Oleh humas on September 24, 2018

Jakarta (24/09)--- Sebagai wujud komitmen Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam mewujudkan peningkatan tertib pengelolaan arsip di lingkungan Kemenko PMK dan untuk mendukung terwujudnya tertib adminstrasi pemerintahan, Kemenko PMK menyerahkan Arsip Statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesi (ANRI) Senin Pagi di ruang Heritage gedung Kemenko PMK, Jakarta. Penyerahan arsip statis ini juga menandai komitmen Kemenko PMK terhadap Gerakan Indonesia Tertib dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang seluruh Gugus Tugasnya berada di bawah koordinasi Kemenko PMK. “Salah satu prioritasnya adalah tertib arsip, baik dalam penciptaan, pengolahan dan penyimpanannya termasuk Penyusunan Pedomam Kearsipan, Penyediaan Ruag Arsip (record center) dan program-program kerasipan lainnya yang terus dilakukan agar semakin maksimal,” kata Seskemenko PMK, YB Satya Sananugraha dalam sambutannya.

Sejalan dengan upaya reformasi birokrasi yang setiap tahunnya terus meningkat, Seskemenko PMK juga mengungkapkan bahwa tertib kearsipan ini akan menjadi salah satu komponen perbaikan kinerja ASN di lingkungan Kemenko PMK. Bahkan ke depan, akan diupayakan hadirnya ASN dengan spesialisasi arsiparis untuk melanjutkan upaya ini. “Saya berharap dengan upaya perbaikan ini, dapat membawa semangat kerja yang tinggi. Marilah kita ciptakan kerja yang nyaman, budaya kerja yang cerdas serta disiplin yang tinggi. Selain itu, terus tingkatkan kapasitas diri menjadi pegawai yang profesional karena hasil kerja yang kita emban ini, manfaatnya sangat ditunggu oleh masyarakat,” kata Seskemenko PMK lagi.

Arsip Statis yang diserahkan kepada ANRI ini diketahui sebagai yang pertama kali dilakukan oleh Kemenko PMK kepada ANRI setelah melalui berbagai proses tahapan, mulai dari penelitian yang telah habis masa retensinya, penilaian terhadap arsip yang diusulkan untuk diserahkan hingga persetujuan Kepala ANRI terhadap arsip statis Kemenko PMK ini. Inisiasi dan upaya penertiban arsip di lingkungan Kemenko PMK sendiri sudah dimulai sejak tahun 2016 dan penyerahan arsip statis pagi ini merupakan tahap awal dimulainya upaya tertib kearsipan Kemenko PMK agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Arsip statis yang diserahkan pagi ini di antaranya berupa memori serah terima jabatan Menteri Koordinator mulai dari Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie, hingga Agung Laksono. Arsip ini diharapkan dapat memberi gambaran kepada masyarakat tentang sejarah kepemimpinan, kebijakan masing-masing Menko yang pernah memimpin, dan sejarah upaya optimalisasi fungsi Kemenko PMK.

Kepala ANRI, Mustari Irawan, dalam sambutannya menyatakan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kemenko PMK karena arsip statis yang diserahkan ini tentu akan sangat berharga sebagai bagian dari sejarah bangsa. Selain itu, menurutnya Kemenko PMK juga telah melaksanakan kewajibannya sesuai aturan Undang-undang No.43/2009 tentang Kearsipan yang mewajibkan setiap lembaga negara wajib menyerahkan arsip statis kepada ANRI. “Dengan diserahkannya arsip statis Kemenko PMK pada hari ini berarti kita telah mewariskan informasi yang sangat berharga khususnya arsip tentang fungsi kementerian sebagai bahan perenungan dan pembelajaran bagi generasi mendatang, dan seterusnya,” kata Mustari.

Penyerahan arsip statis pada hari ini, tambah Mustari, merupakan langkah strategis bagi Kemenko PMK dan ANRI untuk memulai suatu gerakan yang rutin dan berkesinambungan. Dia mengharapkan, penyerahan arsip statis dapat menjadi gambaran bahwa pengelolaan arsip dinamis di masing-masing unit kerja semestinya sudah baik. “Langkah berikutnya yang lebih komprehensif dalam kegiatan kearsipan harus segera diwujudkan. Kami selaku lembaga pembina kearsipan nasional sangat memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi,” paparnya lagi.

Seskemenko PMK dan Kepala ANRI dalam acara ini terlihat menandatangani Berita Acara Penyerahan Arsip Statis lalu menyerahkan secara simbolis arsip statis itu dari Kemenko PMK kepada ANRI. Kedua pihak dalam sambutannya juga saling memperkenalkan para pejabat eselon I di lembaganya masing-masing. Acara turut dihadiri oleh para deputi, staf ahli, dan pejabat eselon 3 dan 4 di lingkungan Kemenko PMK serta para pejabat ANRI yang turut mendampingi Kepala ANRI. (*)

Categories: