Pendidikan

Oleh humas2 on January 11, 2017

Jakarta (11/01)--- Kemenko PMK melalui Kedeputian bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama hari ini menggelar rapat koordinasi untuk membahas masalah yang sempat tertunda di tahun 2016 lalu yaitu isu strategis RPJMN 2015 – 2019 dan agenda strategis Kedeputian bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama yang dikaitkan pula dengan berbagai program kegiatan K/L mitra kedeputian Kemenko PMK ini. Rakor dihadiri oleh K/L mitra kedeputian terutama dari jajaran Bagian Perencanaan di Kemdikbud, Kemristekdikti, dan Kemenag.

Oleh humas2 on December 19, 2016

Jakarta (19/12) -- Setelah melalui dua kali rapat terbatas (ratas) membahas evaluasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Presiden Joko Widodo pada akhirnya memutuskan untuk tetap memberlakukan UN. Hal itu mengemuka sebagai hasil ratas yang kedua kalinya membahas topik tersebut, Senin, 19 Desember 2016.

"Presiden telah memutuskan hal yang berkaitan dengan ujian nasional. Ujian nasional tetap diadakan dijalankan dengan berbagai penyempurnaan perbaikan," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung seusai rapat terbatas di Kantor Presiden.

Oleh humas2 on December 19, 2016

Jakarta (19/12) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, mengadakan rakor tingkat menteri terbatas terkait dengan rencana moratorium ujian nasional. Hadir dalam rakor Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi, dan Menteri Agama Lukman Saifuddin. Rakor ini diadakan untuk mendengarkan paparan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelum siang ini pada pukul 14.00 dibahas bersama Presiden dalam rapat terbatas di Istana Presiden.

Oleh humas2 on December 15, 2016

Jakarta (14/12)—Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Sartono, didampingi Asisten Deputi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Masyarakat Kemenko PMK, Femmy Eka Putri, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Tindak Lanjut Pelaksanaan Bansos Non Tunai (PIPKIP) Tahun 2017 bertempat di Ruang Rapat lt. 4 gedung Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas2 on December 10, 2016

Semarang (10/12) --- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menghadiri acara promosi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Universitas Diponegoro Drs. Ahmad Basarah, M.H di Auditorium Imam Bardjo Universitas Diponegoro, Semarang.

Oleh humas2 on December 08, 2016

Jakarta (8/12) --- Presiden Joko Widodo pada Rabu, 7 Desember 2016, menggelar sidang kabinet paripurna di Kantor Kepresidenan Jakarta. Sejumlah permasalahan kebangsaan dibahas dalam sidang kali ini, salah satu di antaranya adalah yang berkaitan dengan pendidikn kejuruan atau vocational school dan vocational training.

Mengingat jumlah vocational school dan vocational training yang ada di Indonesia masih sangat terbatas, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya segera membuat kebijakan yang dapat mendorong swasta untuk berinvestasi di bidang pendidikan.

Oleh humas2 on December 06, 2016

Yogyakarta(06/12)— Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani, demikian ajaran yang dikenal dengan Patrap Triloka yang mempunyai makna 'yang dalam dan masih relevan dengan kehidupan masa sekarang maupun yang akan datang.' Tidak hanya itu, Ajaran Ki Hajar Dewantara yang lain yang kita kenal adalahTri Pusat Pendidikan yang meliputi:pendidikan oleh dan diperoleh dari keluarga, dari sekolah dan dari masyarakat.Ajaran ini memberikan pesan bahwa untuk menghasilkan generasi yang baik harus menjadi kepedulian dan tanggungjawab bersama secara gotong royong antara ke

Oleh humas2 on December 06, 2016

Yogyakarta(06/12)—Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, pagi ini akan melakukan kunjungan kerja ke kota Yogyakarta. Sesuai dengan agenda, Menko PMK akan tiba di Bandara Internasional Adi Sucipto, Yogyakarta, pada pukul 09.10 WIB. Sesampainya di bandara, Menko PMK disambut oleh Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Pardimin, Sekretaris Jendral Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, Saur Pandjaitan, Wakapolda Daerah Istimewa Jogyakarta, Teguh Sarwono serta Deputi Koordinasi Bidang Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK, Agus Sartono.

Oleh humas on December 01, 2016

Jakarta (1/12)—Asisten Deputi bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Masyarakat pada Kedeputian bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri, hari ini memimpin Rapat Koordinasi Teknis yang membahas masalah Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Implementasi Nilai-nilai Revolusi Mental yang diselenggarakan di Ruang Rapat lt. 4 Gedung Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on December 01, 2016

30/11) Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, memimpin Rakor yang membahas Penajaman Efektivitas Belanja Pendidikan dan Kesehatan di ruang rapat lt. 3 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Rapat dihadiri oleh Direktur Dana Perimbangan Kementerian Keuangan Kemenkeu, Direktur Pendidikan dan Agama Bappenas, Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes, Kasubdit Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri, Kasubdit Dirjen  Otonomi Daerah Kemendagri.

Oleh humas2 on November 29, 2016

Jakarta (29/11) —Untuk memperkuat dan mempercepat implementsi dari Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia,  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, pagi ini hadir dalam acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama lima menteri terkait.

Oleh humas2 on November 29, 2016

(29/11) --- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani hari ini mengadakan Rapat Koordinasi Terbatas dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy guna membahas rencana moratorium ujian nasional sebelum dibahas pada rapat terbatas besok, Rabu (30/11) dengan Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri terkait di Istana Negara.

Oleh humas2 on November 25, 2016

NARASI TUNGGAL

Jakarta – Guru bukan hanya sebuah pekerjaan yang dimaknai dengan tugas untuk mendidik anak-anak bangsa pada pendidikan formal saja. Guru adalah panggilan jiwa untuk membantu menyalakan pelita pengetahuan dan kebajikan di dalam diri setiap anak bangsa. Sebagai sebuah profesi yang menciptakan masa depan melalui karakter dan keterampilan generasi penerus bangsa, peran guru sangat strategis di dalam pembangunan nasional. 

Oleh humas2 on November 25, 2016

Jakarta (25/11) - Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan bahwa setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN) atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Berbagai kegiatan akan digelar untuk peringatan resmi harinya para pahlawan bangsa pembangun insan cendikia ini, mulai dari upacara bendera, simposium guru, hingga tasyakuran. Adapun pada peringatan tahun 2016 ini, HGN mengangkat thema “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya.”

Oleh humas2 on November 23, 2016

Jakarta (23/11) -- Deputi Koordinasi Bidang Pendidikan dan Agama,  Agus Sartono sore ini memimpin Forum Group Discussion (FGD) yang bertajuk "Higher and Vocational Education" usai dibuka oleh Menko PMK, Puan Maharani bersama Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, di Fairmont Hotel, Jakarta.

Oleh humas2 on November 23, 2016

Jakarta (23/11)---- Menko PMK, Puan Maharani, sepanjang siang hari ini menghadiri acara sekaligus jadi Pembicara Kunci pada dua seminar dalam rangka kunjungan kenegaraan PM Kerajaan Belanda, Mark Rutte. 

Oleh humas2 on November 18, 2016

Jakarta (17/11)—Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, mewakili Menko PMK bersama dengan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir, membuka Pameran Indonesia Innovations and Innovators Expo (I3E) 2016 di Grand Metropolitan Bekasi Jawa Barat.

Oleh humas2 on November 16, 2016

Bandung (16/11) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, pagi ini memberikan kuliah umum di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat. Dalam kuliah umum yang mengambil thema 'Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Revolusi Mental' itu, Menko PMK mengucapkan terima kasih atas inisiatif Pimpinan dan civitas akademika ITB yang berkomitmen dalam mewujudkan Revolusi Mental di lingkungan Kampus.

Oleh humas2 on November 16, 2016

Jakarta (16/11) -- Usai melakukan kunjungan Kerja ke Yogyakarta sehari yang lalu dalam peluncuran GERMAS, pagi ini Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dijadwalkan akan memberikan kuliah umum (Stadium Generale) di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat.

Bertempat di Aula Barat ITB dengan diikuti kurang lebih 300 orang yang terdiri dari jajaran rektorat dan Civitas Akademika ITB ini, Menko PMK direncanakan akan menyampaikan paparan mengenai "Peran perguruan tinggi dalam mewujudkan revolusi mental".

Oleh humas on November 10, 2016

Jakarta (10/11)--- Masih banyaknya kendala dalam upaya menciptakan sistem dan lembaga baik pendidikan maupun pelatihan vokasi, nyatanya belum diimbangi dengan kesiapan pendidikan dan pelatihan vokasi yang ada selama ini. Kendala tidak berhenti hanya pada masalah sarana dan prasarana tetapi juga sistem yang mumpuni untuk dapat mendukung terciptanya suatu lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi yang ideal. Agar tidak hanya mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dalam negeri, seiring mulai banyaknya investor tetapi juga mampu bersaing dan handal sesuai dinamika pasar kerja global.

Oleh humas2 on November 10, 2016

Jakarta (10/11)—Menindak lanjuti dari Rapat Tingkat Menteri yang sudah dilakukan tentang penyaluran bantuan sosial non tunai, Hari ini Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK, Agus Sartono  memimpin rapat di lt. 6 Kantor Kemenko PMK. Rapat yang dihadiri oleh perwakilan dari Kemendikbud, Kemensos, Kemenag, dan K/L terkait lainnya bertujuan untuk mendengarkan informasi tentang bansos dari K/L terkait dan menentukan langkah apa saja yang akan dilakukan pemerintah untuk penyaluran bansos non tunai.

Oleh humas on November 08, 2016

Jakarta (07/11) --- Menindaklanjuti arahan dan petunjuk Presiden pada rapat terbatas tanggal 13 September 2016 dan rapat tingkat menteri pada tanggal 30 Agustus 2016 tentang revitalisasi pendidikan Vokasi, Siang ini Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, memimpin rapat koordinasi di ruang rapat lantai 6 kemenko PMK.

Oleh humas2 on November 07, 2016

Jakarta, (7/11) ---- Semakin menipisnya cadangan bahan bakar minyak yang bersumber dari energi fosil mendorong manusia untuk menemukan sumber-sumber energi lain untuk kebutuhan transportasi.  GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) adalah motor bersumber listrik produk riset hasil kerjasama antara ITS dan PT. Garansindo Surabaya. Motor ini diciptakan untuk mendukung program “hilirisasi” hasil riset Perguruan Tinggi untuk dijadikan sebuah industri.

Oleh humas2 on November 03, 2016

Jakarta (03/11) - Menko PMK, Puan Maharani, dan rombongan pagi ini dijadwalkan memulai kunjungan kerja di Prov Lampung. Menko PMK dan rombongan akan bertolak pada pkl. 09.00 WIB melalui bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Dalam kunjungan kerjanya,  Menko PMK diagendakan memberikan Kuliah Umum dengan thema 'Peran Perguruan Tinggi Dalam Mewujudkan Revolusi Mental' di depan civitas akademika Universitas Lampung.

Oleh humas2 on November 01, 2016

Jakarta, (1/11) Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama mengadakan Rapat Koordinasi Penajaman Efektivitas Belanja Pendidikan yang bertujuan untuk memastikan anggaran pendidikan diterima manfaatnya oleh masyarakat luas. Rakor ini juga melibatkan Sekjen Kemendikbud, Sekjen Kemristekdikti, Sekjen Kemenag, Deputi Pembangunan Manusia Bappenas, Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, Staf Ahli bidang Kependudukan, dan Staf Khusus Menteri Kemenko PMK.

Pages

Subscribe to RSS - Pendidikan