Oleh humas on October 15, 2019

Foto : 

  • Biro Perencanaan

Purwokerto (12/10) — Kemenko PMK menyelenggarakan Seminar Lansia bagi pegawai purnatugas yang tergabung dalam Ikatan Pegawai Purnatugas Kemenko PMK (IP2K) pada 11-12 Oktober 2019 di Purwokerto, Jawa Tengah. Seminar ini dibuka oleh Haswan Yunaz, Staf Ahli Menko PMK Bidang Multikulturalisme, Restorasi Sosial dan Jati Diri Bangsa mewakili Seskemenko PMK.

Seminar yang bertemakan ‘Menuju Lansia yang Sehat dan Bahagia dalam rangka Koordinasi Masalah Strategis’ tersebut juga dihadiri oleh para purnatugas anggota IP2K dan pegawai Kemenko PMK. Adapun narasumber pada kegiatan ini, Dr. Chazali Husni Situmorang yang menyampaikan materi Kesesuaian Iuran Jaminan dan Manfaat BPJS serta Dra. Maswita Djaya, M.Sc. yang menyampaikan materi Sehat dan Berbahagia di Lanjut Usia.

Dalam sambutannya Seskemenko PMK menyampaikan bahwa usia lansia merupakan siklus alami yang hampir pasti akan dialami oleh setiap orang. Dengan bertambahnya usia, kemungkinan besar bagi seseorang akan mengalami permasalahan fisik, jiwa, spiritual, ekonomi, sosial dan masalah kesehatan, karena proses penuaan.

Pada kenyataannya, bila menyebut kata lansia, identik dengan sosok yang tidak berdaya dan memiliki banyak keluhan kesehatan. Padahal, lansia sebenarnya dapat berdaya sebagai subyek dalam pembangunan kesehatan. Berdasarkan pengalaman hidupnya, lansia bukan hanya sekedar sosok yang dituakan dan dihormati, tetapi juga berperan sebagai agen perubahan di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya.

“Kita mengharapkan menjadi lansia yang sehat, aktif, bahagia dan tidak menjadi beban bagi keluarga. Caranya, yaitu dengan mengatur pola hidup, menjaga kesehatan, dan mempersiapkan diri menjadi lansia,” terangnya. Usia tua bukan suatu penghalang bagi kita untuk mendapatkan kebahagiaan, dengan kunci utama menjaga kesehatan. Apabila kita sehat dan semangat, akan berdampak pada kebahagiaan. Menutup sambutannya, Seskemenko PMK mengharapkan seluruh peserta yang tergabung dalam IP2K agar tetap sehat, ceria, dan bahagia bersama orang yang dicintai, serta tetap dapat beraktivitas. Dengan adanya kegiatan ini dapat menambah keakraban dan tali silaturahmi bagi anggota IP2K.

 

Kategori: 

Reporter: 

  • Biro Perencanaan

Editor: 

  • Ponco Suharyanto