Oleh humas2 on August 31, 2016

Jakarta (31/08) — Menko PMK, Puan Maharani, pagi ini memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 di Ruang Rapat Utama Lantai 7, Kantor Kemenko PMK, Jakarta. Rakor digelar untuk memastikan perkembangan terkini kesiapan Indonesia selaku Penyelenggara dari ajang Pesta Olahraga se-Asia (asian Games) XVIII tahun 2018 terutama untuk masalah kebutuhan anggaran, penyelenggaraan, aneka persiapan yang meliputi: atlet, infrastruktur, dan penyelenggaraan, serta masalah dukungan dari kementerian/lembaga yang telah tertuang dalam Inpres No.2/2016 dan Keppres No.22/2016 tentang Dukungan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Rakor kali ini dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, dan perwakilan Komite Olahraga Indonesia (KOI), serta perwakilan Kementerian/Lembaga yang terkait.

Sesuai dengan Keppres No. 22 Tahun 2016, bahwa Menko PMK ditunjuk sebagai ketua penanggung jawab pelaksanaan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang dengan anggota gubernur Jakarta, Palembang, Jawa Barat dan Banten. Sedangkan ketua penyelenggara adalah ketua KOI.

Dalam arahan pembuka Rakor, Menko PMK atas perintah Presiden berharap agar semua K/L yang terlibat dalam kepanitian Asian Games ke-18 untuk mensukseskan penyelenggaraan Asian Games, baik sukses penyelenggaraan, sukses prestasi maupun sukses secara ekonomi.

Menko PMK juga meminta agar semua stakeholder dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 ini bersinergi dan duduk bersama serta bergotong royong untuk bersama-sama mempersiapakan dan mensukseskan penyelenggaraan Asian Games sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagaimana amanat Inpres.

“Penyelenggaraan Asian Games Tahun 2018 kurang lebih tinggal 23-24 bulan lagi. Oleh karena itu, segala persiapan dan kesiapan yang semuanya mendesak perlu segera ditindaklanjuti. Saya harap baik panitia penyelenggara, K/L pendukung, bahkan pemerintah provinsi dapat bekerja dengan baik serta tidak mengulang-mengulang apa yang perah kita bahas bersama dalam Rakor selanjutnya,” kata Menko PMK.

Rakor yang dipimpin oleh Menko PMK di fokuskan pada evaluasi dan perkembangan terkait persiapan atlit, pembangunan sarana prasarana dan kesiapan penyelengaraan. Kemenpora, KOI, dan K/L terkait segera akan menindaklanjuti berbagai langkah dan kegiatan untuk percepatan dan mendukung persiapan Asian Games XVIII tahun 2018.

Editor : Deni Adam Malik

Reporter : Deni Adam Malik

Fotografer : Dwi Prasetya A