Oleh humas on November 02, 2016

Jakarta (2/11) --- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani malam ini mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk memenuhi undangan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok di Indonesia pada pergelaran ballet karya agung yang berjudul “Raise the Red Lantern” oleh National Ballet of China. Acara yang sudah dipentaskan lebih dari 400 kali dan selalu mendapat sambutan baik ini digelar di Ciputra Artprenuer Theater Retail Podium, Ciputra World, Jakarta dengan mengangkat cerita dari novel istri dan selir karya penulis Su Tong. 

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok dan Republik Indonesia telah mempunyai hubungan persahabatan jauh sebelum kedua negara meraih kemerdekaannya.  Sejak dahulu dan sampai sekarang, hubungan antara Tiongkok dan Indonesia telah terbina dengan baik, bahkan pada saat ini semakin meningkat terutama dalam bidang investasi, perdagangan, dan kegiatan kunjungan wisata.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK menunjukkan keteladanan sikap yang dimiliki oleh Perdana Menteri Republik Rakyat China, Zhou Enlai dan Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno yang saling bahu membahu dalam mewujudkan kesetiakawanan negara-negara Asia-Afrika yang baru merdeka dan dalam membangun hubungan antar negara-negara di dunia.

"Diplomasi kebudayaan yang damai dapat membawa dampak positif bagi perdamaian dunia. Budaya dapat menyatukan perbedaan ataupun ketidaksepahaman yang dimiliki antar negara" ucap Menko PMK.

Di akhir sambutannya, Menko PMK mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada rakyat dan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok, atas inisiatif menggelar Acara Pagelaran Ballet “Raise the Red Lantern” oleh National Ballet China.

“Semoga ke depan kerjasama antara Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok dan Republik Indonesia bersama negara-negara sahabat lainnya semakin baik dan bermakna dalam rangka memelihara ketertiban dan perdamaian dunia yang abadi” tutup Menko PMK.

Hadir pada kesempatan ini Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, Duta Besar Republik Rakyat Cina di Indonesia, Mr Xie Feng, Para Duta Besar Negara Sahabat di Indonesia lainnya, Direktur National Ballet of China (NBC), dan para undangan. (rhm/foto:kris)

Categories: