Oleh humasnew on January 30, 2018

Jakarta (11/07) – Dari 37 Desa yang menjadi pilot project, 3 desa diantaranya telah menjadi desa mandiri. Demikian terungkap dalam Rakor dan Sinkronisasi Integrasi Program Pada Desa PMK/ Pilot Tahun 2018 di Kemenko PMK.

Asisten Deputi (Asdep) Pemberdayaan  Kawasan Perdesaan Kemenko PMK, Awal Subandar, yang memimpin jalannya rapat mengatakan, dalam peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 126 Tahun 2017 tentang penetapan desa prioritas sasaran pembangunan desa, pembangunan daerah tertinggal terdapat 37 Desa yang akan menjadi pilot project Kemenko PMK dan 3 Desa telah menjadi desa mandiri diantaranya  Desa Banjaroyo, DIY; Desa Daruba Maluku Utara; Dompyong, Jatim.

Diharapkannhya, agar pelaksanaan masing-masing program K/L pada desa pilot di tahun 2017 dapat segera memberikan progress program-program maupun keberhasilannya. Hal ini untuk dapat di data kembali serta terkait program desa PMK/Pilot  2018 yang notabene masih berkelanjutan dari program di tahun 2017. “Tidak banyak perubahan di tahun 2018 ini, sesuai dengan program padat karya arahan Presiden, pelaksanaan desa PMK/pilot akan dilaksanakan di desa-desa sehingga kedepannya akan diperbaiki dan terintegrasi dengan K/L dibawah koordinasi Kemenko PMK maupun diluar koordinasi Kemenko PMK,” ujarnya.

Sebagai informasi, Desa PMK/ Pilot merupakan program untuk desa percontohan yang berada dibawah koordinasi Kemenko PMK namun pada rakor 18 oktober 2017 disepakati adanya intervensi dari K/L lain (diluar koordinasi Kemenko PMK) di Desa PMK. Rakor kali ini merupakan tindak lanjut dari serangkaian rakor yang telah di lakukan sebelumnya. Program kegiatan pada desa PMK/Pilot meliputi pemberian kebutuhan dasar dan layanan masyarakat seperti PKH, KIP, KIS dan layanan KB, penyediaan pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan, penyediaan sarana prasarana listrik dan komunikasi, penyediaan sarana prasarana pemukiman dan penyediaan sarana prasarana pendukung ekonomi. Hadir dalam rakor ini perwakilan dari Kemendes, kemendikbud, BKKBN, BNPB, Bappenas dan beberapa perwakilan K/L lainnya. RC

Categories: