Oleh humas2 on September 20, 2016

Ponorogo, (19/09)- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK ) Puan Maharani mendampingi  Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur. Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengawali kunjungan kerja  dengan  menghadiri acara syukuran Peringatan 90 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor, yang terletak di Desa Gontor, Kec Mlarak, Kab Ponorogo.

Turut dalam rangkaian kunjungan kerja ini Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifudin; Menteri Kesehatan, Nila Moeloek; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa hampir semua negara di dunia dalam masa yang sulit baik dalam politik maupun ekonomi. Kondisi perekonomian dunia yang sempat diperkirakan akan membaik justru diprediksi akan menurun.

Kondisi politik dunia, terang presiden, juga masih dalam masalah. Ini dapat dilihat dari terjadinya konflik di Timur Tengah yang hingga kini belum tuntas terselesaikan.

"Alhamdulillah, kondisi negeri kita dalam kondisi yang stabil. Kondisi politik dalam negeri tetap stabil dan perekonomian kita tidak mengalami penurunan," terang Presiden.

Untuk itu, tambahnya, butuh kerja keras semua pihak sebab meski kita punya potensi yang besar akan sumberdaya alamnya namun tanpa sumber daya manusia yang handal dan berakhlak baik akan sangat sulit untuk berkompetisi dengan negara lain. Karenanya pendidikan di tingkat SD dan SMP akan diberikan prosentase lebih tinggi untuk pendidikan budi pekerti. Sebab tanpa pendidikan budi pekerti yang baik karakter dan identitas ke-Indonesian generasi bangsa ini akan hilang.

 

"Yang harus kita estafetkan bukanlah benda tapi nilai-nilai. Nilai jati diri, nilai karakter, nilai kerja keras dan nilai islami," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Presiden menyampaikan apresiasinya terhadap keberadaan pondok moderen Darussalam Gontor yang telah banyak melahirkan SDM yang handal bagi bangsa dan negara. Pondok pesantren yang telah berdiri sejak jaman perjuangan ini tidak hanya berguna dalam tingkat nasional tapi sudah mendunia. 

Kunjungan Presiden dan rombongan selain menghadiri harlah Pondok Moderen Gontor juga melakukan peninjauan sekaligus Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di SDN 3 Karangpatihan, Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong dan di lapangan Kantor Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. (som/ed.:IN)

Categories: