor di ruang rapat lantai 3 Kemenko PMK, Jakarta

Oleh humas2 on February 14, 2017

Jakarta (14/02)— Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Masmun Yan Mangesa, memimpin rapat koordinasi (Rakor) terkait progres pelaksanaan Perpres Nomor 25 Tahun 2016. "Rakor ini diadakan untuk membahas progres pelaksanaan Perpres No. 25 Tahun 2016 yang telah berakhir pada 25 November 2016 lalu" jelas Yan saat membuka rakor di ruang rapat lantai 3 Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas2 on February 13, 2017

Bitung (13/02)--- Pasca terjadinya banjir yang melanda empat kecamatan di Kota Bitung Minggu sore kemarin, Menko PMK, Puan Maharani, yang tengah menyelesaikan kunjungan kerja dua harinya di Kota Manado, pagi tadi menunda kepulanganny ke Jakarta lalu bergerak menuju Kota Bitung untuk meninjau langsung lokasi dan korban akibat banjir bandang dan tanah longsor itu.

Oleh humas2 on February 10, 2017

Jakarta (10/02)—Dalam rangka memantapkan dukungan kegiatan Ekspedisi NKRI 2017, Kedeputian bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK menggelar rapat koordinasi terkait masalah bantuan dan kegiatan pada misi Ekspedis NKRI 2017 dengan kalangan swasta. Rakor dibuka oleh Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, dan didampingi oleh Asdep bidang Pengurangan Risiko Bencana Herbin Manihuruk, dan Staf Ahli Bidang Kependudukan Kemenko PMK, Sonny Harry Budiutomo Harmadi.

Oleh humas2 on February 10, 2017

Jakarta (10/02)—Asisten Deputi bidang Konflik Sosial pada Kedeputian Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ponco R. Nugroho, membuka dan memimpin rakornis lanjutan terkait penanganan WNI Eks TimTim di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di ruang rapat lt. 3, kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on February 01, 2017

Jakarta (01/02)— Salah satu masalah tersisa sejak jajak pendapat tahun 1999 adalah komitmen Pemerintah Indonesia terhadap WNI eks Timor Timur yang tinggal di luar wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu komitmen yang diperlukan oleh para WNI itu dari Pemerintah Indonesia  adalah pemberian kompensasi berdasarkan asas kepatutan dan keadilan untuk menunjang masa depan mereka.

Oleh humas2 on January 31, 2017

Jakarta (31/01)—Deputi Bidang Kerawanan Sosial Dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, hari ini memimpin Rapat Koordinasi Dukungan Program/Kegiatan Ekspedisi NKRI Tahun 2017. Rapat ini berlangsung di lt. 7 kantor Kemenko PMK.

Oleh humas2 on January 30, 2017

Jakarta (30/01)--- Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Masmun Yan Mangesa, siang ini memimpin rapat koordinasi terkait program pengurangan risiko bencana di ruang rapat Lt. 3 Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas2 on January 23, 2017

Jakarta (23/01)--- Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, memimpin Rapat Koordinasi berkenaan dengan instruksi Presiden Republik Indonesia untuk memberikan bantuan beras kepada Pemerintah Sri Lanka, di Ruang Rapat Lt.3, Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas2 on January 20, 2017

Jakarta (20/1) - Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, Kamis (19/01) memimpin rapat koordinasi perkembangan penangganan penanganan Hunian Sementara (Huntara) dan Relokasi Mandiri pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Hadir dalam rakor antara lain Staf Ahli Bidang Kependudukan, Sonny Harry Budiutomo; dan perwakilan dari: Kantor Staf Presiden, BNPB, Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kementerian ATR/BPN. 

Oleh humas2 on January 20, 2017

Jakarta (20/01) Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa menerima audiensi dari Kabupaten Kepualauan Mentawai. Hadir Bupati dari Kepualaun Mentawai, Yudas Sabaggalet beserta rombongan untuk mempresentasikan pengembangan Pulau Mentawai. Audiensi berlangsung di Ruang Rapat Menko lt.dasar Kemenko PMK.

Oleh humas2 on January 19, 2017

Jakarta (19/01)--- Sehubungan dengan terjadinya banjir di Kab Garut, Kab Bima, dan bencana gempa bumi di Kab Pidie, Pidie Jaya dan Bireun, Prov Aceh Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui Kedeputian bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana hari ini mengadakan rapat koordinasi terkait dengan penanganan pemberdayaan masyarakat di daerah pascabencana. Asisten Deputi Penanganan Pasca Bencana, Detty Rosita, yang memimpin rapat hari ini membicarakan tentang perlunya pemberdayaan  masyarakat terdampak bencana.

Oleh humas2 on January 12, 2017

Jakarta (12/1) – Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Masmun Yan Mangesa, hari ini  memimpin rapat koordinasi terkait penanganan pascabencana gempa bumi di Kab. Pidie, Pidie Jaya, dan Bireun, Prov. Aceh. Hadir dalam rapat perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Sosial, Kementerian Agama, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Kantor Staf Presiden.

Oleh humas2 on January 11, 2017

Jakarta (11/1) - Pemerintah terus berkomitmen dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta restorasi gambut yang ada di Indonesia, terutama pada tujuh provinsi yang telah ditetapkan sebagai kawasan budi daya. Bahkan Presiden Joko Widodo secara langsung menegaskan kepada jajarannya saat memimpin rapat terbatas pada Rabu, 11 Januari 2017 di Kantor Presiden Jakarta.

Oleh humas2 on January 10, 2017

Jakarta (10/01)--- Kedeputian bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penanganan Banjir Bandang yang terjadi di Kab dan Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rakor dilaksanakan di kantor Kemenko PMK pada tanggal 9 Januari 2017 dan dipimpin oleh Deputi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana  Masmun Yan Mangesa serta dihadiri oleh Deputi Penanganan Darurat BNPB, Staf Ahli bidang Kependudukan Kemenko PMK, dan para pejabat yang mewakili Kemendagri, Kemensos, Kemendikbud, Kemen.

Oleh humas2 on December 30, 2016

Aceh (30/12) - Sebagai rasa simpati atas musibah yang dialami korban gempa yang melanda Kab Pidie Jaya dan sekitarnya awal Desember lalu, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyalurkan bantuan uang tunai senilai Rp 60.960.000 yang terkumpul dari sumbangan seluruh unit kerja. Bantuan itu diserahkan oleh Asisten Deputi Urusan Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama, dan Keagamaan, Sahlan, yang didampingi oleh Kasubbid Pendidikan Agama Kemenko PMK, Azis Syafiiuddin, melalui Posko Kemenag Aceh.

Oleh humas2 on December 16, 2016

Jakarta (16/12) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, pagi ini memimpin rapat terbatas tingkat menteri tentang Penanggulangan Bencana Gempa Bumi di Aceh. Rakor yang dilangsungkan di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK ini dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet kerja di antaranya Menteri kesehatan, Nila F.

Oleh humas2 on December 15, 2016

Aceh (15/12)--Setelah melakukan peninjauan rumah warga yang rusak di Gampong Kuta Pangwa , Menko PMK bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju SDN Peulandok Tunong, Gampong Peulandok Tunong, Kec Trienggadeng. Setibanya di sana, Menko PMK bersama rombongan mendatangi tenda pengungsian dan menyapa para pengungsi. Bahkan, Menko PMK turut bernyanyi bersama anak anak korban bencana.

Pages

Subscribe to RSS - Bencana dan Kerawanan Sosial