Oleh humasnew on February 10, 2018

Pekan Sarapan Nasional diperingati setiap tanggal 14-20 Februari mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dengan sarapan yang bergizi. Hal ini disampaikan oleh Deputi Koordinator Bidang Peningkatan Kesehatan, Kemenko PMK, Sigit Priohutomo di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jl. Satria Sudirman No. 01, Sukaasih, Tangerang, Banten.

Sigit dalam kesempatan ini mengajak peserta untuk mengubah kebiasaan lama yaitu menjadikan sayur dan lauk pauk sebagai pemenuhan utama kebutuhan gizi tubuh daripada mengutamakan karbohidrat(nasi). "Jadi sekarang kita ubah kebiasaan kita, yang biasanya nasi dulu yang diambil banyak kemudian baru sayur dan lauk pauknya sedikit menjadi kita ambil sayur dulu sampai penuh di piring kemudian lauk pauk dan nasi secukupnya saja. Hal ini untuk pemenuhan gizi seimbang,  agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit." Ajak Sigit.

Acara ini diselenggarakan agar masyarakat sadar akan pentingnya sarapan yang bergizi. Karena, Sarapan sehat dengan gizi seimbang turut menciptakan generasi cerdas dan sehat. Sigit menambahkan,  melalui Peringatan Pekan Sarapan Nasional diharapkan dapat menjadi momentum berkala setiap tahun untuk selalu mengingatkan dan mendorong masyarakat agar melakukan sarapan yang sehat dalam rangka turut mewujudkan Gizi Seimbang.

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi) Indonesia Hardinsyah pun penyambut baik diselenggarakannya Pekan Sarapan Nasional. Ia juga mengingatkan tentang pentingnya sarapan sehat yang mencukupi kebutuhan gizi untuk tubuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi menjelaskan bahwa kwalitas gizi merupakan faktor penting bagi pertumbuhan. Sasaran perbaikan gizi menurut Liza tidak hanya balita namun dari sebelum fase kelahiran.

Walikota Tangerang, Arif Wismansyah dalam arahannya menyampaikan untuk pemenuhan gizi bagi tubuh, Arif mendorong masyarakat kota Tangerang untuk menanam tanaman hijau khususnya sayuran dan tanaman obat keluarga (Toga) untuk swadaya pangan masyarakatnya. Diakhir sambutannya Ia mengajak seluruh peserta untuk sarapan bersama dalam rangka peringatan pekan sarapan nasional.

Turut hadir dalam acara ini, Walikota Tangerang, Arif Wismansyah; Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi) Indonesia Hardinsyah; Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi; Kepala ODP; Direktur Rumah Sakit Kota Tangerang; Ketua PKK Kota Tangerang; Berbagai Petugas Bidang Kesehatan; dan Para Peserta yang terdiri dari Ibu Hamil, Remaja, serta Anak Sekolah dari SD, SMP, dan SMA. 

Categories: