Oleh humas2 on December 14, 2016

Banda Aceh (13/12) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, hari ini mengunjungi korban gempa yang melanda Kab Pidie Jaya dan sekitarnya. Turut serta dalam rombongan Menko PMK antara lain Mendikbud, Muhadjir Efendi; Plt Gubernur NAD, Soedarmo; Deputi Kemenko PMK bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Yan M Mangesa; dan Direktur Utama RS Zainoel Abidin, Fachrul Jamal. Kunjungan Menko PMK ke Rumah Sakit Dr. Zainoel Abidin adalah untuk mengetahui perkembangan terkini kondisi kesehatan para korban gempa bumi. Selain itu, Menko PMK juga memberikan sejumlah bantuan kepada orang korban antara lain sarung, tas, buku bacaan dan sebagainya. Menko PMK juga menyemangati dan mendoakan langsung beberapa pasien, sekaligus menyalurkan sumbangan dari Kementerian Sosial dalam bentuk uang masing-masing Rp5 Juta kepada tiga korban bencana atas nama Jamaluddin, Rabiah Makam, dan Ramadan.

Diketahui bahwa wilayah Kab Pidie Jaya dan sekitarnya yang berada di wilayah barat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada Rabu, 6 Desember 2016 pkl. 05.03 pagi diguncang gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) dan banyak menimbulkan kerusakan parah. Selain itu, gempa bumi ini juga telah menewaskan 101 korban jiwa; 139 luka berat; dan 718 luka ringan. 

Dalam wawancaranya dengan media, Menko PMK menuturkan bahwasanya akan diadakan rapat koordinasi tingkat menteri untuk melihat hasil evaluasi dan apa saja yang harus dilakukan untuk menangani pasca gempa. “Tindak lanjut dari tanggap darurat yang diberlakukan cepat ada pergerakan atau pembangunan yang kemudian sekarang ini diberlakukan cepat ada pergerakannya atau pembangunannya. Tentu saja hal-hal yang bersifat teknis nanti malam insyaallah saya akan koordinasi dengan beberapa menteri untuk melihat hasil evaluasi dan apa saja yang harus dilakukan." (why)