Oleh humas on November 28, 2019

Foto : 

  • Deputi 1

Magelang (28/11)--- Rangkaian program Ekspedisi Bakti Pemuda PMK yang diprakarsai oleh Kemenko PMK resmi berakhir pada Selasa lalu (26/11). Acara yang diikuti oleh 2.000 pemuda dari 8 Kab/Kota di Jawa Tengah ini (Kab. Klaten, Kab. Sukoharjo, Kab. Boyolali, Kota Surakarta, Kab. Karanganyar, Kab. Sragen, Kab. Wonogiri, dan Kota Magelang), resmi ditutup oleh Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Dody Usodo Hargo S.

Dalam pidato penutupnya di Lapangan DR. Khoesen Hirohusodo Rindam IV/Diponegoro Magelang, Dody berpesan agar setelah selesai mengikuti pembekalan ini, seluruh peserta yang telah dikukuhkan menjadi kader perubahan diharapkan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari praktik perilaku yang dapat dipercaya, bertanggung jawab, kerja keras, optimis, kerjasama, bersikap toleransi, dan memperkuat ke-bhineka tunggal ika-an Indonesia. “Inilah langkah awal untuk kerja nyata, mandiri dan berkarakter. Karena itu ayo gelorakan semangat bergotong-royong untuk membangun Indonesia sebagai negara yang maju sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dan profesi kita masing-masing di daerah. Kalian harus bangga karena telah ambil bagian dalam kegiatan ini,” lanjut Dody. 

Perlu diketahui, selama mengikuti program Ekspedisi Bakti Pemuda PMK untuk NKRI yang berjalan sejak 16-26 November, peserta telah dilatih dan dibekali materi karakter kebangsaan, materi bidang pembangunan manusia dan kebudayaan serta praktek-praktek kedisplinan dan kepemimpinan diantaranya: Idiologi Pancasila, Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Revolusi Mental, Menangkal radikalisme, menangkal hoax, pemahaman bencana, penguatan peran keluarga, pengenalan dan bahaya narkoba dan lain sebagainya.
Pelatihan ini dilakukan agar para peserta memiliki semangat untuk maju, disiplin, pantang menyerah, berorientasi pada kemajuan dan perubahan dengan dilandasi semangat dan jiwa gotong royong serta bersinergi bersama kader pembangunan lainnya dalam membangun bangsa. Dalam acara penutupan tersebut, diserahkan hadiah lomba positif bermedia sosial kepada peserta yang mempostingkan kegiatan positif di akun media sosial masing-masing melalui Instagram, Facebook dan Youtube dengan menambah #baktipemudapmk (sumber: Kedep I Kemenko PMK)

Reporter: 

  • Deputi 1

Editor: 

  • Siti Badriyah