Gerakan Desa

Oleh humas on January 17, 2018

Jakarta (17/01) --- Menko PMK, Puan Maharani, siang ini pimpin Rapat Tingkat Menteri (RTM) terkait persiapan pelaksanaan program padat karya tunai  di Desa  (PKTD) / Cash For Work di Ruang Rapat Menko Lt.1, Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on January 17, 2018

Jakarta (17/1) - Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Kawasan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan , I Nyoman Shuida, pagi ini membuka rapat koordinasi pengembangan kawasan dataran tinggi gayo di ruang rapat lantai 7 Kemenko PMK, Jakarta. Tujuan dari rapat ini adalah pengembangan kawasan dataran tinggi gayo  menuju pembangunan yang berkelanjutan dan mewujudkan faktor pengungkit ekonomi kawasan. 

 

Oleh humas on January 09, 2018

Jakarta (09/01) – Demi mengurangi kemiskinan, menurunkan angkan stunting, sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat desa, pemerintah meluncurkan program padat karya tunai. Program ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyakat desa khususnya bagi desa yang miskin dan margina yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga, dan teknologi lokal dengan tujuan dapat memberikan tambahan upah/pendapatan bagi masyarakat desa.

Oleh humas on January 05, 2018

Jakarta (05/01) --- Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, siang ini membuka dan memimpin rapat koordinasi teknis pembahasan dan penetapan pedoman umum pelaksanaan program padat karya tunai di desa 2018. Rakornis ini bertempat di ruang rapat lt.6, Kemenko PMK, Jakarta. Hadir dalam rakornis ini beberapa perwakilan K/L di antaranya Kemenkes, Kemendes, Kemenpupera, Kementan, BKKBN serta beberapa perwakilan lainnya.

Oleh humas on December 18, 2017

Jakarta (18/12) – Bertempat di Kantor Kemenko PMK, Menko PMK Puan Maharani menyaksikan penandatangan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait dengan  SKB Penyelarasan dan Penguatan Kebijakan UU Desa. Penandatanganan SKB dilakukan oleh Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo,  Menteri Keuangan Sri Mulyani,  Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro,  dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Oleh humas on December 18, 2017

Jakarta (18/12) --- Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Kawasan Perdesaan, Awal Subandar,  ini membuka dan memimpin Rakornis tentang penyediaan sarana dan prasarana pemukiman perdesaan.  Rapat ini bertempat di Lt. 6, Kantor Kemenko PMK, Jakarta dan dihadiri oleh perwakilan dari Kemendesa PDTT, Kemendagri,Kemenpupera, Bappenas dan beberapa perwakilan (K/L) lainnya.

Oleh humas on December 15, 2017

Jakarta (15/12) ---  Deputi Bidang Koordinasi  Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Kemenko PMK, Nyoman Shuida memimpin Rapat pelaksanaan program padat karya desa  dan kampanye penurunan stunting,  siang ini di Ruang Rapat Menko Lt.1, Gd. Kemenko PMK, Jakarta.  Rapat  ini merupakan Rapat lanjutan yang sebelumnya telah dilaksanakan minggu lalu oleh Menko PMK.

Oleh humas on December 14, 2017

Jakarta (14/12)--- Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, siang tadi membuka dan memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Eselon I untuk menindaklanjuti hasil Rapat Tingkat Menteri pada 8 Desember 2017 lalu tentang Program Padat Karya dan Rakor Eselon I tentang penyiapan regulasi Program Padat Karya pada 12 Desember 2017. “Rakor hari ini kami buat untuk memastikan Surat Keputusan Bersama empat menteri (SKB 4 Menteri) tentang Program Padat Karya atau Cash for Work itu sudah final.

Oleh humas on December 14, 2017

Jakarta(14/12)— Asisten Deputi  Pemberdayaan  Kawasan Perdesaan, Awal Subandar, hari ini memimpin rapat koordinasi teknis (rakornis) sebagai tindak lanjut rencana percepatan pembangunan Kab Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, di ruang rapat lt. 6 gedung Kemenko PMK, Jakarta. 

Oleh humas on December 12, 2017

Jakarta (12/12)-Pelaksanaan Program Padat Karya Tunai (PPKT) untuk 100 Desa di 10 kabupaten diprioritaskan bagi daerah yang belum atau tidak melaksanakan Pilkada serentak tahun 2018. Jadwal persiapan pelaksanaan padat karya tunai mulai dari penyusunan pedoman, sosialisasi, pelaksanaan dan monev  akan ditetapkan oleh Kemenko PMK. Penyusunan pedoman pelaksanaan padat karya tunai yang dikoordinasikan oleh Kemenko PMK akan diselesaikan paling lambat akhir Desember 2017.

Oleh humas on December 08, 2017

Jakarta (08/12) – Usai memimpin Rakor Tingkat Menteri (RTM) tentang persiapan pelaksanaan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) dan Bansos Beras Sejahtera (Rastra) Tahun 2018, sore ini, Menko PMK, Puan Maharani langsung menggelar RTM membahas pembangunan desa melalui program padat karya dana desa dan program kementerian. RTM ini bertempat diruang rapat Lt. 1, Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on December 04, 2017

Jakarta (04/12) --- Menindaklanjuti rakor-rakor sebelumnya yang terkait pelaksanaan program padat karya, Kemenko PMK hari ini menggelar Rakor pengumpulan data lokus desa padat karya tunai di Ruang Rapat Lt 6 Kemenko PMK Jakarta.

Oleh humas on November 23, 2017

Denpasar (23/11) – Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan yang diwakili oleh Asisten Deputi (Asdep) Bidang Pemberdayaan Kawasan Perdesana, Kemenko PMK, Awal Subandar menyampaikan pidato sambutan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Sarasehan Nasional Pengembangan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) yang diselenggarakan di Denpasar, Bali, Kamis malam (23/11).  Kegiatan sarasehan merupakan kerjasama antara Kemenko PMK, KPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Desa PDTT, dan Kementerian ATR.

Oleh humas on November 17, 2017

Jakarta (17/11) – Setelah minggu lalu Rakor Teknis Pelaksanaan Padat Karya Desa yang membahas persiapan regulasi pelaksanaan padat karya di desa, hari ini (Jumat), Kemenko PMK membahas penetapan lokasi desa dalam Rakor Penetapan Lokasi Desa Pelaksanaan Padat Karya Tunai di ruang rapat lantai 7 Kemenko PMK Jakarta. 

Oleh humas on November 10, 2017

Jakarta (10/11) – Dalam rangka mempersiapkan regulasi pelaksanaan padat karya di desa, Kemenko PMK hari ini (Jumat 10/11) menggelar rakor Teknis Pelaksanaan Padat Karya Desa di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK. 

Oleh humas on November 02, 2017

Jakarta (2/11) – Presiden Joko Widodo meminta ada alokasi 20 persen dari total dana desa yang wajib digunakan untuk program padat karya mulai 2018. Pemerintah melalui Kemenko PMK pun menajamkan rencana tersebut melalui RTM Optimalisasi Anggaran Pembangunan Desa untuk Padat Karya di Ruang Rapat lantai 1 Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on November 01, 2017

Jakarta: (01/11)--- Menko PMK, Puan Maharani, siang ini melanjutkan agenda kerjanya dengan menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) tentang Percepatan Prevalensi Stunting sebagai tindak lanjut dari rapat serupa di Kantor Wakil Presiden pada Agustus 2017 lalu. Menko PMK dalam RTM ini berkesempatan mengikuti paparan perkembangan terkini Program penanganan stunting dari Kementerian/Lembaga yang hadir, mulai dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Desa dan PDT, Kementerian Pertanian, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam N

Oleh humas on October 30, 2017

Jakarta (30/10) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), bekerjasama dengan Friedrich Ebert Stiftung (FES) dan Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, hari ini mengadakan Seminar Nasional Mewujudkan Desa Unggul dan Berkelanjutan bertempat di Hotel Harris Vertu Jakarta. Seminar ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan Kemenko PMK sejak tahun 2016 bersama FES dan Universitas Katolik Parahyangan terkait penajaman format pembangunan yang berbasis pada keunggulan dan potensi lokal, inovasi dan keberlanjutannya.

Oleh humas on October 28, 2017

Bahwa sudah bukan waktunya lagi pemuda bicara atas nama dirinya sendiri atau dari daerah mana. Pemuda Indonesia itu satu, maka tujuannya juga harus satu. Kita memang tidak sama tapi kita semua pasti bisa bekerja sama dan kerja bersama. Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Oleh humas on October 25, 2017

Merauke ( 25/10)-- Kegiatan Bhakti PMK 2017, sebagai wujud ingin menghadirkan negara untuk lebih mensejahterakan masyarakat terutama di kawasan terpencil dan terdepan.  Ekspedisi Bhakti PMK merupakan bagian dari Ekspedisi Bhakti NKRI Koridor Papua Selatan. Berbagain bantuan sosial akan dilaksanakan bagi masyarakat Merauke, Papua.

Oleh humas on October 21, 2017

Dobo (20/10)- Tim Ekspedisi Bhakti PMK melaksanakan beragam penyuluhan dan pelatihan pada masyarakat Dobo di hari kedua berlabuh di kabupaten Kepulauan Aru. Beragam pengetahuan disampaikan pada kegiatan ini. Seperti, penyuluhan pertanian dan pengenalan teknologi kompor biomassa. 

Penyuluhan pertanian disampaikan perwakilan tim Bhakti PMK, utusan PT Suakabumi,  M David Nur Awaludin Jamil. Pelaksanaan penyuluhan pertanian kepada para petani di Dobo bekerja sama dengan dinas pertanian setempat. Kegiatan penyuluhan pertanian dilaksanakan di kantor dinas pertanian Kab. Kepulauan Aru.

Oleh humas on October 20, 2017

Jakarta (20/10) – Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, memimpin rapat koordinasi (Rakor) terkait dengan Tindaklanjut Rapat Terbatas (Ratas) tanggal 18 Oktober 2017 tentang Optimalisasi Dana Desa. Rakor dilaksanakan di ruang rapat utama Kemenko PMK, Jakarta. Hadir dalam rakor para pejabat esolon I dan II Kementerian/Lembaga terkait.

Oleh humas2 on October 16, 2017

Tual (16/10)--Tim Ekspedisi Bhakti PMK bersama KRI Banjarmasin 592 menyandar di dermaga Tual. Kedatangan Tim ekspedisi ini disambut jajaran pemerintah Kota Tual, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan masyarakat. Tarian daerah menyambut seluruh peserta saat turun dari KRI Banjarmasin.

Oleh humas on October 06, 2017

Jakarta (06/10)---Ekspedisi Bhakti PMK merupakan perwujudan praktik gotong royong, sinergi dari kementerian dan lembaga terkait,TNI, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, dan mahasiswa serta komunitas masyarakat di setiap wilayah yang dikunjungi. Wujud tersebut berupa dukungan kegiatan dan bantuan kepada masyarakat. Bhakti PMK 2017 merupakan salah satu bagian kegiatan Ekspedisi NKRI 2017. Melalui Ekspedisi ini, diharapkan dapat muncul berbagai program/kegiatan lanjutan untuk membangun pulau-pulau tertinggal, terpencil dan wilayah perbatasan.

Oleh humas2 on October 04, 2017

Pembangunan di Wilayah Pesisir Barat Sesuai NawacitaJakarta (04/10) Asisten Deputi (Asdep) Urusan Pemberdayaan Kawasan Perdesaan Awal Subandar menerima audiensi Bupati Pesisir Barat, Propinsi Lampung, H. Agus Istiqlal di ruang rapat Lt.6 Kemenko PMK, Jakarta, Rabu siang (04/010). Audiesi Bupati Pesisir Barat terkait dengan kelanjutan pembangunan Bandar Udara Taufiq Kiemas serta program-program pemberdayaan masyarakat di Kab. Pesisir Barat.

Pages

Subscribe to RSS - Gerakan Desa