Oleh humas on October 04, 2019

Foto : 

  • Anggun Wahyu P

Jakarta (4/10) --- Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK, Sonny Harry B. Harmadi siang ini hadiri rakor  yang membahas tentang upaya percepatan pemulihan kawasan pesisir dan laut di pulau-pulau perbatasan dengan Malaysia di wilayah provinsi Riau. Rakor ini di Pimpin oleh Menko Maritim, Luhut B Pandjaitan yang bertempat di ruang rapat Kemenko Kemaritiman. Saat ini Pemerintah akan mulai melakukan percepatan pemulihan kawasan pesisir laut dengan menggarap proyek penanganan abrasi di kawasan pesisir dan laut Provinsi Kepulauan Riau. Terdapat masalah abrasi  di 3 pulau berbatasan yakni di Pulau Bengkalis, Pulau Rupat, dan Pulau Rangsang. 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) saat ini telah melakukan studi akhir mengenai upaya mengatasi abrasi di empat pulau tersebut dan langkah selanjutnya yakni membentuk tim khusus untuk menangani proyek ini.  Menko Maritim berharap tim khusus tersebut sudah harus terbentuk pada 1 November 2019. Sedangkan, proses penggarapannya akan dimulai tahun 2020. Sebelumnya, Jerman memberikan dana hibah sebesar 16 Milyar kepada Pemerintah Indonesia untuk mengatasi abrasi, nantinya dengan dana tersebut akan dibangun breakwater atau pemecah gelombang dan hutan mangrove.

Hadir dalam rakor ini Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Gubernur Riau Syamsuar, serta beberapa perwakilan dari K/L terkait lainnya.

Kategori: 

Reporter: 

  • Rieska Cholina

Editor: 

  • Siti Badriyah