Oleh humas on March 14, 2018

Pelalawan (14/03) – Melalui pemberian sertifikat lahan, diharapkan para petani sawit bisa lebih tenang dalam menggarap lahannya. Muaranya tentu dapat meningkatkan produktifitas lahan serta kesejahteraan.

Demikian diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat memberikan secara simbolis 1.440 sertifikat tanah kepada masyarakat Pelalawan. “Dengan sertifikat di tangan para petani, maka Ibu dan Bapak dapat lebih tenang dalam menggarap lahannya, sehingga dapat meningkatkan produktifitas lahan dan kesejahteraan,” ujarnya. Pemerintah sendiri menargetkan sertifikasi lahan pada tahun ini sekitar 7 juta sertifikat bidang lahan. Khusus untuk Kabupaten Pelalawan telah disiapkan lebih dari 4.000 sertifikat.

Di kesempatan ini pula Menko Puan juga menyerahkan Kartu Anggota Koperasi Sawit Mandiri dan Izin Pendirian PKS Milik Koperasi Sawit Mandiri. Menko Puan juga melaunching Program Pemberdayaan Petani Sawit Swadaya untuk mewujudkan Desa Mandiri Sawit. Termasuk membagikan secara simbolis bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 5 orang warga (total penerima 100 KK). Di Kabupaten Pelalawan sendiri, penerima manfaat PKH semula berjumlah 4.322 KPM, telah diperluas menjadi 8.058 KPM.

Menko Puan juga menyerahkan secara simbolis Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 5 siswa/i (total penerima 259 siswa). Secara keseluruhan, siswa/ i di Kabupaten Pelalawan yang mendapatkan manfaat dari Program Indonesia Pintar berjumlah 374.498 orang. Diserahkan pula sertifikat tunjangan profesi guru kepada para pengaja Pelalawan. Tunjangan tersebut diberikan sebagai bentuk pengakuan dan sekaligus penghargaan atas darma bakti guru.

Sebagai penghibur, Menko Puan sempat memberikan kuis kepada perwakilan penerima sertifikat tanah, penerima PKH dan KIP serta pengajar. Hadiah yang diberikan pun beraneka ragam seperti televisi, laptop hingga alat olahraga dan perlengkapan sekolah. PS