Bencana dan Kerawanan Sosial

Oleh humas on April 16, 2018

Jakarta (16/04)— Dalam undang-undang bencana, konflik sosial dan terorisme adalah salah satu bencana yang disebabkan oleh manusia. Terkait dengan bencana ini, pemerintah berharap stakeholder terkait lebih sigap dan cepat dalam penanganannya.

Demikian yang terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) terkait penanganan pemenuhan kebutuhan dasar dan pendataan korban konflik di Hotel Millenium, Jakarta yang dipimpin oleh Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Masmun Yan Manggesa.

Oleh humas on April 11, 2018

Palembang (11/04) – Menko PMK Puan Maharani kerap mengarahkan agar stakeholder terkait baik di pusat maupun daerah mengantisipasi asap akibat kebakaran hutan dan lahan pada saat penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang. Terkait dengan hal tersebut Kemenko PMK hari ini (Rabu) mengumpulkan dinas terkait Se-Sumatera Selatan dalam Rakor Persiapan Antisipasi Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Pada Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Oleh humas on April 05, 2018

Semarang (05/04)--- Hasil pemetaan program dan anggaran menunjukkan, alokasi anggaran K/L untuk upaya penanggulangan bencana ada peningkatan. Namun, peningkatan anggaran ini masih terus diimbangi dengan meningkatnya kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat Indonesia dalam menghadapi bencana. Jika pengetahuan masyarakat tentang bencana sudah meningkat signifikan, seharusnya demikian pula dengan kesadaran sikap (attitude) dan perilaku (practice). 

Oleh humas on March 27, 2018

Mamuju (27/03) – Menko PMK Puan Maharani mengunjungi korban banjir bandang di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat selasa siang ini. Pada kesempatan itu, Menko Puan memberikan berbagai bantuan kepada korban banjir dan akan mengkoordinasikan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait untuk melakukan revitalisasi sungai yang menjadi penyebab banjir bandang tersebut.

Oleh humas on March 22, 2018

Jakarta (21/3) – Pemerintah akan mengedepankan leading sector dalam penanganan konflik sosialserta memberdayakan Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) dalam penyelesaian konflik sosial. Demikian kesimpulan Rakor Penyelamatan dan Perlindungan Korban Dalam Penanganan Konflik Sosial yang diselenggarakan Kedeputian Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK di Jakarta.

Oleh humas on March 19, 2018

Jakarta (19/03) - Guna mengantisipasi dampak bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kedeputian Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK menggelar rakor antisipasi dampak bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Rakor yang berlangsung di ruang rapat lantai 3, Gd. Kemenko PMK, Jakarta ini dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Masmun Yan Mangesa. Hadir dalam rakor tersebut, Kemenko Polhukkam, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perhubungan, BNPB, dan BPKP.

Oleh humas on March 02, 2018

Jakarta (28/02) --- Untuk membekali pegawai bagaimana menghadapi dan menangani bencana, Kemenko PMK hari Jumat lalu menggelar Sosialisasi Penanganan Bencana di Gd Heritage, Kemenko PMK, Jakarta. 

Oleh humas on February 26, 2018

Jakarta (26/02) --- Guna mengantisipasi dampak bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kedeputian Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK menggelar rakor antisipasi dampak bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Oleh humas on February 24, 2018

Jakarta (23/02) – Kemenko PMK terus mengkoordinasikan penanggulangan bencana longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan juga dihimbau untuk mewaspadai bencana ini. 

Oleh humas on February 14, 2018

Jakarta (14/02) – Bencana banjir dan tanah longsor masih mengintai Indonesia pada awal dan akhir tahun ini. Karena itu diperlukan upaya pencegahan dan penanganannya.

Menindaklanjuti arahan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, terkait antisipasi kejadian bencana banjir dan longsor, pemerintah melalui Kedeputian Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Aktivasi Posko Siaga Darurat Banjir dan Tanah Longsor di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on November 29, 2017

Jakarta (29/11) ---Untuk meminimalisir dampak psikologis masyarakat yang terpapar erupsi Gunung Agung, pemerintah akan melaksanakan berbagai program/ kegiatan yang meringankan beban ekonomi dan sosial. K/L harus lebih fokus menggiatkan programnya di Kabupaten/ kota yang ada di Bali.

Oleh humas on November 23, 2017

Jakarta (23/11)- Setiap kementerian dan lembaga harus terus mengikuti perkembangan yang yang terjadi terhadap kondisi para pengungsi korban Kelompok Kekerasan Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Timika Papua. Sehingga setiap program yang dijalankan tetap dapat terpdu dan teritegrasi dengan baik. Setiap K/L dipersilakan memberikan bantuan kepada para korban namun tetap terkoordinasi.

Oleh humas on November 21, 2017

Jakarta(21/11)-- Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergi Pengembangan Desa Tangguh Bencana di Ruang Rapat Lantai.3 Gd. Kemenko PMK. Desa tangguh bencana (Destana) adalah Desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak – dampak bencana yang merugikan.

Oleh humas on November 17, 2017

Jakarta (17/11) - Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Masmun Yan Manggesa, pagi ini memimpin rapat koordinasi (rakor) Teknis siaga darurat banjir dan tanah longsor di ruang Taskin Kemenko PMK, Jakarta. Tujuan dari rakor ini adalah untuk membahas kesiapan dari masing-masing K/L dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor di beberapa daerah di indonesia.

Oleh humas on November 16, 2017

Jakarta (16/11) --- Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Masmun Yan Mangesa, siang ini membuka dan memimpin rapat koordinasi terkait rancangan peraturan Presiden (ranperpres) tentang sistem nasional peringatan dini multi ancaman bencana. Rakor ini bertempat di ruang rapat Lt. 3 Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on November 09, 2017

Bogor (09/11) – Asisten Deputi (Asdep) Bidang Koordinasi Konflik Sosial, Kemenko PMK, Ponco Respati Nugroho, membuka sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan Workshop Perencanaan Program Konflik Sosial Berbasis Data. Workshop dilaksanakan di Hotel Salak Heritage pada tanggal 9-10 Nopember 2017. 

“Tujuan dilaksanakannya workshop ini adalah untuk memahami kebijakan dan perencanaan penanganan konflik sosial, mengindentifikasi kebutuhan data pembangunan keserasian sosial (PKS), dan merumuskan sumber data PKS,” terang Ponco.

Oleh humas on November 02, 2017

Kamis (02/11) – “Terorisme adalah musuh kita bersama," ujar Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK,  Masmun Yan Manggesa. Menindaklanjuti hasil rapat Sinergitas AntarKementerian/Lembaga (K/L) dalam Program Penanggulangan Terorisme, hari ini Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengundang K/L di bawah koordinasi Kemenko PMK untuk Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengedalian (KSP) yang membahas upaya penanggulangan terorisme ini.

Oleh humas2 on September 28, 2017

Jakarta (28/09) - Terhitung mulai 22 September 2017, status aktivitas gunung Agung di Provinsi Bali naik menjadi awas. Karenanya diperlukan kesiapsiagaan segenap pihak untuk antisipasi erupsinya. Sementara, di ujung Sumatera, pemerintah juga harus mempersiapkan relokasi tahap ketiga untuk pengungsi gunung Sinabung.

Kedua hal tersebut menjadi pokok bahasan dalam Rakor Tingkat Menteri (RTM) Dampak Bencana Erupsi Gunung Agung dan Percepatan Penanganan Pengungsi Akibat Gunung Sinabung hari ini (Kamis 28/09) di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK Jakarta.

Oleh humas2 on September 28, 2017

Luwuk, Sulteng (27/09)-- Melemahnya wawasan kebangsaan dan karakter bangsa menjadi faktor utama munculnya berbagai masalah bangsa saat ini. Semakin melemahnya wawasan kebangsaan (Wasbang) dan karakter bangsa (Karbang) yang terjadi disebabkan karena mulai menjauhnya masyarakat dengan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu sangat penting membumikan kembali Wasbang dan Karbang melalui gerakan Revolusi Mental (Revmen).

Oleh humas2 on September 21, 2017

Merauke (19/09)--- Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Manggesa, memberikan acara pembekalan kepada peserta ekspedisi NKRI koridor Papua bagian Selatan dan tokoh pemuda di Kodim 1707/Merauke, Selasa kemarin. Acara dihadiri pula oleh Staf Ahli Menteri Bidang Kependudukan, Sonny Harry Budiutomo Harmadi; Danrem 174/ATW, Brigjen Asep S Gunawan; Dandim 1707/Merauke, Letkol Heri Krisdianto; dan koordinator Ekspedisi NKRI tahun 2017, Kolonel Inf Dwi Anggono. 

Oleh humas2 on September 19, 2017

New York (18/09) – Indonesia menghargai upaya dunia internasional untuk pemulihan kehidupan masyarakat di Kepulauan Karibia dan akan memberikan dukungan yang sesuai untuk meningkatkan kapasitas masyarakat setempat agar dapat melaksanakan proses pemulihan secara cepat dan mandiri.

Oleh humas2 on September 13, 2017

Jakarta (13/09) –  Bertempat di Base Ops Lapangan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani pagi ini mendampingi Presiden Joko Widodo melepas Bantuan Pemerintah Republik Indonesia untuk pengungsi Rohingya. Bantuan tahap pertama yang diangkut 4 Hercules TNI AU ini jumlahnya mencapai 34 ton. Bantuan tersebut merupakan hasil gotong royong dari Kementerian Kesehatan yang menyumbang obat-obatan 1 ton, makanan pendamping ASI 4 Ton dan makanan tambahan ibu hamil 4 ton.

Oleh humas2 on August 11, 2017

Jakarta (11/08) – Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosialdan Dampak Bencana Masmun Yan Manggesa, hari inimenerima audiensi Bupati Kab Banggai, Herwin Yatim, terkait dengan rencana persiapan sinergi pembangunanperdamaian integratif di Kab Banggai.

Di awal, Herwin Yatim memaparkan tentang karakteristikbudaya dan etnik, potensi pertanian, perkebunan, sertapariwisata di Kab Banggai. Kabupaten yang dijulukilumbung beras ini juga kaya akan hasil laut. Pada bulan Maret2017, tercatat Kab Banggai untuk pertamakalinyamengekspor hasil lautnya ke Los Angeles via PelabuhanTangkiang.

Oleh humas2 on August 04, 2017

Jakarta (03/08)-- Pemerintah sangat  serius melakukan langkah-langkah penanganan agar bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sehingga bisa ditekan. Penyebab utama terjadinya kebakaran hutan  dan lahan mayoritas karena memang sengaja dibakar. Kondisi ini dipengaruhi oleh tradisi masyarakat pinggir hutan yang sejak dulu turun temurun membakar hutan saat membuka lahan untuk bertani. 

Pages

Subscribe to RSS - Bencana dan Kerawanan Sosial