Oleh humas on October 07, 2019

Foto : 

  • Rieska Cholina

Jakarta (7/10) – Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK Dody Usodo, senin pagi menjadi salah satu narasumber dalam diskusi panel “SBS UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945” di Gedung Panca Gatra, Lemhanas, Jakarta.

Dalam diskusi  dengan topik Implementasi Nilai UUD Negara Republik Indonesia 1945 sebagai konsep dasar dalam pembangunan moral, kesejahteraan yang berkeadilan dan penguatan otonomi daerah tersebut, Deputi Dody  menjelaskan bahwa keberagaman Indonesia disatukan dalam pancasila.  

Sebagai negara yang berpenduduk lebih dari 274 juta jiwa dan memiliki 714 suku, 1.100 bahasa, serta yang tersebar di 17.504 pulau dengan 6 agama yang berbeda, sebutnya, Pancasila telah mengitegrasikan beragam masyarakat menjadi satu bangsa karena indonesia memiliki konsepsi nilai luhur bersama menjadi jati diri bangsa. 

“Saat ini pengaruh global harus dihadapi setiap negara bangsa, termasuk Indonesia. Oleh karenanya jika kita tidak pandai mengantisipasi maka akan berpengaruh terhadap pembangunan moral bangsa kita terutama dalam pergaulan diera milenial yang bisa dimanfaatkan dengan kegiatan yang positif maupun yang negatif,” ujarnya. 

Dody melanjutkan, saat ini Era Distupsi telah menepatkan geo politik Indonesia terbuka dan terhubung dengan dunia secara cepat dalam segala bidang baik itu budaya, sosial,  ekonomi dan politik. Untuk itu bangsa tidak boleh abai dalam membangun ketahanan nasional  dalam menghadapi gerak dinamis gerak geo politik tersebut.  Pemerintah memiliki agenda strategis nasional yakni memperkuat rasa cinta tanah air, bangsa dan negara; membangun cara pikir, cara kerja, cara hidup berkemajuan dalam membangun Indonesia berlandaskan pancasila; dan membangu SDM Indonesia agar memiliki kemampuan daya saing. Selain itu Dody menekankan bahwa kesadaran bela negara harus dibangun atas dasar cinta tanah air, karena mencintai Indonesia tidak akan membiarkan terjadinya disintegrasi bangsa. 

Hadir dalam diskusi panel ini Siti Zuhro peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI; Oktorialdi Staf Ahli Menteri Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Kementerian PPN/Bappenas, Perwakilan DPRD, Bupati serta beberapa Kepala Daerah di Indonesia.

Kategori: 

Reporter: 

  • Rieska Cholina

Editor: 

  • Ponco Suharyanto