Oleh humas2 on November 10, 2016

Jakarta (10/11)—Deputi bidang koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Sigit Priohutomo, siang ini memimpin rapat koordinasi di lt. 3 kantor Kemenko PMK. Hadir dalam rapat ini perwakilan dari Kementerian PANRB, Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam negeri dan Perwakilan dari K/L lainnya guna membahas pengintegrasian Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis (KNPZ) ke Kemenko PMK.

Adapun agenda pada rapat ini adalah untuk mendapat masukan dari K/L mengenai Sidang Kabinet Terbatas tentang Pembubaran/Perampingan Lembaga Non Struktural (LNS) yang pada intinya adalah untuk merampingkan/mengefisienkan anggaran dan kewenangan lembaga serta sembilan LNS yang dibentuk berdasarkan Perpres dibubarkan dan diintegrasikan ke K/L terkait.

Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis (KNPZ) akan diintegrasikan kedalam kementerian yang menangani bidang kesehatan, sedangkan koordinasinya ada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan.

Dalam kesempatan ini perwakilan dari Kementerian PANRB menegaskan bahwa penataan kelembagaan pemerintah ini merupakan salah satu tujuan dari reformasi birokrasi untuk menghasilkan kelembagaan pemerintahan yang tepat ukur, tepat fungsi, dan tepat proses. Untuk keputusan resminya, Kementerian PAN-RB sedang menunggu peraturan presiden (perpres)nya. “exit strategi kalau Komnas Zoonosis dibubarkan, kita harus tetap menjalankan tugas berdasarkan fungsi dan struktur dari kementerian teknis," kata Sigit. (fin)

Categories: