Oleh humas2 on September 10, 2016

Surabaya (10/09)--- Menko PMK, Puan Maharani, sabtu pagi menghadiri dan memberikan sambutan pada acara “Penyerahan Dana Bergulir Melalui Loan Agreement Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Melalui Penguatan Akses Pembiayaan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur." Menko PMK menyambut baik upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam pemberdayaan Koperasi dan UMKM, antara lain melalui hibah penguatan modal usaha.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Kantor Pusat Bank Jatim, Kota Surabaya, Jawa Timur ini dihadiri juga oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga; Gubernur Jawa Timur, Soekarwo; Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf; Direktur Utama Bank Jatim, Soeroso; dan anggota DPR RI.

Di awal sambutannya Menko PMK berpesan supaya ideologi ekonomi kerakyatan diterapkan tidak hanya di Jawa Timur tapi di seluruh Indonesia. “UMKM merupakan soko guru ekonomi kerakyatan Indonesia, terbukti ekonomi kerakyatan yang menjadi penyelamat pada saat krisis ekonomi Indonesia," tambah Menko PMK.

Menko PMK berpesan supaya kredit UMKM dapat dipermudah kepada industri rakyat karena UMKM membantu rakyat untuk lebih produktif dan mandiri. Menurut Menko PMK, UMKM di Jawa Timur adalah salah satu UMKM yang terbaik di Indonesia. Hal ini terlihat dari kemasan, tempat-tempat usaha UMKM di Jawa Timur yang bersih dan tertata rapi sehingga dapat dijadikan contoh untuk UMKM di provinsi lain.

Dengan diberikannya bantuan kepada para pelaku UMKM di Jawa Timur, Menko PMK berharap dapat memacu semangat para anggota koperasi serta pelaku usaha skala mikro, kecil, dan menengah untuk mengembangkan usahanya dengan lebih berdaya-saing sekaligus sebagai upaya untuk mewujudkan produktifitas dan kemandirian ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan.

“Akhir kata, semoga program hibah penguatan modal ini dapat berjalan dengan sukses dan penuh berkah serta mampu memberikan kontribusi nyata bagi upaya-upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya di Jawa Timur. Mari kita jadikan program ini sebagai teladan kepeloporan dalam upaya-upaya pemberdayaan koperasi dan UMKM serta peningkatan kesejahteraan rakyat,” tutup Menko PMK dalam sambutannya. (rep: iht/ed: IN)