Oleh humas on September 15, 2018

Yogyakarta, (14/09) – Plt. Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra menghadiri Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia dan Sidang Umum ke-35 International Council of Women (ICW) di Yogyakarta sejak Kamis 13/09.

Acara dibuka secara resmi Presiden RI Bapak Joko Widodo pada Jumat sore, 14/09. Dalam sambutannya, Presiden RI menegaskan kiprah perempuan Indonesia tak kalah dibandingkan dengan perempuan negara lain. 

Peran dan perjuangan wanita Indonesia dilakukan jauh sebelum era kemerdekaan seperti yang dilakukan Laksamana Malahayati, Cristina Marthatilahahu, Kartini dan lainnya. Perjuangan itu terus dilakukan hingga sekarang seperti yang dilakukan Butet Manurung pengajar di suku pendalaman, Sinta Nuriyah Wahid pejuang toleransi dan masih banyak lainnya. 

Atas perjuangan itu Presiden RI menyatakan perempuan Indonesia patut diapresiasi sehingga mereka layak disebut sebagai Ibu Bangsa.

Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia diselenggarakan ICW dan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) serta didukung penuh Kementerian BUMN dan 35 BUMN, termasuk Kantor Berita Antara, yang berpartisipasi langsung menyukseskan dua pertemuan tersebut.

Penyelenggaraan Sidang Umum ICW 2018 bertepatan dengan 130 tahun keberadaan organisasi ICW dan 90 tahun KOWANI.

Pihak Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada KOWANI atas pertemuan yang dihadiri organisasi perempuan terbanyak yang mencapai seribu organisasi perempuan dan dihadiri 2.090 peserta.

Categories: