Oleh humas on November 25, 2019

Foto : 

  • Kristian Suryatna

Jakarta (25/11) --- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mewakili Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, berikan sambutan sekaligus membuka Rapat koordinasi Nasional program inovasi desa tahun 2019 yang mengambil tema 'Mewujudkan SDM Unggul untuk Indonesia Maju'. Acara dilaksanakan di Ballroom Hotel Merlynn Park Jakarta, Senin pagi. 

Dalam sambutannya,  Menko PMK menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo menekankan bahwa kita tidak bisa menggunakan cara-cara lama dan berharap menghasilkan suatu yang lebih baik, justru yang diperlukan adalah adanya langkah-langkah trobosan, membuat inovasi-inovasi disemua bagian dan bidang untuk memajukan serta mempercepat kemajuan desa-desa diseluruh Indonesia. 

Menurut Menko PMK tidak mudah untuk membangun secara simultan mencakup seluruh desa di Indonesia tetapi dengan adanya program-program yang sangat cerdas dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi antara lain berupa pemberian penghargaan kepada karya-karya inovatif seperti ini.

"Saya kira kita harus membangkitkan semangat untuk desa-desa kita melalui 4C yakni critical thinking; creative dan inovatif ; communication skill; dan collaboration. Saya harapkan ini dapat menjadi pegangan kepada para pendamping desa sebagai inspirator maupun sebagai inisiator untuk memajukan desa-desa" Ujar Menko PMK. 

Menko PMK menambahkan bahwa wilayah pinggiran berarti terluar, tertinggal dan terbelakang menjadi tanggung jawab Kementerian Desa, dalam membangun wilayah-wilayah tersebut. Tanggung jawab Kemenko PMK adalah melakukan koordinasi, sinkronisasi, pengawasan atau pengendalian untuk melakukan sinergi, atau mendorong sinergitas antar Kementerian terutama yang dibawah Kemenko PMK  dan Badan-Badan terkait mulai dari masalah kemiskinan, kesehatan dan juga pertumbuhan ketimpangan yang ada diseluruh Indonesia akan ditangani secara seksama dan salah satu ujung tombak dalam menangani masalah itu adalah Kementerian Desa.

Selain itu Menko PMK memberikan apresiasi kepada desa, kabupaten dan provinsi yang telah mendapatkan penghargaan dari berbagai kategori, diharapkan dapat menjadi pemicu maupun pendorong untuk terus lebih meningkatkan kinerja kita untuk terus membangun desa - desa yang ada di seluruh Indonesia dan sekaligus bisa menjadi inspirator, pemberi Ilham kepada desa-desa yang lain yang belum mendapatkan kesempatan seperti desa-desa sekarang yang mendapatkan penghargaan. Hadir dalam acara ini Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar; Wakil Mendes PDTT, Budi Arie Setiadi; Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie; perwakilan  serta beberapa perwakilan lainnya. 

Reporter: 

  • Rieska Cholina