Oleh humasnew on August 04, 2018

Jakarta (03/08) -- Untuk ketigakalinya, Kemenko PMK menjalin kerjasama dengan Friedrich-Ebert Stiftung (FES). Sebagai penanda kerjasama kali ini dilakukan Kick off Meeting Kerjasama Kemenko PMK dan FES di Hotel Santika, Slipi, Jakarta.

Sebagai tanda Kick Off Meeting Kerjasama Kemenko PMK dan FES, Staf Ahli Menko PMK Bidang SDG's Ghafur Akbar Dharmaputra yang mewakili Seskemenko PMK menyerahkan Memorandum Saling Pengertian (MSP) dan Rencana Induk Kegiatan (RIK) Kerjasama antara Kemenko PMK dan FES kepada Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK (Selaku Focal Point) yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Deputi Bidang Koordinasi Jaminan Sosial, Togap Simangunsong.

Dalam sambutan pembukaan, Ghafur mengatakan walau Focal Point kerjasama ini terdapat di Kedeputian Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Jaminan Sosial namun kegiatannya dapat mencakup semua Kedeputian yang ada di Kemenko PMK. Ia berharap kegiatan yang dilakukan kelak harus berorientasi pada SDG's. "Semoga kerjasama ini memberi manfaat yang besar bagi Kemenko PMK dan Indonesia khususnya. Juga mampu mempererat hubungan Indonesia-Jerman," ujarnya. 

Adapun Togap yang menerima MSP dan RIK kerjasama itu mengatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan apa yang telah diamanahkan. Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Kemenko PMK, Yohan mengingatkan agar kerjasama Kemenko PMK dan FES harus berlandaskan kejujuran dan kepercayaan. Khususnya terkait data pemerintah yang sifatnya rahasia dan kelak diketahui oleh mitra lokal dari FES. Diingatkannya, agar mitra lokal dari FES mampu menjaga data itu. FES juga harus memperhatikan track record dan komitmen mitra lokalnya. "Pastikan mitra lokal FES terdaftar secara resmi di Kemenkum dan HAM. Dengan begitu ada aspek legalitasnya," pungkasnya.

Kick Off Meeting Kerjasama Kemenko PMK dengan FES juga diisi dengan diskusi terkait aspek legal hingga kegiatan yang kelak dilakukan. Hadir dalam Kick Off Meeting kali ini utusan dari Kedeputian yang ada di Kemenko PMK dan jajaran FES.

Categories: