Oleh humasnew on March 01, 2018

Pangkalpinang (01/03)--- “Gunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan digunakan untuk keperluan tidak penting karena nanti  bantuan ini jadi tidak bermanfaat,” pesan Menko PMK, Puan Maharani, Kamis pagi di hari kedua kunjungan kerjanya saat membagikan KIP, PKH, dan PMT Ibu Hamil serta Balita di halaman sekolah SMAN 1 Kota Pangkalpinang, Jl. Usman Ambon, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

“Kenapa PKH diberikan kepada ibu-ibu? Karena kami percaya kaum ibu dapat mengelola bantuan pemerintah dengan baik. Saya pesan kepada ibu-ibu untuk tetap memberikan makanan yang bergizi untuk anak-anak,” kata Menko PMK lagi. Dalam keterangannya, Menko PMK juga menegaskan bahwa untuk Provinsi Bangka Belitung sedang diupayakan percepatan penyaluran Beras untuk Rakyat Sejahtera (Rastra). “Yang penting adalah antara data dengan penerima itu sesuai. Biar semuanya tepat sasaran.”

Kegiatan yang dikemas dengan akrab ini lalu dilanjutkan dengan interaksi Menko PMK dengan para peserta sambil sesekali diselingi kuis berhadiah bagi mereka yang berhasil menjawab pertanyaan Menko PMK. Kuis berhadiah berupa 10 unit rice cooker, 10 unit dispenser, 1 unit laptop, dan 5 unit komputer tablet.

KIP, PKH, dan PKH secara simbolik dibagikan kepada penerima KIP mulai tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan paket sebanyak 250 siswa. Penerima KIP simbolik tingkat SD atas nama Adelia Putri dari SDN 15 Pangkalpinang, Ammanda Larassati dari SMPN 1 Pangkalpinang, Yosephine Kumala dari SMA Santo Yosef, Serly dari SMK, dan Wahyu Candra Saputra dari Paket Kesetaraan. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) diberikan sebanyak 500 kg dan PMT Balita sebanyak 1 ton diberikan secara simbolik kepada Ibu Yana untuk PMT Ibu Hamil, Jihan Okta, balita usia 4 tahun 5 bulan untuk PMT Balita, dan Junaidi, Kepala Sekolah SDN 11 Bakam untuk PMT Anak Sekolah.

Bantuan lain adalah Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan diterima secara simbolik kepada Zulitya dari Kelurahan Taman Bunga; Isnani, Kel Kacang Pedang; Yulita, Kel Kacang Pedang dan Rosmala, Kel Kacang Pedang. 

Pada kesempatan ini, Menko PMK juga secara simbolik memberikan e-KTP kepada siswa sekolah SMA yang pada Pilpres 2019 nanti menjadi pemilih pemula. Kegiatan ini juga bertepatan dengan perekaman data e-KTP serentak secara nasional di seluruh Indonesia. Menko PMK berikan e-KTP secara simbolik kepada atas nama Felicia Penny Septiara, Andrea Nuzulia, dan Muhammad Ridho Agung dari SMAN 1 Pangkalpinang.

Kegiatan Pemberian KIP, PKH dan PMT di SMAN 1 Pangkalpinang ini turut dihadiri oleh Gubernur Kep Bangka Belitung, Erzaldi Rosman; Ketua PKK Kep Babel, Melati Erzaldi Rosman; Ketua DPRD Provinsi Kep Babel, Didit Srigusjaya, pjs. Walikota Pangkalpinang; Kepsek dan dewan guru SMAN 1 Pangkalpinang; dan masyarakat. (*)