Oleh humas2 on November 15, 2016

Jakarta  (14/11)--- Menko PMK, Puan Maharani, pagi hingga siang ini diagendakan melakukan kunjungan kerja di Kab Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Serangkaian kegiatan akan digelar utamanya yang berlokasi di Desa Tamanan, Kec Banguntapan, Kab Bantul, untuk mencanangkankan Gerakan Masyarakat Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Setelah pencanangan Germas, Menko PMK akan meninjau mini expo Program Germas, Puskesmas Banguntapan 2, proyek Benah Rumah, Sekolah Sehat, dan sebagainya.

Germas merupakan gerakan bersama yang memiliki beberapa tujuan, mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan; menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas; menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Adapun prinsip dari Germas adalah kerjasama multi sektor dan pemangku kepentingan, antara sektor kesehatan, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya; keseimbangan masyarakat, keluarga, dan individu; pemberdayaan masyarakat, khususnya mereka yang mau hidup sehat dan menjadi mitra pengendalian penyakit; penguatan sistem kesehatan, reformasi dan reorientasi pelayanan kesehatan; penguatan siklus hidup; jaminan kesehatan sosial; fokus pada pemerataan penurunan penyakit karena determinan sosial seperti kemiskinan, gender, lingkungan, budaya, tingkat pendidikan, dan kemauan politik.

Melalaui kerja Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian, Kemenko PMK dalam beberapa waktu terakhir terus mengajak semua K/L untuk bersama mewujudkan Germas ini. Meskipun diakui untuk ke depan butuh upaya kampanye dan sosialisasi, Germas diyakini mampu membawa paradigma baru pembangunan bidang kesehatan di tanah air, salah satunya adalah kesadaran penuh dari masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat sebagai upaya pencegahan penyakit.​

Usai kegiatan Germas, Menko PMK dan rombongan selanjutnya bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, akan menuju Kelurahan Karang Waru untuk melihat perkembangan pembangunan kawasan kumuh perkotaan. (IN)

Categories: