Bencana dan Kerawanan Sosial

Oleh humas on October 11, 2019

Lombok Barat (10/10) -- Pasca kejadian gempa bumi yang melanda sebagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), beberapa waktu lalu, menyisakan puing-puing bangunan rumah yang telah rata oleh tanah. Ratusan warga terpaksa mengungsi akibat tempat tinggal yang sudah tidak lagi layak huni.

Sebagai bentuk negara hadir dalam membantu masyarakat korban gempa di NTB, pemerintah baik pusat maupun daerah melakukan koordinasi dan kerja sama lintas sektoral dalam membangun kembali rumah para korban yang jumlahnya mencapai 40 ribu unit di Kabupaten Lombok Barat.

Oleh humas on September 30, 2019

Jakarta (30/9) -- Kemenko PMK, senin siang menerima penghargaan atas perannya dalam program penanggulangan terorisme di wilayah Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur. Penghargaan itu diserahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius kepada Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo Hargo. S.

Oleh humas on September 27, 2019

Yogyakarta (26/9) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengembangan dan Pemberdayaan Ekonomi Daerah Pascabencana di Hotel Innside, Yogyakarta.

Rapat dihadiri oleh Kasubdit Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi BNPB, Sekretaris BPBD Provinsi D.I Yogyakarta, Tim Ahli Pusat Studi Bencana (PSBA) UGM Yogyakarta, dan.Kalak BPBD dari 5 kab./kota Provinsi D.I Yogyakarta.

Oleh humas on September 26, 2019

Surakarta (25/9) -- Deputi Bidang Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo Hargo S membuka acara Rapat Koordinasi Persiapan Ekspedisi Bhakti Pemuda PMK. Rapat dilaksanakan di Surakarta, Prov. Jawa Tengah, Rabu (25/9).

Oleh humas on September 24, 2019

Jakarta (24/9) -- Sebagai bentuk perwujudan komitmen pemerintah dalam upaya melindungi perempuan dan anak, khususnya dalam penanganan konflik sosial, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengeluarkan Peraturan Menko PMK No. 2/2019 tentang Kelompok Lerja Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (Pokja P3AKS).

Oleh humas on September 23, 2019

Bandung (20/9) -- Paska pelatihan pengurangan risiko bencana bagi warga masyarakat dari 9 desa yang tersebar di wilayah kerja Sektor 1 dan 2 DAS Citarum Kabupaten Bandung, pada hari Sabtu dan Minggu (21 - 22 September) Kemenko PMK melalui Asisten Deputi Pengurangan Risiko Bencana, Deputi bidang Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana  melakukan sosialisasi dan aksi nyata bersama-sama kurang lebih 900 orang yang tersebar di 9 desa.

Oleh humas on September 20, 2019

Jakarta (20/9) -- Untuk mempercepat penyediaan hunian yang layak bagi korban gempa dan likuifaksi di Sulteng, perusahaan asal Singapura, Riway International melalui Riway Foundation membantu pembangunan 100 unit hunian tetap (huntap) rumah tumbuh. Chief Operating Officer  PT. Riway Indonesia, Ivy See Chein Ling  menandatangani perjanjian pembangunan huntap dengan Koordinator LSM Sulteng Bergerak Adriansa Manu di Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jum'at,  20 September 2019.

Oleh humas on September 19, 2019

Gorontalo (17/9) - Bertajuk “Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Peningkatan Kapasitas Pemerintah dan Masyarakat dalam Pengurangan Risiko Bencana”, Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Dody Usodo Hargo S membuka sekaligus memberikan arahan. Rakor di laksanakan di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Selasa, (17/9).
  

Oleh humas on September 13, 2019

Jakarta (13/9) – Pemerintah telah dan akan melanjutkan langkah-langkah penanganan dampak kerusuhsan sosial yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) Penanganan Pasca Kerusuhan Sosial di Papua dan Papua Barat yang berlangsung Jumat pagi di Kemenko PMK, Jakarta, Menko PMK Puan Maharani mengungkapkan hal tersebut. 

Oleh humas on September 12, 2019

Jakarta (11/09) – Pascakerusuhan sosial yang terjadi di Kab Manokwari dan Jayapura hingga Kota Sorong, Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Kemenko PMK, Dody Usodo HGS menggelar rapat guna membahas penanganan kerusuhan Papua dan Papua Barat. Hal-hal yang dibahas antara lain rencana penanganan kerusuhan dan masyarakat yang terdampak bencana.  Dody mengumpulkan sejumlah kementerian serta lembaga terkait untuk meminta masukan terhadap hal tersebut. Hasil dari rakor ini akan dibawa pada rakor tingkat menteri pada hari Jumat yang akan diadakan di Kantor Kemenko PMK.

Oleh humas on August 20, 2019

Jakarta,(19/08) —  Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Kemenko PMK, Dody Usodo HGS, memimpin rakor Tingkat Eselon I tentang Percepatan Penanganan Pasca Bencana Gempa di NTB yang berlangsung di raung rapat lantai 7 , Jakarta Pusat. 

Oleh humas on August 12, 2019

Jakarta, (12/08) — Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Kemenko PMK, Dody Usodo HGS memimpin rakor Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan tingkat Pusat dan Daerah yang berlangsung di RR lantai 7 , Jakarta Pusat.

Oleh humas on August 09, 2019

Jakarta (6/8) – Sebagai tindaklanjut hasil rapat di Sekretariat Negara tentang surat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terkait Penyampaian Rancangan Undang-Undang Penanggulangan Bencana, Kemenko PMK, Jumat pagi menggelar rapat lanjutan di ruang rapat lantai III Kemenko PMK.

Oleh humas on August 08, 2019

Jakarta (7/8) – Dalam rangka koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian penanganan masyarakat terdampak konflik di Kabupaten Nduga, Papua, maka Kedeputian Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK menggelar rakor lanjutan dengan melibatkan Kementerian /Lembaga terkait dibawah koordinasi Kemenko PMK, maupun Kementerian /Lembaga diluar koordinasi Kemenko PMK tetapi terkait dengan penanganan konflik Nduga, serta Mabes TNI dan Mabes Polri. 

Oleh humas on August 05, 2019

Jakarta (05/08)--- Plt. Asisten Deputi Tanggap Cepat Bencana, Kemenko PMK, Nelwan Harahap membuka Rapat Koordinasi mengenai Penguatan Manajemen Siaga Darurat Bencana di Meulaboh Kab. Aceh Barat pada Kamis (01/08) lalu. Hadir dalam rapat Kepala Pelaksana BPBD Kab. Meulaboh, Mukhtarudin; Kapolres Aceh Barat, Raden Bobby; Kasiter Korem 012/TU, Adhe; serta unsur BPBD, Bappeda,dan dinas-dinas terkait Pemkab Aceh Barat, NAD.

Oleh humas on August 05, 2019

Jakarta  (05/08)--- Kawal penanganan transisi menuju pemulihan pascabencana banjir Konawe Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara, Deputi bidang Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Kemenko PMK,  Dody Usodo HGS melaksanakan rapat evaluasi penanganan transisi menuju pemulihan bencana banjir. Rapat berlangsung di kediaman dinas Bupati, Konawe Utara, pada Jumat (26/7) lalu. Hadir dalam rapat Bupati Konawe Utara, Ruksamin; Wakil Bupati Konawe Utara; Dandim 1417 Kendari; serta unsur dari  BPBD dan seluruh dinas terkait di PemKab Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Oleh humas on August 03, 2019

Pekanbaru (2/8) - Kawal pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Propinsi Riau, Deputi bidang Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo mendampingi Kepala BNPB, Doni Munardo melaksanakan rapat evaluasi penanganan karhutla di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Jum'at (2/8).  

Hadir dalam rapat Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Fuad, Gubernur Riau Syamsuar, Danrem 03/WB, Kepala Pelaksana BPBD Riau, dan unsur dari TNI-Polri yang tergabung di dalam Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Riau. 

Oleh humas on July 30, 2019

Jakarta (30/07)--- “Negara akan terus hadir untuk mengatasi dan membantu masyarakat yang terdampak bencana kekeringan dan Karhutla. Kementerian dan Lembaga Negara di bawah koordinasi Kemenko PMK akan terus bekerja keras menangani bencana kekeringan dan Karhutla ini mulai dari antisipasi sampai nanti rehabilitasi dan rekonstruksinya.

Oleh humas on July 25, 2019

Medan (22/07) — Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo HGS, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Penanganan Akta Perdamaian (Van Dading) dan Penanganan Pasca Bencana Erupsi Gunung Sinabung Tahap III di Provinsi Sumatera Utara pada Senin (22/07). Rakor dilaksanakan di Hotel Prime Plaza, Deli Serdang.

Oleh humas on July 24, 2019

Jakarta (24/07)--- “Mohon Kami dilaporkan dengan data yang valid agar nanti apa yang sudah kita rencanakan dapat fokus dan bantuan yang diberikan juga tepat sasaran.

Oleh humas on July 23, 2019

Lombok (22/7) - Masa transisi darurat menuju pemulihan pasca bencana gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan berakhir pada 25 Agustus mendatang. Pemerintah Pusat dan Daerah dinilai perlu mengambil langkah-langkah kebijakan strategis untuk percepatan pembangunan dan rehabilitasi hunian tetap (huntap).

Oleh humas on July 15, 2019

Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Dody Usogo Hargo menghadiri audiensi Gubernur Sulawesi Tenggara terkait penanganan pasca kerusuhan sosial di Kabupaten Buton, Jumat (12/7).

Audiensi dipimpin oleh Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan dihadiri para pejabat eselon 1 Kementerian Sosial (Kemensos) serta perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan PT Bank Mandiri.

Oleh humas on July 10, 2019

Jakarta (10/07) - Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Dody Husodo mempin Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) terkait Antisipasi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) memasuki musim kemarau. Rapat dilaksanakan di Hotel Ibis Gajahmada, Jakarta Rabu pagi.

Oleh humas on July 10, 2019

Jakarta (10/7) – Bencana banjir yang melanda Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, sejak awal Juni 2019, masih menyisakan permasalahan. Tidak sedikit kerugian yang diakibatkan, mulai dari kerugian sosial, kerugian infrastruktur, maupun kerugian secara ekonomi.

Oleh humas on July 09, 2019

Jakarta (9/7) -- Pencegahan radikalisme yang mengarah kepada kekerasan dan terorisme perlu dilakukan segera mungkin. Pasalnya radikalisme tengah berkembang di masyarakat. Demikian diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK Doddy Usodo.

Pages

Subscribe to RSS - Bencana dan Kerawanan Sosial