Oleh humasnew on February 05, 2018

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani memastikan kesiapan Wisma Atlet Kemayoran jelang digelarnya Test Event Asian Games 2018, Februari ini. Dengan didampingi oleh Ketua INASGOC Erick Thohir, dan Wakapolri Komjen Syafruddin, Menko PMK meninjau langsung kesiapan Wisma Atlet Kemayoran, khususnya Tower 2, Minggu (4/2). 

"Mulai tanggal 6 Februari, atlet-atlet dari 18 negara akan hadir disini untuk mengikuti test event yang mana ada sembilan cabor (cabang olahraga) yang akan dipertandingkan," terang Menko PMK. 

Dijelaskan Menko PMK, sejauh ini baru ada 8 cabor yang akan dipertandingkan karena cabang sepak bola masih belum memberikan konfirmasi apakah mengikuti atau tidak. 

"Kenapa cuman delapan, karena yang satu bulu tangkis sudah dilakukan di bulan Januari yang lalu", tambah Menko PMK.

Dalam kesempatan ini, Menko PMK juga meninjau kesiapan dari volunteer yang akan membantu atlet 1.200 atlet dari 18 negara. Menko PMK juga meninjau sejumlah fasilitas seperti dapur maupun. ruang makan hingga kamar yang akan digunakan sebagai tempat tinggal atlet. 

"Tadi kita sudah melihat kesiapan dari semua kamar, tadi saya juga sudah lihat di dalamnya bahwa kamar sudah siap. Standarnya itu adalah hotel bintang 3, di mana satu kamar itu akan ditempati oleh tiga atlet," ujar Menko PMK.

Menko PMK menilai kesiapan mulai dari flow makan mulai dari registrasi, cuci tangan, dan sebagainya sudah sesuai. 

"Tapi ini kan baru akan terlihat apakah itu bisa berjalan dengan baik atau tidak, saat mereka datang. Kembali lagi, saya sampaikan bahwa hal yang kemudian menjadi masalah kecil, ataupun hal yang tidak sempurna di lapangan, karena itulah kita lakukan test event", tambah Menko PMK. 

Ditambahkan Menko PMK, pelaksanaan test event harus dilakukan sesuai pelaksanaan Asian Games. Dalam hal ini, test event dilakukan sebagai persiapan untuk mengevaluasi apa-apa saja yang harus disiapkan menjelang pada Asian Games 2018.

"Saya berharap bahwa dalam tes event ini kalau memang kemudian banyak masalah atau kemudian kesiapannya kurang, tes event ini memang dilakukan untuk itu," tambah Menko PMK.

Menko PMK juga mengajak semua pihak mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan test event dari sekarang. Sehingga test event dapat berjalan dengan lancar.

Karena nanti, saat Asian Games akan ada sekitar 15.000 atlet yang akan menempati Wisma Atlet. 

"Kita tentu saja harus bisa memberikan pelayanan sesuai dengan standar internasional," pungkas Menko PMK.

Transportasi atlet dari Wisma Atlet menuju ke venue juga terus disiapkan sesuai dengan batasan waktu maksimal 34 menit. 

"Jadi bagaimana jalurnya, siapa yang mengatur ini sudah sudah akan kita uji coba. Dan nanti tanggal 8 pun, kita akan melakukan rute mana, menggunakan apa, dan itu sebagai salah satu standar dari tes event yang akan kita lakukan," tutup Menko PMK.