Oleh humas2 on April 30, 2016

Jumat (29/04)--- Usai mengunjungi Masjid Syech Burhanudin Ulakan dan masih berada di sekitar Kab Padang Pariaman, Menko PMK, Puan Maharani, dan rombongan melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya dengan menghadiri Perayaan Budaya dan Kearifan Lokal melalui Festival Alek Nagari Padang Pariaman dan Pengembangan KUBE di Sumatera Barat yang digelar di Wali Nagari Sintuk Toboh Gadang, Kab Padang Pariaman. Menko PMK menyerahkan bantuan kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan untuk lanjut usia, dan penyandang disabilitas.

“Pemerintah memberikan bantuan PKH ini untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti biaya pendidikan anak. Dapur Umum Lapangan yang  peruntukan awalnya untuk bencana, kini bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat,” tutur Menko PMK dalam sambutannya. Menko PMK juga berharap agar semua bantuan yang diberikan oleh Pemerintah agar bisa dirawat sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Setelah acara, Menko PMK mengikuti prosesi Makan Bajamba dengan undangan lainnya. Makan Bajamba adalah tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau, terutama Padang Pariaman dengan cara duduk bersama. Tradisi ini biasanya dilakukan pada hari-hari besar Agama Islam dan hari-hari besar lainnya. Tujuannya, untuk memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status. 

Menko PMK di sela sambutannya juga mengakui kebanggaannya sebagai seseorang yang memiliki darah asli Tanah Minang yang didapatnya dari Alm. Ayahanda Taufiq Kiemas dan neneknya. Begitu juga dengan gelar datuk yang pernah dianugerahkan untuk Ayahandanya. “Jadi, menginjakkan kaki di Sumatera Barat dapat dianggap juga sebagai perjalanan saya pulang kampung. Makanannya enak, budayanya kaya, alamnya juga sangat indah,” paparnya. (OLV/ed.:IN)

Categories: