Gerakan Desa

Oleh humas on November 08, 2019

Malang (8/11) -- Kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ke Malang, Jawa Timur, diikuti oleh lebih dari 30 jurnalis media cetak dan elektronik, lokal hingga nasional. Seluruh pejabat eselon 1, mulai Sekretaris Menko PMK (Sesmenko PMK), jajaran para deputi, dan juga staf ahli turut menjamu sekaligus membuka forum dialog bersama para awak media.

Oleh humas on October 31, 2019

Jakarta (31/10)--- Menko PMK, Muhadjir Effendy pada Kamis pagi melakukan konsolidasi terhadap kementerian dan lembaga negara yang berada di bawah koordinasi Kemenko PMK. Konsolidasi yang bertujuan untuk percepatan pencapaian visi dan misi presiden serta target dan sasaran indikator pembangunan manusia dan kebudayaan dalam RPJMN 2020 – 2024 ini berlangsung di Aula Heritage Kemenko PMK, Jakarta dan dihadiri oleh para menteri dan pimpinan dari K/L di bawah koordinasi Kemenko PMK, jajaran sesmen dan sestama, jajaran eselon I, dan para awak media.

Oleh humas on October 29, 2019

Jakarta (29/10)--- Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat, Mustikorini Indrijatiningrum memimpin dan mengarahkan Rapat Koordinasi pada Selasa pagi untuk membahas mengenai penguatan usaha ekonomi masyarakat melalui BUM Desa di ruang rapat lt.13 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Rakor turut dihadiri oleh Para Perwakilan dari K/L terkait seperti Kemendes PDTT, Kemedagri, Kemenkeu, dan jajaran pejabat di lingkungan Kemenko PMK.
 

Oleh humas on October 25, 2019

Jakarta (25/10)--- Perlunya pemihakan dari sisi skema pembiayaan; skema investasi dan bisnis; skema insentif dan afirmasi; skema kemitraan dan kolaborasi; dan skema regulasi dan skema lokus pengembangan kawasan untuk mendukung Daerah Tertinggal Entas (DTE) dengan catatan tidak memunculkan nomenklatur/ skema pendanaan baru. Selain itu, disepakati pula bahwa perlu adanya pemihakan dan insentif pendanaan bagi DTE selama tiga tahun melalui optimalisasi skema pendanaan yang ada, antara lain DAK Afirmasi, dan Dana Insentif Daerah.

Oleh humas on October 24, 2019

Jakarta (24/10) – Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Kawasan Pedesaan Kemenko PMK, Awal Subandar, pagi ini membuka rapat koordinasi harmonisasi RPKP 2020-2024 dan optimalisasi intervensi program kegiatan kementerian/lembaga, di Jakarta. Dalam rapat ini dibahas tentang harmonisasi dan pedoman penyusunan dokumen masterplan RPKP 2020-2024, usulan lokus KPPN 2020-2024 dan strategi optimalisasi program intervensi .

Oleh humas on October 23, 2019

Bogor (23/10) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) berkolaborasi dengan Friedrich Ebert Stiftung (FES), Universitas Parahyangan Bandung, dan Seknas Fitra menyelenggarakan Seminar Nasional Evaluasi dan Refleksi 5 Tahun Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa di Hotel 101, Bogor, Jawa Barat, tanggal 23-24 Oktober 2019.

Oleh humas on October 15, 2019

Jakarta (15/10)--- Setelah resmi dibuka di di Amphiteatre Katara, Doha, Qatar pada 12 Oktober 2019 lalu, di ajang ANOC World Beach Games (AWBG), secara tidak terduga atlet Karate putra pada nomor Kata dapat menembus babak empat besar dunia. Sedangkan untuk cabang basket putri, tim muda yang dikirimkan sudah mampu bersaing dengan tim basket yang meskipun telah mengalami kekalahan atas Uganda tetapi berhasil dengan hasil seri 3 – 3 atas Togo.

Oleh humas on October 10, 2019

Badung (9/10) -- Dalam rangkaian kunjungan kerja di Badung, Bali, Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK Sonny Harry B Harmadi memberikan pembekalan tentang Peran Pekerja Sosial dan Tenaga Kesejahteraan Sosial dalam Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Indonesia.

Pembekalan diberikan dalam Rapat Koordinasi Sertifikasi dengan Universitas Jurusan Kesejahteraan Sosial se-Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Sosial.

Oleh humas on October 09, 2019

Nusa Penida, Bali (9/10) – Sonny Harry B Harmadi, Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK bersama dengan Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan Perdesaan melakukan kunjungan kerja ke Nusa Penida dan disambut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta jajarannya pada 8 Oktober 2019.

Oleh humas on October 08, 2019

Jakarta (8/10) -- Indonesia memiliki peluang untuk mendapatkan bonus demografi yang dalam jangka menengah dan panjang akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan menghantarkan Indonesia menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas.

Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Mustikorini Indrijatiningrum mengatakan bahwa bonus demografi itu akan diperoleh dengan prasyarat utama tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Oleh humas on October 07, 2019

Jakarta (7/9) – Rencana pemekaran di Mentawai serta intervensi pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai Sebagai Daerah 3T semakin difokuskan. Menindaklanjuti rapat Percepatan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai di Kantor Gubernur Sumatera Barat pada 8 Juli lalu, Kemenko PMK, senin pagi menggelar rakor tingkat eselon I Percepatan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Oleh humas on October 05, 2019

Jakarta (4/10) -- Mencermati lambatnya penyaluran Dana Desa, khususnya Tahap IIII, Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Sonny Harry B. Harmadi memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Eselon I membahas Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahap III Tahun 2019 di Ruang Rapat Utama Lantai 14 Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (4/10).

"Kita harus percepat penyaluran Dana Desa, tapi dengan syarat, mereka (pemerintah desa) harus melaksanakan mekanisme penyerahan pelaporan. K/L agar turun mengasistensi daerah untuk mendorong desa memenuhi kewajibannya," ujar Sonny.

Oleh humas on September 27, 2019

Jakarta (27/09) -- Pariwisata bisa menggerakkan ekonomi rakyat melalui pengembangan pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism) salah satunya dengan pengembangan desa wisata. Kemenko PMK melalui Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Sonny Harry B. Harmadi memimpin breakfast meeting terkait strategi pengembangan desa wisata.

Oleh humas on September 21, 2019

Bandung (20/9) -- Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla berkomitmen untuk membangun Indonesia dari pinggiran, termasuk dari desa. Tentu dibutuhkan kerjasama dan sinergi lintas sektoral meliputi kementerian, lembaga, dan daerah.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), salah satu tugasnya mengoordinasikan kebijakan pembangunan desa, turut melibatkan peran perguruan tinggi, dalam hal ini Institut Teknologi Bandung (ITB). Tujuannya agar lompatan kemajuan desa lebih cepat melalui pemanfaatan teknologi.

Oleh humas on September 16, 2019

Surabaya (16/9)- Dalam rangka mendapatkan solusi konkret pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melaksanakan workshop dengan tema Pemanfaatan Teknologi Berbasis Kearifan Lokal Desa. 

Oleh humas on September 13, 2019

Tangerang Selatan (12/09) – “ Saya mengapresiasi Koalisi Kependudukan Indonesia sebagai lumbung pikir yang secara konsisten terus memperjuangkan pembangunan berwawasan kependudukan di seluruh pelosok negeri. Memastikan bahwa pembangunan didasarkan pada situasi kependudukan yang ada serta menempatkan penduduk sebagai subyek dan obyek pembangunan “. Demikian sambutan Menko PMK saat dibacakan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Agus Sandjojo, saat membuka Musyawarah Nasional IV koalisi Kependudukan Nasional 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Oleh humas on September 10, 2019

Mataram (8/9) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan sebagai penanggungjawab Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) terus mendorong multipihak untuk saling berkolaborasi menciptakan layanan inklusif dan inspiratif.

Tercermin melalui kegiatan yang dilakukan di Pesantren Darul Falah Pagutan, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (8/9). Kemenko PMK bersama Pemerintah Daerah setempat menggandeng masyarakat sipil untuk turut terlibat dalam implementasi GNRM.

Oleh humas on September 04, 2019

Jakarta (04/09)--- Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Kemenko PMK RI, Sonny Harry B. Harmadi memimpin Rapat Koordinasi Pemantauan Pelaksanaan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) di Kabupaten Tabanan, Bali akhir Agustus 2019 lalu. Hadir dalam Rakor tersebut Wakil Bupati Kabupaten Tabanan, Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa PDTT, perwakilan Kementerian PUPR, Kementerian PPN Bappenas, Bappeda Provinsi Bali, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan.

Oleh humas on September 03, 2019

Jakarta (3/9) -- Pemerintah khususnya kementerian/lembaga lingkup Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) masih terus mencari rumusan terbaik dalam kerangka pembangunan daerah tertinggal 2020-2024.

Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK Sonny Harry B Harmadi mengatakan bahwa salah satu fokus di dalam kerangka pembangunan daerah tertinggal adalah menyangkut upaya pembinaan daerah entas.

Oleh humas on September 02, 2019

Jakarta (2/9) – Kemenko PMK, senin siang mengumpulkan Kementerian/ Lembaga (K/L) dan Pemda terkait untuk mengkonfirmasikan capaian pembangunan masing-masing di Ruang Rapat Utama Kantor Kemenko PMK. Termasuk untuk mengkoordinasikan aspek-aspek pembangunan manusia pada tahun 2020-2024.

Oleh humas on August 30, 2019

Jakarta (30/8) – Dalam rangka persiapan rapat koordinasi tingkat eselon I tentang Sinergi Pendamping dan Penyuluh untuk penguatan pemberdayaan masyarakat desa, Kemenko PMK menggelar rapat pendahuluan terkait di ruang rapat utama Kemenko PMK.

Oleh humas on August 29, 2019

Tabanan (28/8) - Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK RI, Dr. Sonny Harry B. Harmadi bersama Asisten Deputi Pembangunan Masyarakat Kemenko PMK Mustikorini Indrijatingrum, Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan Kementerian PUPR dan perwakilan Direktorat PEL, Ditjen PPMD Kemendesa PDTT, melakukan monitoring bersama ke Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. 

Oleh humas on August 19, 2019

Jakarta (19/8) -- Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan  Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sonny Harry B Harmadi, meluncurkan Interkoneksi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) dengan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) serta Sistem Koordinasi Pembangunan Desa (Siskorbangdes) di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (19/8).

Oleh humas on August 16, 2019

Jakarta (16/8) --- Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat, Kemenko PMK, Mustikorini Indrijatiningrum, sore tadi membuka sekaligus memimpin rakor pengembangan program CRS untuk kegiatan produktif, yang bertempat di ruang  rapat lt. 4, gedung Kemenko PMK, Jakarta. Rakor ini bertujuan untuk mendorong pengembangan program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk kegiatan produktif dalam penguatan usaha ekonomi masyarakat.

Oleh humas on August 10, 2019

Tomohon, kota indah nan sejuk,  terletak di kaki Gunung Lokon dan Gunung Mahawe. Bunga menjadi produk utama kota ini, dari krisan kuning dan putih cerah hingga dahlia merah dan ungu, bunga lili wistful. Semua ditanam tidak hanya di petak besar, tetapi juga kebun sepanjang jalan utama. Mekar menghiasi seluruh kota.

Pages

Subscribe to RSS - Gerakan Desa