Oleh humasnew on October 12, 2018

Jakarta(11/10)— Kemenko PMK kembali membahas strategi keberadaan organisasi kepemudaan sebagai wadah untuk pengembangan diri para pemuda. Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan, Kemenko PMK, mengadakan rapat Diskusi Kebijakan Pengembangan Organisasi Kepemudaan pada 11 Oktober 2018 di Ruang Rapat lt.3 Besar, gedung Kemenko PMK, Jakarta. Rapat tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kemenpora, Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kemenpora, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora, Direktur Keluarga, perempuan, anak, Pemuda dan Olahraga Bappenas, Direktur Organisasi Kemasyarakatan, Ditjen Polpum, Kemendagri, Sekertaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Sekertaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora dan Organisasi Kepemudaan Nasional. 

Setiap tahunnya, jumlah Pemuda Indonesia itu meningkat rentan usia 16- 30 tahun ini merupakan modal bagi Indonesia. Beberapa kebijakan Kepemudaan pun sudah berjalan. contoh Koordinasi Prog. Strategis Tahun 2018 (Kemenko PMK) tentang kewirausaan Pemuda (Wirausaha Muda ) degan target RPJMN satu juta wirausaha (muda) baru, Sistem Informasi Terintegrasi tentang kewirausahaan, RUU Kewirausahaan dan R-Perpres tentang NSPK Pengembangan Kewirausahaan. Koordinasi dengan Kemenko Ekonomi, Kemenkop UKM (dan Kemenristekdikti, KemendesPDT. Kementerian dll.) dan tentunya Koordinasi dengan Pemuda. Selanjutnya tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (Pemuda Anti Narkoba ) Goal nya adalah Sinergi antara K/L dan Daerah dalam Program Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, Dukungan Berupa Renana Aksi/Strategi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Lintas Stakeholder oleh BNN (Sesuai tusi pada amanat UU tentang BNN). Koordinasi dengan BNN, Kemendikbud, Kemensos, BKKBN. Kemendagri, dan lain-lain, semua ini dilakukan untuk meningkatkan koordinasi kebijakan pembangunan bidang Kepemudaan, Khususnya dalam Pengebangan Organisai Kepemudaan. 

Organisasi Pemuda memerlukan latihan dasar kepemimpinan untuk membangun revolusi mental. Dan membuat Roadmappembangunan pemuda Indonesia 2020-2025 . (dwi)

Categories: