Oleh humas on March 13, 2018

Jakarta (13/03)--- sebagai agenda tahunan, Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di tahun 2018 ini dipastikan kembali diperingati. Menuju acara puncaknya, HLUN akan diisi oleh aneka kegiatan yang akan dibuat oleh kementerian/lembaga negara. Untuk membahas beragam kegiatan yang jadi rangkaian peringatan HLUN 2018, Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni, memimpin sekaligus memberikan arahan pada rapat koordinasi dan sinkronisasi kegiatan K/L dalam rangka rangkaian kegiatan HLUN 2018, Selasa pagi. Choesni dalam rapat yang merupakan kelanjutan dari rapat tanggal 5 Maret lalu di Kemensos ini didampingi oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Ade Rustama; dan dihadiri oleh para K/L terkait.

Pelaksanaan peringatan HLUN setiap tahun sejatinya mengharapkan dapat dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia sehingga akhirnya dapat bermanfaat pula tidak hanya bagi para Lansia tetapi juga keluarganya dan masyarakat. Rangkaian kegiatan HLUN direncanakan dapat terlaksana mulai Bulan April hingga Juni 2018. Rentang masa waktu itu disepakati dengan sebutan “Bulan Lanjut Usia.” Acara Puncak sementara disepakati pada tanggal 5 Juli 2018 bertempat di Kabupaten Bantul Provinsi DIY. HLUN 2018 akan mengambil thema peringatan bertajuk: “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia” dengan usulan Sub Thema antara lain: Mempersiapkan generasi muda untuk mewujudkan Lanjut Usia sehat, aktif dan bermartabat; Memperkuat hubungan lintas generasi yang harmonis menuju Lansia bermartabat; dan Melindungi Lansia, menuju lansia sejahtera dan bermartabat.

K/L yang diketahui siap menggelar aneka kegiatan di Bulan Lanjut Usia itu antara lain, Kementerian PP dan PA berupa Kampanye 1000 perempuan lansia; Kemenkes berupa Seminar Kesehatan Lansia di Palembang tanggal 9 Mei 2018, dengan sub tema seminar “Lansia Berdaya Keluarga Sehat: Lansia sehat dan berdaya mendukung terwujudnya masyarakat sehat.” Seminar akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan dan dimeriahkan oleh 600 lansia. Kemenkes juga menggelar Lomba Poster dan Inovasi program di 14 Provinsi; Kementerian Komunikasi dan Informasi akan melakukan sosialisasi dan promosi di berbagai media nasional seperti TVRI dan RRI serta tidak lupa ke berbagai media sosial hingga menjangkau ke berbagai daerah; Kementerian Luar Negeri akan menggelar kegiatan Sosialisasi terkait HLUN ke Diaspora dengan tema mendukung yang sudah disepakati. Demikian juga dengan Kemenaker. (sumber: Kedep II)