Oleh humas2 on November 18, 2016

Jakarta (18/11) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, pagi ini membuka Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri tahun 2016 di JIExpo  Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 yang diperingati setiap tanggal 12 November.

Pertumbuhan industri alat kesehatan (alkes) produksi dalam negeri tahun ini menunjukkan peningkatan. Industri alkes meningkat pada tahun ini dari 193 menjadi 211 industri. Jenis alkes juga meningkat dari 255 menjadi 261 jenis alkes. Saat ini produk alat kesehatan import yang beredar mencapai 90 persen. Untuk menghentikan ketergantungan impor dari negara lain, pemerintah melalui kementerian kesehatan dan kementerian perindustrian bersinergi mendorong industri untuk memproduksi alat-alat kesehatan yang lebih inovatif.

Pemerintah juga telah memberikan perhatian khusus terkait industri farmasi dan alat kesehatan itu, dengan mengeluarkan Inpres No.6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. Berkaitan dengan ini, pemerintah sudah menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai upaya untuk memberikan layanan kesehatan yg baik terutama bagi masyarakat miskin. “Baru-baru ini pemerintah bersama 20 kementerian dan lembaga juga meluncurkan program gerakan masyarakat sehat ” ucap Menko PMK. "Setiap program yang dibuat pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan seperti Jaminan Kesehatan Nasional juga nantinya sudah  harus menggunakan produk-produk yang sudah dapat diproduksi dalam negeri secara inovatif" jelas Menko PMK

Dalam kesempatan itu, menko PMK turut membanggakan berbagai hasil riset di bidang kesehatan yang dibuat oleh Mahasiswa Indonesia. Menko PMK juga  meminta semua pihak untuk mendorong berbagai hasil riset itu agar dapat diproduksi industri sehingga mampu bersaing di pasar global.
“Marilah kita bergotong royong dalam  membangun bangsa ini menjadi bangsa yang sehat dengan mendorong industri kesehatan dan alat kesehatan nasional," ucap Menko PMK mengakhiri sambutannya. Usai sambutan, Menko PMK bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution; Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek; dan Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf; membuka secara resmi pameran dengan memotong rangkaian bunga. Acara dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand peserta pameran kesehatan oleh Menko PMK dan rombongan. (rhm)

Categories: