Oleh humasnew on December 03, 2018

Bali, 29 November 2018. Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Ghafur Dharmaputra menyampaikan sambutan penutupan pada acara Southeast Asia (SEA) Conference on Regional Coordination and Action to Combat Trafficking and Labour Exploitation in Fisheries (SEA Conference) yang dilaksanakan di Bali, 26-29 November 2018. Konferensi ini merupakan kelanjutan dari Consultative Forum on Regional Cooperation against Human Trafficking, Labour Exploitation and Slavery at SEA yang diadakan pada Maret 2018 di Bali.

Ghafur menyambut baik keberhasilan SEA Conference dalam menyepakati pembentukan badan koordinasi regional untuk melindungi pekerja migran di sektor perikanan serta membahas pendekatan terpadu untuk mengatasi masalah perdagangan manusia dan eksploitasi pekerja migran di sektor perikanan. “Peresmian SEA Forum akan dilakukan pada tahun 2019” ditegaskan Ghafur.

Berbagai permasalahan saat ini terjadi pada pekerja migran di sektor perikanan baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional. Permasalahan mulai dari belum ditetapkannya regulasi, pemahaman regulasi, sampai dengan penerapan regulasi itu sendiri. Penegakan hukum bagi trafficker yang terjadi lintas batas negara dan isu pengawasan di sektor perikanan juga menjadi isu utama yang dibahas dalam konferensi menurut Ghafur.

Para peserta yang hadir dari berbagai Organisasi Internasional, Organisasi Masyarakat Sipil, perwakilan Afrika Selatan dan Amerika Serikat serta tri-partite dari negara-negara Asia Tenggara diajak Ghafur untuk bergotongroyong meningkatkan kebijakan HAM di sektor perikanan di Asia Tenggara. (Sumber: Kedeputian 6).

Categories: