Oleh humas on May 12, 2018

Malang (12/05) -- Mengawali Kunjungan Kerja (Kunker) di Kota Malang, Jawa Timur, pada Sabtu pagi (12/5), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengunjungi lapangan Asifa (Aji Santoso Internasional Football Academy) untuk melaksanakan kick off sebagai simbolisasi dimulainya Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat SMP Kota Malang, Jawa Timur.

“Bertandinglah dengan sportif, sebab dalam pertandingan, ada menang dan ada yang kalah,” demikian pesan Menko PMK kepada seluruh tim yang bertanding. Nantinya juara dalam liga ini akan bertanding di tingkat provinsi dan juara di tingkat provinsi akan bertanding di tingkat nasional.

Saat melakukan tendangan kick off  oleh Menko PMK sebagai tanda di mulainya GSI Kota Malang, Menko PMK didampingi oleh Aji Santoso mantan pesepakbola nasional Indonesia serta di saksikan oleh Mendikbud, Wakil Ketua MPR RI, Wakil Ketua DPR RI, Anggota DPR RI, dan para pejabat terkait.

GSI merupakan wadah bagi siswa untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter sesuai dengan Perpres No. 87/2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Ajang GSI juga upaya pemerintah dalam memotivasi pihak-pihak berwenang dalam memberikan ruang belajar bagi siswa berbakat dan berminat pada sepak bola. 

Event GSI Kota Malang yang diikuti oleh 3000 siswa dari berbagai SMP di Kota Malang dalam rangka mewujudkan program Nawacita Presiden yaitu Revolusi Mental yang dilaksanakan melalui liga sepak bola siswa Indonesia tingkat SMP. Melalui event GSI diharapkan meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap sepak bola, meningkatkan kecakapan kolaboratif dan kooperatif, meningkatkan kesehatan jasmani, menciptakan kondisi kompetitif secara sehat, melatih sportivitas dan tanggung jawab, mengembangkan bakat dan minat siswa terhadap sepak bola, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan antara siswa seluruh Indonesia.

Turut serta mendampingi kunker Menko PMK di Kota Malang, Jawa Timur, Mendikbud Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Alex Indra Lukman dan Alfi Reziani, Walikota Batu Dewanti Rumpoko serta para pejabat Eselon I Kemenko PMK