Oleh humas on July 27, 2018

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Gati Wibaningsih menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam industri. Hal ini disampaikan dalam Forum Tematis Bakohumas Kemenperin di Kementerian Perindustrian, Kamis, 26 Juli 2018. Tema yang diangkat dalam diskusi ini memang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi pada industri, khususnya peluang dan tantangan industri makanan dan minuman di era industri 4.0 

“Ada 10 inisiatif nasional untuk mendukung dalam inisiatif “Making Indonesia 4.0,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Gati Wibaningsih mengawali penjelasan tentang pentingnya industri 4.0.

Antara lain perbaikan alur aliran barang dan material, desain ulang zona industry, mengakomodasi standar-standar keberlanjutan, memberdayakan UMKM, membangun infrastruktur digital nasional, menarik minat investasi asing, peningkatan kualitas SDM, pembangunan ekosistem inovasi, insentif untuk investasi teknologi, dan harmonisasi aturan dan kebijakan. 

Acara yang dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Rosarita Niken Widiastuti ini juga membahas tentang harapan akan dukungan semua pihak untuk mendorong perekonomian Indonesia melalui implementasi teknologi.

Tercatat ada lima sektor unggulan yang menjadi fokus utama industry 4.0, antara lain industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, dan elektronik. Industri 4.0 sendiri ditopang oleh lima teknologi diantaranya internet dan perangkatnya, human-machine interface, teknologi robotik dan sensor, artificial intelligence, dan teknologi 3D printing. 

Saat ini, Kemenperin telah menginisiasi kerja sama dengan sejumlah market place diantaranya shopee, belanja.comblibli.com, tokopedia, serta bukalapak. 

Selain diskusi, Kemenperin juga memfasilitasi peserta forum tematik Bakohumas untuk melihat dari dekat, implementasi industri 4.0 khususnya di industri makanan dan minuman, PT Mayora yang berlokasi di Jatake, Tangerang. Peserta diberikan kesempatan untuk melihat proses produksi makanan (aneka biskuit) serta melihat langsung bagaimana teknologi membuat proses produksi lebih mudah dan cepat. 

Categories: