Oleh humas on October 03, 2018

Jakarta (03/10)- Plt. Deputi bidang Koordinasi Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial, Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi memimpin rapat Persiapan Rakor tingkat Eselon I dan Rapat Tingkat Menteri tentang Penanganan Pasca Bencana Gempa Bumi NTB, di kantor Kemenko PMK, Rabu sore (03/10).

Dalam pengantarnya, Sonny menyampaikan bahwa tujuan rapat kali ini ingin mengetahui progres percepatan penanganan pasca bencana NTB, mengidentifikasi pending issues, dan tidak lanjut yang bisa dilakukan. Beberapa hal yang dibahas yakni perbaikan rumah, rencana aksi rehab rekon, pemenuhan Kebutuhan Dasar. penanganan pengungsi dan dukungan anggaran kementerian atau lembaga. Di samping itu, dukungan anggaran dari kementerian atau lembaga.

Untuk program perbaikan rumah, tambahnya, memang telah diatur dalam juklak bantuan stimulan dan juknis pemerintah daerah. Namun harus dipastikan bagaimana implementasinya seperti pembentukan Pokmas, TPM, tim satgas PUPR dan tim fasilitator, metode perbaikan rumah, RAB, dll. Di sisi lain, terkait pemenuhan kebutuhan dasar, pemerintah mentargetkan pemulihan fungsi pelayanan dasar selesai pada Desember 2018.

“Untuk itu, kita harus mengetahui bagaimana progres prasarana dan sarana dasar darurat air baku, sanitasi dan air bersih, jalan dan jembatan serta alat berat yang tersedia. Serta bagaimana progres rehab rekon prasarana dan sarana umum kesehatan, pendidikan, pemerintahan, rumah ibadah, dan pasar,” ujarnya.