Oleh humasnew on February 03, 2018

Jakarta (03/02) – Menko PMK, Puan Maharani mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan renovasi lapangan tenis terbuka dan tertutup Gelora Bung Karno, di lapangan teknis terbuka, kompleks GBK, Jakarta Selatan, Sabtu ini. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) juga menghadiri peresmian Istora Senayan dan Lapangan Utama GBK yang diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi, Januari lalu. Renovasi 14 venue sendiri dilakukan dalam rangka pelaksanaan Asian Games 2018, Agustus mendatang. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam sambutannya. "Setiap hari, kesiapan Indonesia untuk menyongsong Asian Games 2018 kelihatan sekali semakin siap. Karena venue-venue yang ingin digunakan, satu persatu telah diselesaikan," ujar Presiden Jokowi.

Peresmian ini merupakan peremian ketujuh dari total 14 venue yang dilakukan renovasi. Sebelumnya, Presiden telah meresmikan Istora Senayan, Stadion Utama GBK, Lapangan Hoki, Lapangan Panahan, Lapangan Sepak Bola ABC, dan Stadion Renang/Aquatik. "Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, renovasi lapangan tenis terbuka dan tertutup Gelora Bung Karno, saya resmikan," kata Presiden.

Dalam laporannya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa renovasi Lapangan Tenis Indoor dan Outdoor Centercourt GBK dilaksanakan sejak September 2016 hingga Desember 2017 dengan nilai pekerjaan Rp 92.8 miliar yang dilaksanakan oleh Penyedia Jasa Konstruksi PT Brantas Abipraya.

Renovasi Lapangan Tenis Outdoor Centercourt GBK merupakan salah satu dari 6 bangunan cagar budaya di kawasan GBK. Lapangan tenis outdoor dilengkapi dengan 3.832 kursi dan tambahan sarana sound system dan CCTV. Sedangkan lapangan tenis indoor memiliki kapasitas 3.954 kursi, dilengkapi dengan hardcourt softbase, lighting LED 1500 lux, scoring board, dan sistem AC chiller watercool.

Disamping lapangan indoor dan outdoor, telah diselesaikan 6 venue lainnya. Lapangan basket 3-on-3, Stadion Madya, Lapangan Softball, Lapangan Baseball, Lapangan Rugby, dan Training Facility di Kompleks GBK, serta 2 venue di kompleks Jakabaring Sport City, Palembang (Danau Dayung dan Shooting Range). Usai peresmian, lapangan Tennis Outdoor Senayan langsung digunakan untuk kualifikasi Asia/Oceania Zone Group II First Round Davis Cup antara Indonesia melawan Filipina.

Selain Menko PMK, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono; Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. AS