Oleh humasnew on October 04, 2018

Jakarta (04/18)-- Sekretaris Kemenko PMK, YB Satya Sananugraha, sore ini hadir sebagai keynote speeach mewakili Menko PMK dalam acara Puncak Penghargaan Top CSR (Corporate Social Responsibility) 2018, di Hotel Sultan, Jakarta.

Melalui pidatonya, Seskemenko PMK memberikan apresiasi kepada para peserta CSR seraya mengajak perusahaan-perusahaan, terutama CSR untuk bergotong-royong bersama pemerintah dalam mencapai pembangunan di bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan SGDs untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menuju Indonesia Emas.

"Pencapaian sasaran baik PMK maupun SGDs mensyaratkan adanya kerja sama yang erat dan harmonis antar pemangku kepentingan, perusahaan, dan pemerintah. Untuk pencapaian itu juga terdapat tantangan bagaimana mengkoordinasikan dan mensinergikan segenap sumberdaya yang dimiliki oleh masing-masing pemangku kepentingan termasuk CSR," ujar Seskemenko PMK.

Sasaran pembangunan manusia dan kebudayaan (PMK) antara lain meliputi pembangunan kesehatan dan pendidikan untuk membangun SDM dan bonus demografi yang berkualitas dan berdaya-saing; pembangunan kebudayaan untuk meneguhkan jati diri bangsa dan mendukung pariwisata; riset untuk mendukung industri dan membangun peradaban; pemberdayaan sekitar 78 ribu desa serta daerah tertinggal dan terpencil; menurunkan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat; mitigasi dan tanggap bencana; serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Sasaran SDGs meliputi 17 bidang yang mencakup menghapus kemiskinan; meniadakan kelaparan; membangun masyarakat sehat dan sejahtera; pendidikan yang berkualitas; kesetaraan gender; air bersih dan sanitasi yang baik; energi bersih dan terjangkau; pekerjaan yang bermartabat dan pertumbuhan ekonomi; industri, inovasi dan infrastruktur; mengurangi kesenjangan; membangun masyarakat dan kota yang berkelanjutan; konsumsi dan produksi yang bertanggung-jawab; tindakan nyata terhadap perubahan iklim; kehidupan di bawah air; kehidupan di daratan; kedamaian, keadilan dan lembaga yang kuat; serta kemitraan untuk mencapai sasaran. 

"Akhirnya, saya mengucapkan selamat dan menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada saudara-saudara sekalian yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas tanggung jawab sosial perusahaan di tanah air tercinta," tutup Seskemenko.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua Dewan Juri Top CSR, Achmad Daniri; Ketua Penyelenggara, serta Penasehat Dewan Juri, dan tamu undangan lainnya.

Categories: