Oleh humas on March 14, 2018

Jakarta (14/03) -- Menindaklanjuti Rapat Koordinasi Penataan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citarum pada tanggal 12 Februari 2018, Pagi ini Kemenko PMK Kembali Gelar Rakor Tindaklanjut Penataan DAS Sungai Citarum. Rakor di Pimpin oleh Asisten Deputi (Asdep) Bidang Pemberdayaan Kawasan Perdesaan, Kemenko PMK, Awal Subandar.

Tujuan Rakor kali ini adalah untuk melaksanakan Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian (KSP) pelestarian wilayah Hulu DAS Citarum dengan pendekatan Pemberdayaan Kawasan Perdesaan Berbasis Kearifan Lokal (budaya lokal) yang memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat terdampak dan sekitar. Selain itu untuk koordinasi dan sinergitas perencanaan dan implementasi penanganan DAS Citarum Hulu yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat berbasis Kawasan Pedesaan.

"Isu strategis RPJMN 2015-2019 terkait DAS merupakan dasar penataan DAS Sungai Citarum," ungkap Awal dalam pengantarnya.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian LHK membuat beberapa program penataan yaitu pemetaan potensi dan inisiatif lokal pengelolaan DAS Citarum, penguatan dan peningkatan kapasitas SDM lembaga formal, optimalisasi peran forum DAS Citarum sebagai fasilitator dan dinamisator pengelolaan DAS Citarum.

Di samping itu, ada pengembangan model DAS Mikro untuk peningkatan produktivitas lahan dan konservasi DAS, pengembangan desa pengelola DAS/konservasi, Revitalisasi Sekolah Lapang pengelolaan DAS, Desa Mandiri berbasis produk unggulan, Peningkatan partisipasi masyarakat perkotaan dalam pengelolaan DAS, Pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya lokasi yang terkait dengan perlindungan Sumber Daya Alam dan Ekologi DAS Citarum.

Semua program tersebut bertujuan untuk mewujudkan kesadaran, kemampuan dan partisipasi aktif para pihak dalam pengelolaan DAS yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam rakor tesebut perwakilan Kemenko Maritim, Kementerian LHK, PemProv Jawa Barat, Para Asisten Deputi Lingkup Kemenko PMK, serta beberapa perwakilan lainnya.

Categories: