Oleh humas on April 03, 2018

Yogyakarta (3/4) - Jelang Pelaksanaan Asian Games 2018, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memberikan motivasi kepada para atlet Panjat Tebing, Rugby, dan BMX di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Selasa (3/4). Menko PMK mengajak para atlet untuk terus meningkatkan prestasi. 

"Insya Allah bisa membawa medali emas untuk Indonesia. Kita itu harus memiliki keyakinan bahwa dari 45 negara yang akan hadir, Insya Allah paling tidak bisa masuk 10 besar", ujar Menko PMK.

Dalam kesempatan ini, Menko PMK mengajak para atlet untuk menyerukan kata-kata motivasi "Siapa Kita-Indonesia, Asian Games-Menang, Indonesia-Hebat" sebagai pemicu semangat. Karena para atletlah yang dapat menunjukkan bahwa Indonesia mampu dan Indonesia hebat. 

"Kita akan jemput bola, proaktif, kita akan disinergikan bahwa Asian Games ke depan ini bukan hanya harus sukses penyelenggaraan tetapi juga sukses infrastruktur dan sukses prestasi," ujar Menko PMK.

Pemerintah juga berencana akan mengumpulkan para atlet sekitar bulan Mei mendatang untuk menyamakan visi dan misi. Kegiatan yang rencana dilakukan di Batujajar ini diselenggarakan tanpa mengganggu jadwal latihan para atlet. 

"Kita akan melakukan pemberian semangat karakter bangsa bahwa mereka harus bounding menjadi satu, menjadi satu Indonesia. Nantinya di Asian Games sudah tidak ada lagi, siapa saya, siapa kita, atau siapa aku, tetapi yang ada itu Indonesia," tambah Menko PMK.

Menko PMK mengajak para atlet menyadari bahwa atlet tidak lagi mewakili dari mana dia berasal, cabang olahraga mana yang dipertandingkan, namun yang dibawa adalah nama Indonesia atau Merah Putih. 

"Itu yang akan kita bangun, semangat karakter bangsa dan nasionalismenya. Kesamaan visi dan misi bahwa Asian Games ini adalah kerja kita semua sebagai bangsa Indonesia," tambah Menko PMK.

Selain menjaga semangat agar bisa berprestasi semaksimal mungkin, kondisi kesehatan para atlet juga harus terus diperhatikan. Dalam kesempatan ini, Menko PMK yang didampingi Wakapolri Komjen Syafruddin selaku Chef de Mission sempat berbincang dengan Ketua Cabang Olahraga Panjat Tebing Faisol Riza; Ketua Cabang Olahraga Rugby Dodik Mukrianto; Ketua Cabang Olahraga BMX Priyo Susanto.