Oleh humasnew on February 05, 2018

Jakarta (05/02) – Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb. Ahmad Choesni  didampingi oleh Sekjen Kemensos Hartono Laras dan Asisten Deputi (Asdep) Bidang Kompensasi Sosial, Kemenko PMK, Herbin Manihuruk  memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Eselon I terkait dengan Progres Pelaksanaan Bantuan Sosial Pangan Tahun 2018 di ruang rapat Kemenko PMK, Lt.3, Jakarta. Rakor diikuti perwakilan dari Kemenko Perekonomian, Kemenkeu, Kemendagri, Kemen PPN/Bappenas, Kemensos, Kemen BUMN, BI, OJK, KSP, TNP2K, Perum Bulog, BNI. BRI, Bank Mandiri dan BTN.  

“Pada RTM 16 Januari 2018 lalu, Menko PMK menyampaikan agar menjelang Pilkada,  Bansos Rastra maupun BPNT agar sampai ke PKM tepat waktu, jangan sampai tertahan dan dijadikan alat politik. intinya agar Bansos pangan baik BPNT maupun Bansos Rastra itu jangan ditunda-tunda hanya untuk alasan yang teknis maupun non teknis,”demikian kata Choesni saat mengawali rakor

Menurut Choesni, rakor kali juga dalam rangka untuk mempersiapkan rakor tingkat menteri (RTM) yang rencananya akan dilaksanakan pada Rabu mendatang. “Rakor hari tujuannya adalah untuk mengetahui progres serta update terbaru terkait dengan realisasi penyaluran, permasalahan penyaluran, serta langkah yang telah dilakukan serta tindak lanjutnya,” tambah Choesni.

Choesni juga menyampaikan bahwa berdasarkan data dari Perum Bulog per 2 Februari 2018, penyaluran Bansos Rastra yang telah dislaurkan pada 25 Januari 2018 untuk wilayah I mencapai 67.46%; wilayah II mencapai 72.82%; dan Wilayah III 67.34%. 

Sementara itu, realisasi penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), menurut Choesni berdasarkan data dari Himpunan Bank Milik Pemerintah (Himbara) per 31 Desember 2017, untuk penyaluran ke rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah mencapai 100% dan yang telah dibelanjakan mencapai sekitar 82%. “Adapun target di bulan Januari ini menyasar 1.286.194 KPM yang berlokasi di 44 kota,”tambah Choesni.(DAM)