Oleh humas2 on November 23, 2016

Jakarta (23/11)---- Menko PMK, Puan Maharani, sepanjang siang hari ini menghadiri acara sekaligus jadi Pembicara Kunci pada dua seminar dalam rangka kunjungan kenegaraan PM Kerajaan Belanda, Mark Rutte. 

Seminar terbagi menjadi dua sesi dan yang pertama membahas tentang peluang kerja sama Indonesia - Belanda tentang Pendidikan Vokasional. Bertajuk "Higher and Vocational Education," pada seminar sesi pertama ini Menko PMK menyampaikan keinginan belajar Indonesia terutama terhadap dua hal yang menjadi tiga pilar fokus pembangunan manusia Pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla, yaitu pendidikan dan kesehatan. 

Menko PMK mengungkapkan bahwa Pemerintah Indonesia saat ini terus berupaya mencari solusi untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam menghadapi persaingan global. Salah satunya adalah melalui jalur pendidikan dan pelatihan.Untuk menyiapkan calon tenaga kerja yang memiliki kompetensi sehingga berdaya saing, pemerintah membuat kebijakan untuk melakukan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. "Saya berharap bahwa kerjasama dengan Pemerintah Belanda, dapat memperkuat pembangunan di bidang pendidikan, khususnya pendidikan vokasi, baik di tingkat pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi," kata Menko PMK lagi.

Sementara di sesi kedua seminar yang membahas tentang Jaminan Kesehatan Nasional, Menko PMK memaparkan sejumlah capaian pembangunan kesehatan sejak Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla. mulai dari penyempurnaan pelaksanaan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pembenahan infrastruktur, penyiapan tenaga medis dan penyebarannya yang diusahakan merata, hingga yang terbaru berupa pencanangan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang coba memunculkan paradigma baru pembangunan kesehatan di mata masyarakat. “Untuk mewujudkan SDM yang berkualitas, maka pembangunan kesehatan harus diarahkan pada peningkatan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud,” kata Menko PMK lagi dalam seminar bertajuk “Achieving Universal Health Coverage by Strengthening Primary Care” ini.

Menko PMK menyatakan, “Indonesia dan Belanda memiliki sistem dan konsep Universal Health Coverage yang serupa. Setiap orang sakit harus mendapatkan perawatan terlebih dahulu di fasilitas kesehatan tingkat pertama, sebelum di rujuk ke rumah sakit. Untuk itu upaya yang harus dilakukan adalah memperkuat paradigma pembangunan kesehatan dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif.”

PM Rutte dalam sambutannya menyatakan siap bekerja sama dengan Indonesia dan akan diwujudkan dengan menandatangani MoU mengenai kesepakatan kerja sama pengembangan pembangunan bidang kesehatan itu, hasil penjajakan peluang kerja sama yang diajukan Indonesia.(IN/rhm)