Oleh humas on December 22, 2019

Jakarta (18/12) - Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra menyampaikan keynote speech pada Women Take Over: Leading in a Day yang diselenggarakan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) di Hotel The Dharmawangsa pada Rabu malam, 18 Desember.

Ghafur menyambut baik prakarsa IBCWE yang pada Oktober 2019 memberikan kesempatan dan pengalaman kepada para milenial perempuan untuk “Sehari Menjadi Pimpinan Perusahaan”. Hal ini berguna untuk memupuk dan menumbuhkan rasa percaya diri peserta, sehingga dapat menjadi pribadi yang tangguh dan berdaya saing.

Ditekankan Ghafur bahwa “Sudah saatnya kita benar-benar mengisi kehidupan dan esensi perjuangan para Ibu Bangsa dengan pelatihan dan banyak belajar. Dengan adanya akses yang lebih besar pada pendidikan dan kesehatan, maka dapat membangun sumber daya manusia yang unggul”.
Pemerintah terus berkomitmen mendorong pengarusutamaan gender melalui sejumlah kebijakan sebagai upaya mengubah mindset pentingnya kesadaran gender. Ghafur menambahkan bahwa “Diperlukan upaya peningkatan aktivitas dan advokasi perempuan di dunia kerja secara proporsional dan profesional”.

Shinta Kamdani (Presiden IBCWE) menyampaikan lembaganya memiliki komitmen untuk memajukan kesetaraan gender di tempat kerja agar terjadi diversifikasi dan “sentuhan” perempuan dalam pengambilan keputusan.  Sebagai pemimpin, perempuan akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan bisnis dan ekonomi bangsa.  Penganugerahan Economic Dividends for Gender Equality (EDGE) Certificate kepada PT Mitra Adiperkasa, PT Gajah Tunggal dan PT Dan Liris diserahkan Shinta Kamdani (Presiden IBCWE) dan Allaster Cox (Deputy Chief of Mission pada Kedubes Australia untuk Indonesia). Pemerintah Australia membina kemitraan EDGE dengan IBCWE.

Acara diskusi panel menampilkan lima nara sumber yaitu Erik Meijer (CEO Telekomtelstra), Suresh Subramanian (CEO Kantar Indonesia), Aviliani (Pengamat Ekonomi INDEF), Dossy C. Irani (Women Take Over pada PT. Bluebird) dan Meida Kurniawati (Women Take Over pada PT. Pan Brothers). (Sumber: Deputi VI)

Kategori: