Oleh humasnew on August 16, 2018

Jakarta (15/8) -- Asisten Deputi (Asdep) Bidang PAUD, Dikdas dan Dikmas Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terkait dengan Penjaminan Mutu Hasil Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Ajaran 2017/2018. Rakor diselenggarakan di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin (13/8) dan dihadiri Kemendikbud, BSNP, BAN SM, Puspendik, Kadis Pendidikan Tanggerang, Bekasi, Depok, serta beberapa perwakilan Kepala Sekolah di Jakarta.

“Sistem penjamin mutu pendidikan (SPM) merupakan instrumen penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Sistem penjaminan mutu pendidikan mempunyai tujuan memastikan pemenuhan standar pada suatu pendidikan dasar dan menengah secara sistematis, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri,”jelas Femmy.

Lebih jauh, Femmy menjelaskan bahwa dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 disebutkan bahwa pemerintah akan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penguatan penjaminan mutu pendidikan, pengembangan kurikulum yang memberikan keterampilan abad ke-21, penerapan kurikulum nasional secara efektif dan efisien serta penguatan sistem pendidikan yang kredibel dan komprehensif.

“Untuk itulah dalam rangka menjalankan fungsi koordinasi, singkronisasi, dan pengendalian program dan kebijakan pemerintah, Kemenko PMK melaksanakan rakor ini dengan tujuan untuk memantapkan penerapan SPM untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah sebagai upaya untuk mempersempit kesenjangan kualitas pelayanan pendidikan antar satuan pendidikan dan antar daerah, penguatan proses akreditasi untuk satuan pendidikan negeri dan swasta, serta peningkatan kapasitas pemerintahan kabupaten/kota dan satuan pendidikan untuk mempercepat pemenuhan SPM,” terang Femmy seraya mengakhiri arahannya.

Categories: