Oleh humasnew on August 31, 2018

Jakarta (31/08) –Deputi Koordinasi Kemenko PMK, memimpin Rapat koordinasi Persiapatan Asian Para Games III tahun 2018 di kantor Kemenko PMK Jakarta, hari ini. Asian Para Games 2018 yang digelar di Jakarta oada 6-13 Oktober  ini akan  mempertandingkan 18 cabang olahraga dan 558 momor pertandingan.

Dalam rapat kali ini beberap isu strategis yang dibahas antara lain penanganan peserta, kesiapan venue, relawan , pengamanan dan promosi.  Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018, telah dilakukan test even pada 25 Juni hingga 3 Juli lalu terhadap 5 cabang olahraga yakni Para atletik, badminton, para swimming, table tenis, wheelchair basketball. Di samping itu, juga akan dilaksanakan torch relay di 9 kabupaten/kota pada 5-30 September.

Secara umum infrastruktur yang dipersiapkan selaras dengan persiapan infrastruktur Asian Games. Sebanyak 18 competition Veneu dan 18 traing venue telah disiapkan. Nyoman juga menyampaikan untuk persiapan infrastruktur akan direnovasi beberapa tower wisma atlit untuk penyesuaian aksebilitas bagi pengguna kursi roda dan penambahan lif/elevator sebanyak 6 buah per tower. Sebanyak 1000 kamar telah direnovasi untuk menyokong kebutuhan atlit difable.

Sementara itu, untuk persiapan kedatangan para atlit telah diatur bahwa kontingen Asian Para Games melalui bandara Soetta khusus untuk kontingen Indonesia melalui terminal I. sedangkan kontingen Negara lain akan menggunakan terminal 2 dan 3.

Asian Para Games adalah gelaran pesta olahraga multieven bagi atlit difabel di kawasan asia. APG  2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta adalah gelaran ke 3 di dunia. Ajang perdana di Guangzhou, Cina tahun 2010 dan gelaran ke dua di Incheon, Korea tahun 2014. 

Categories: