Oleh humas2 on November 25, 2016

Jakarta (25/11) - Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan bahwa setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN) atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Berbagai kegiatan akan digelar untuk peringatan resmi harinya para pahlawan bangsa pembangun insan cendikia ini, mulai dari upacara bendera, simposium guru, hingga tasyakuran. Adapun pada peringatan tahun 2016 ini, HGN mengangkat thema “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya.”

Lazimnya peringatan HGN, hal yang dibahas adalah seputar profesionalitas tenaga pengajar, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya, serta kualitas pendidikan hingga masalah kesejahteraan mereka. Di sisi lain, melalui penetapan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, maka secara resmi guru dinyatakan sebagai pekerja profesional. Dengan demikian, akan menyusul berikutnya berbagai kebijakan strategis pemerintah untuk meningkatkan potensi hingga derajat kesejahteraan bagi para guru.

Masalah profesionalisme guru sendiri nyatanya menjadi salah satu dari lima agenda utama pembangunan pendidikan nasional. Dengan demikian, penetapan beberapa kebijakan strategis untuk membentuk guru yang profesional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi sedang dan akan terus dilakukan oleh pemerintah di semua tingkatan.

“Di tangan para guru profesional, masa depan dan peradaban bangsa ditentukan.” demikian harapan Menko PMK, Puan Maharani, pada peringatan HGN ini.

Untuk meningkatkan kesejahteraan guru, sejauh ini pemerintah terus menjalankan tekadnya untuk memberikan tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik. Kalau para guru sudah sejahtera, harapannya juga akan dapat memberikan dampak nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru, dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa.

“Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2016 dan sekaligus Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ke-71. Terima kasih atas segala dedikasi dan komitmen untuk memajukan Indonesia, semoga Guru senantiasa menjadi panutan dan pembuka cakrawala kemajuan”, tutup Menko PMK Puan Maharani pada moment peringatan HGN.

 

Categories: