Oleh humas2 on December 30, 2016

Jakarta (30/12)---Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), pagi ini menggelar acara penyerahan apresiasi sayembara tematik revolusi mental. Bertempat di Ruang Rapat Utama lt. 7 Kemenko PMK, acara ini dihadiri oleh Sekretaris Kemenko PMK, Ketua Pokja revolusi mental, Para Deputi, Staf Khusus, Staf Ahli, Para Juri Sayembara,  Para Pemenang Sayembara, dan Para Pegawai di lingkungan Kemenko PMK.

Acara ini diawali dengan penyampaian laporan panitia sayembara oleh Asisten Deputi Nilai dan Kreatifitas Budaya Kemenko PMK, Iwan Eka Setiawan.Iwan mengatakan maksud dari kegiatan sayembara adalah untuk menjaring partisipasi aktif masyarakat pada program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) melalui penyelenggaraan sayembara komik, video instagram, konsep game dan konsep aplikasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan dan memperbanyak koleksi media sosialisasi yang terkait dengan GNRM dan untuk mempermudah pemahaman masyarakat akan inti GNRM yakni keberanian melakukan perubahan dari sesuatu yang buruk menjadi lebih baik melalui berbagai media sehingga pemaknaan terhadap nilai-nilai GNRM menjadi lebih mudah. Melalui kegiatan ini juga diharapkan mampu memicu kepedulian dari masyarakat tentang GNRM sehingga pada gilirannya terwujud partisipasi aktif masyarakat yang diharapkan menajdi teladan dan pelopor perubahan untuk kemajuan.

Arif Budimanta selaku Ketua Pokja Revmen, dalam sambutannya berharap bahwa apa yang dihasilkan dari pemenang sayembara dapat menjadi viral karyanya. “Melihat fenomena yang ada saat ini, mudah-mudahan karya yang telah dihasilkan dapat menjadi viral baik di kancah nasional maupun Internasional."

Sayembara tematik Revolusi Mental yang diadakan oleh Kemenko PMK  terbagi dari tiga tema yaitu, Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, dan Indonesia Tertib. Adapun kriterianya adalah karya yang diikutsertakan dalam lomba merupakan karya asli dan belum pernah menerima penghargaan apapun sebelumnya. Kategori pemenang diambil dari Juara I dengan total hadiah Rp8.000.000, Juara ll dengan total hadiah Rp6.000.000, Juara lll dengan total hadiah Rp4.000.000, dan Juara lV dengan total hadiah Rp2.000.000. Sayembara ini dilaunching pada bulan Oktober sampai dengan Desember mulai dilakukan penjurian. Lomba ini juga dapat diikuti oleh seluruh peserta di Indonesia.

Sekretaris Kemenko PMK,  Y. B. Satya Sananugraha, mewakili Menko PMK untuk memberikan sambutan pada ini. Sesmenko PMK, pada awal sambutannya mengucapkan selamat pada para pemenang sayembara, serta memberikan apresiasi kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan ini. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sesmenko, Menko PMK mengatakan, ia memberikan  apresiasi yang tinggi karena melalui karya-karya masing-masing lomba ini dapat memberikan dampak Revolusi Mental agar masyarakat tergugah, terlibat dan paham mengenai Revolusi Mental, selain itu masyarakat menyadari dan dapat melakukan  inisiatif dengan aksi nyata secara lebih masif. Gerakan bersama ini tentunya membutuhkan sosialisasi agar dipahami secara luas oleh seluruh lapisan masyarakat dalam upaya perubahan cepat dari paradigma dan perilaku kita semua. Untuk itu, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menjaring partisipasi masyarakat melalui sayembara komik, video instagram, konsep game dan konsep aplikasi.

Proses penjurian dilakukan pada bulan Desember ini dan diketahui telah terdaftar 54 peserta video instagram dengan Tema Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih dan Gerakan Indonesia Tertib berdurasi satu menit; Sayembara Komik Strip Bertemakan sama dengan Video Instagram dengan karya yang dibuat pada satu lembar kertas berukuran A4 berwarna atau hitam putih ini Telah terdaftar melalui web sebanyak 51 karya; Lomba konsep game revolusi mental diwujudkan dalam konsep permainan interaktif, edukatif yang menarik, menghibur serta dapat dimainkan oleh berbagai kalangan umur. Telah terdaftar melalui web sebanyak tujuh peserta; dan Sayembara konsep aplikasi revolusi mental diwujudkan dalam rangka menjaring konsep aplikasi yang memberikan kemampuan komunikasi langsung antara pemerintah dengan masyarakat dalam rangka pelayanan publik dan sarana pengaduan yang interaktif. Telah terdaftar melalui web sebanyak tujuh peserta.

Adapun pemenang Sayembara berdasarkan Dewan Juri Sayembara Video Instagram yakni: Eko Harsoselanto (Bidang konten kreatif di Media Sosial), Hafiz Ranjacale (Bidang Kurator), Paulus Wirutomo (Bidang konten GNRM), Daisy Indira Yasmine (Bidang program GNRM).

Pemenang:

Juara l - @tiyakya (Isma'iyah Sholichati – Jombang, Jawa Timur) dengan Tema Indonesia Tertib. Judul : Ketahuilah rambu-rambu lalu lintas.

Juara 2 - @yuz_war (Muhammad Yuswar Malik – Batam, Kepri) dengan Tema Gerakan Indonesia Bersih. Judul : Karena kebiasaan baik itu menular.

Juara 3 - dibyo_s (Sudibyo Saputro – Ponorogo, Jawa Timur)  dengan Tema Indonesia Tertib. Judul : Mari lakukan GERAKAN INDONESIA TERTIB BERLALU LINTAS untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik.

Juara Favorit - @mirandayuka (MIRYUK – Pasuruan, Jawa Timur) Judul : Memang semua berawal dari kebiasaan. Kebiasaan yang baik membawa pengaruh yang baik juga. Semua kita mulai dari diri sendiri, demi Indonesia yang lebih baik.

Pemenang Sayembara Komik Strip berdasarkan Dewan Juri Eko Harsoselanto (Bidang konten kreatif di Media Sosial), Hafiz Ranjacale (Bidang Kurator), Reza Mustar (Bidang Ilustrasi dan teknis komik), Paulus Wirutomo (Bidang konten GNRM), Daisy Indira Yasmine (Bidang program GNRM).

Pemenang:

Juara 1 - Rabendra Yudistira Alamin - Surabaya dengan Tema Gerakan Indonesia Melayani. Judul  : Suatu Ketika di Masa Lalu.

Juara 2 - Armen Hamonangan - Tangerang dengan Tema Gerakan Indonesia Tertib. Judul : Abang Ojek bang Jek.

Juara 3 – Supriyanto - Tangerang dengan Tema Gerakan Indonesia Bersih. Judul: 180 Derajat Indonesia Bersih.

Favorit - Yan Baptista Teguh Patrianto - Bekasi dengan Tema Gerakan Indonesia Tertib. Judul : Sabar.. sabar juga Revolusi Mental.

Pemenang Sayembara Konsep Game berdasarkan Dewan Juri Vincentius Hening W. Ismawan (Bidang teknis pembuatan game), Avinanta Tarigan (Bidang teknis pembuatan game), Eko Nugroho (Bidang Desain pembuatan game).

Juara 1 – Arie Setiawan dari Salatiga, Jawa Tengah dengan tema Gerakan Indonesia Tertib. Judul : Menara Malu Shame Tower.

Juara 2 - Rifqi Maharsi dari Bandung, Jawa Barat dengan tema Gerakan Indonesia Bersih. Judul : Game Punah.

Juara 3 - Adi Nugroho Tjandrasaputra dari Semarang, Jawa Tengah dengan tema Gerakan Indonesia Tertib. Judul : Menanamkan Integritas lewat Game Kantin Kejujuran.

Favorit - Lazuardi Yaqub Affan dari Gubeng, Jawa Timur dengan tema Gerakan Indonesia Bersih. Judul : Hemat Air Yuk.

Pemenang sayembara kategori terakhir pada lomba konsep aplikasi berdasarkan dewan juri yang sama dengan sayembara konsep Games adalah:

Juara 1 - Dwi Yoga Wahyu Hadi Nugroho dari Bogor, Jawa Barat dengan tema Gerakan Indonesia Melayani. Judul :  urusijin.co.id

Juara 2 - Syahrul Mauluddin dari Bandung, Jawa Barat dengan tema Gerakan Indonesia Bersih. Judul : Aplikasi iGaTah3.

Juara 3 - Yugnan Adi Sasongko dari Bandung, Jawa Barat dengan tema Gerakan Indonesia Bersih.  Judul : Toilet Bersih Indonesia.

Favorit - Maman Nasrullah dari Serang, Banten dengan tema Gerakan Indonesia Bersih. Judul : sampahpedia. (fin)

Categories: