Oleh humas on February 19, 2018

Jakarta (19/02) – Menko PMK Puan Maharani mendampingi Wapres Jusuf Kalla saat memimpin Rakor tentang Persiapan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Wisma Serbaguna/Gedung INASGOC, Senayan, Jakarta hari ini (Senin). 

Dalam konferensi persnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak masyarakat untuk ikut menjaga sarana dan prasarana yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan Asian Games Tahun 2018. Terlebih, ada beberapa upaya perbaikan usai penyelenggaraan test event 10 hingga 18 Februari lalu. "Bukan hanya memperbaiki apa yang rusak tetapi juga himbauan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga seluruh kawasan", tegas Wakil Presiden Jusuf Kalla seraya mengajak masyarakat untuk ikut menjaga fasilitas. 

Jusuf Kalla juga menyoroti kemajuan pembangunan venue di bawah tanggung jawab Kementerian PUPR, Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Pemerintah Daerah Sumatera Selatan.  "Dari segi venue kita optimis tidak ada halangan-halangan," tegas Wapres.Ia meyakini bahwa segala persiapan akan selesai dua bulan sebelum event Asian Games digelar. Sementara terkait penyelenggaraan test event, Wapres juga menilai penyenggaraannya sudah berjalan dengan baik. "Di situ kita menemukan ada yang baik, ada yang perlu diperbaiki. Karena memang itu fungsi daripada test event", tambah Wapres.

Dalam kesempatan ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga menyampaikan berbagai upaya perbaikan sarana prasarana yang telah dilakukan. Basuki menegaskan upaya perbaikan tidak akan mempengaruhi jadwal penyelenggaraan Asian Games Tahun 2018. 

Sebelumnya saat meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran beberapa waktu lalu, Menko PMK menegaskan akan memberikan pelayanan terbaik saat Asian Games. "Kita tentu saja harus bisa memberikan pelayanan sesuai dengan standar internasional," ujar Menko PMK.

Di kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan kesiapan sarana prasarana yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah DKI Jakarta. Diantaranya velodrome (sudah 83%), equestrian (sudah 99%), LRT (sudah 60%), stadion BMX (sudah 59%), serta penambahan lapangan baseball dan gelanggang olahraga untuk latihan volleyball dan basketball sudah lebih cepat dilakukan.

Kesiapan Jakabaring juga disampaikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin diantaranya kesiapan infrastruktur, seperti LRT, 2 jembatan Musi, 4 ruas jalan tol, flyover, underpass dan sebagainya. Dalam kesempatan ini, Alex Noerdin juga mengajak wartawan untuk melihat langsung kesiapan Jakabaring. 

Sejauh ini, pemerintah juga masih dipersiapan alternatif rekayasa lalu lintas yang paling optimal dipakai selama event Asian Games baik melalui jalur tol maupun non tol. 

Selain Menko PMK, hadir mendampingi Wakil Presiden dalam rakor, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Pelaksana INASGOC Erick Thohir, Wakapolri Syafruddin, Menteri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Rah