Oleh humasnew on March 09, 2018

Jakarta (09/03) – Dalam rangka Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian (KSP) pelaksanaan Inpres Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kemenko PMK menggelar Rakor Tindak Lanjut Aksi K/L dan Pembahasan Substansi Dashboard Monitoring Pelaksanaan Inpres tersebut. 

Rakor yang dipimpin oleh Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb A.Choesni ini berlangsung di ruang rapat lantai 6 Kemenko PMK Jakarta. Adapun agendanya adalah, pemaparan matriks aksi K/L tindak lanjut Inpres Nomor 8 Tahun 2017 serta pembahasan substansi dashboard monitoring pelaksanaan Inpres Nomor 8 Tahun 2017. 

Sebelumnya dalam Rakornis Pembuatan Model Dashboard Monitoring Pelaksanaan Inpres No 8 Tahun 2017 tanggal 23 Februari lalu telah disepakati beberapa keputusan. Diantara keputusan itu, setiap K/L diinstruksikan melengkapi matriks aksi tindak lanjut inpres dengan output terukur, waktu pelaksanaan (3 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan) serta outcome. Akan dilaksanakan pula rapat teknis untuk melengkapi matriks sampai dengan persetujuan indikator output dan outcome dari masing-masing K/L. 

Adapun Dashboard monitoring pelaksanaan Inpres 8/2017 akan dibuat dengan aplikasi tersendiri. Sementara pengisian matriks selesai awal Maret 2018 dan dashboard selesai akhir Maret 2018. Dashboard sendiri mengadopsi model dashboard KSP. Dilakukan juga pertemuan dengan KSP (programmer) membahas model dashboard monitoring pelaksanaan Inpres 8/2017. Ditetapkan juga PIC tiap K/L tindak lanjut pelaksanaan Inpres 8/2017. 

Sedangkan pada Rakor kali ini dihasilkan keputusan untuk menyempurnakan matriks hingga 14 Maret 2018. Sementara tim teknis IT BPJS Kesehatan, KSP, dan Kemenko PMK juga akan mengadakan rapat lanjutan. Rakor juga menegaskan perlunya pendekatan proaktif kepada Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian BUMN. Hadir dalam rakor kali ini, utusan Setkab, Kemenkes, Kemenaker, Kominfo, Kejagung, DJSN dan BPJS Kesehatan. PS