Perempuan dan Anak

Oleh humas on January 22, 2020

Jakarta (22/1) -- Kementeriaan Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam hal ini Kedeputian Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK menerima kunjungan 100 orang mahasiswa dan mahasiswi serta 2 orang dosen pendamping dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Oleh humas on January 17, 2020

Jakarta (17/1) -- Sebagai negara demokrasi, bangsa Indonesia tidak lepas dari hiruk pikuk kehidupan politik. Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam dunia politik. Namun sayangnya, aktivitas kehidupan politik di Indonesia masih didominasi oleh laki-laki. Representasi perempuan sampai saat ini masih terbatas persentasenya dalam politik Indonesia.

Oleh humas on January 14, 2020

Jakarta (14/01) - Kasus kekerasan terhadap anak di Indonesia masih mengkhawatirkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kasus kekerasan terhadap anak naik signifikan dari 1.975 pada tahun 2015 menjadi 6.820 pada 2016. Presiden Joko Widodo sangat menggarisbawahi adanya tren peningkatan kasus kekerasan terhadap anak yang dilaporkan.

Oleh humas on January 10, 2020

Jakarta (10/1) -- Kasus kekerasan terhadap anak di Indonesia masih mengkhawatirkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, kasus kekerasan terhadap anak naik signifikan dari 1.975 pada tahun 2015 menjadi 6.820 pada 2016.

Oleh humas on December 26, 2019

Jakarta (26/12)--- Kedeputian bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK, pada 10-12 Desember 2019 lalu melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terpadu pelaksanaan program perlindungan perempuan dan anak di kota Batam.  Kota Batam dipilih menjadi lokasi kegiatan Monev terpadu ini mengingat maraknya tindak TPPO, KDRT dan kekerasan terhadap anak akibat dari dampak negative pembangunan industri di wilayah ini
 

Oleh humas on December 23, 2019

Semarang (22/12) -- Pemerintah Pusat menggelar acara Puncak Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 di Semarang, Jawa Tengah. Acara dihadiri Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin, Istri Wakil Presiden RI. Turut serta beberapa menteri kabinet kerja, termasuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Muhadjir mengungkapkan bahwa Hari Ibu lahir dari sebuah pergerakan perempuan bangsa Indonesia. Pada masa memperjuangkan kemerdekaan, perempuan turut berperan dan memantapkan kedudukannya di dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh humas on December 22, 2019

Jakarta (18/12) - Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra menyampaikan keynote speech pada Women Take Over: Leading in a Day yang diselenggarakan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) di Hotel The Dharmawangsa pada Rabu malam, 18 Desember.

Oleh humas on December 21, 2019

Bandung (21/12)--- Memajukan dan membangun manusia tentu tidak terlepas dari peran budaya dan akan selalu inheren dengan seluruh aspek kehidupan manusia. Terdapat tiga aspek penting nilai budaya yang mengarahkan manusia menjadi sosok yang berbudi luhur, unggul dalam pemikiran, serta mampu memelihara arti kemanusiaannya yaitu logika, etika, dan estetika. 

Oleh humas on December 18, 2019

Jakarta (5/12): Bupati Kutai Kertanegara, Edy Darmansyah, menegaskan komitmennya untuk melaksanakan pembangunan di Kabupaten Kutai Kertanegara yang responsif gender. Hal yang sama ditegaskan oleh Wakil Walikota Samarinda, Muhammad Barkati, dalam pertemuan dengan Asisten Deputi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Perempuan, Roos Diana Iskandar, di Samarinda, 3-4 Desember 2019. Komitmen ini ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama, yang sebelumnya telah ditandatangani oleh para Kepala Daerah lainnya se-Provinsi Kalimantan Timur.

Oleh humas on December 18, 2019

Jakarta (17/12) - Radio Republik Indonesia menyelenggarakan “Diplomatic Forum: Strengthening Women’s Participation in Development” pada Selasa, 17 Desember 2019 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Dalam sambutan pembukaannya Kepala Stasiun Siaran Luar Negeri LPP RRI Agung Soesatyo menyampaikan kegiatan sebagai peringatan Hari Ibu tahun 2019. Negara akan maju jika berhasil mengelola potensi perempuan. Indonesia harus memanfaatkan bonus demografi pada 2020-2030, kata Agung.

Oleh humas on December 16, 2019

Tangerang Selatan (16/12) – Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra menyampaikan pidato kunci pada Peringatan Hari Ibu Ke-91 Kota Tangerang Selatan.

Dalam pidatonya, Ghafur mengajak seluruh elemen di Kota Tangerang Selatan untuk saling berkolaborasi wujudkan perlindungan dan pemenuhan hak perempuan dan anak. Menurut Ghafur, pemenuhan delapan fungsi keluarga merupakan upaya mewujudkan hal itu. 

Oleh humas on December 14, 2019

Jakarta (13/12) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat koordinasi lanjutan (ke-3) penyusunan Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (RAN PTPPO) tahun 2020-2024 di Hotel Oria, Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra menjelaskan bahwa tujuan RAN adalah untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama dalam upaya pencegahan TPPO serta penanganan korban dan penindakan terhadap pelak TPPO.

Oleh humas on December 12, 2019

Jakarta (12/12) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) diwakili Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ghafur Dharmaputra hadir sekaligus memberikan keynote speech dalam acara Summit on Girls 2019 yang diselenggarakan Plan Indonesia di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (10/12).
 

Oleh humas on December 11, 2019

Indramayu (11/12) – Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan, Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK, Wagiran meninjau perkembangan tata kelola layanan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Kabupaten Indramayu.

Oleh humas on December 10, 2019

Jakarta (10/12) – Rencana pemerintah melakukan revitalisasi program bimbingan pranikah salah satunya adalah untuk mencegah lahirnya keluarga miskin baru. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah keluarga di Indonesia per-Maret 2019 sebanyak 47.116.000 dengan jumlah keluarga berstatus sangat miskin dan miskin mencapai 9,4% atau sekitar 9.600.000, pun jika ditambah dengan keluarga hampir miskin menjadi 16,82% atau sekitar 14 juta keluarga.
 

Oleh humas on December 06, 2019

Jakarta (6/12) -- Kemenko PMK jumat ini menggelar rakornis  terkait dengan evaluasi Program Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak (GN-AKSA) 2019 dan pemantapan Program Kegiatan GN-AKSA 2020. Rapat dipimpin oleh Ghafur Dharmaputra Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK.

Oleh humas on December 03, 2019

Jakarta (29/11) – Menindaklanjuti rakor pembahasan Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (RAN PPTPPO) yang diselenggarakan pada 4 November 2019, Kemenko PMK, Jumat pagi, menggelar rakor lanjutannya.

Oleh humas on December 02, 2019

Jakarta (28/11) -- Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK, Ghafur Dharmaputra, didampingi oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan, Wagiran, memimpin Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Perkembangan Pembangunan LTSA di Kemenko PMK, Rabu kemarin (27/11). Rapat koordinasi ini membahas permasalahan yang dihadapi K/L terkait pembangunan LTSA dan perkembangannya. Selain itu, dibahas pula rencana pembentukkan TIM Kecil untuk merumuskan alternatif solusi bagi pembangunan LTSA yang efektif.

Oleh humas on November 29, 2019

Jakarta (15/11) -- Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama kementerian/lembaga terkait mengadakan rapat lanjutan membahas tentang Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya memastikan agar isi RUU PKS benar-benar dapat memberikan keadilan bagi korban kekerasan seksual.

Oleh humas on November 26, 2019

Jakarta (26/11) – Masih tingginya angka penahanan dan pemenjaraan terhadap Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Indonesia merupakan salah satu permasalahan dalam UU  Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). Kedepan, diharapkan penerapan hukum terhadap ABH tetap memperhatikan kepentingan anak serta tidak mengutamakan penahanan. Demikian salah satu harapan banyak pihak dalam Forum Diskusi Nasional (FDN) Sistem Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Anak (KTA) ; “Refleksi 5 Tahun Implementasi UU Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA).”

Oleh humas on November 25, 2019

Kerinci (25/11)--- Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan, Kemenko PMK, Wagiran, Senin pagi  menghadiri Rapat Teknis Persiapan Pembangunan LTSA di Kab. Kerinci. LTSA (Layanan Terpadu Satu Atap) sebelumnya diketahui merupakan amanat pasal 38 UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI). Dalam kesempatan ini, Wagiran mengatakan, "Pembangunan LTSA di Kab. Kerinci harus diupayakan dapat berjalan, agar calon PMI dapat bekerja secara legal dan mempunyai kompetensi, serta terhindar dari permasalahan.

Oleh humas on November 25, 2019

Jakarta (25/11) – Kemenko PMK mengadakan evaluasi program Gerakan Sosial Indonesia Bebas Anak Jalanan. Termasuk mengkoordinasikan strategi pencegahan dan penanganan anak jalanan dan anak terlantar tahun 2020-2024. Kegiatan itu berlangsung dalam rakor dan sinkronisasi memperkuat peran keluarga dalam pencegahan dan penanganan anak jalanan dan anak terlantar yang berlangsung senin pagi di sebuah hotel di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. 

Oleh humas on November 22, 2019

Jakarta (22/11) -- Keluarga merupakan pondasi penting dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Keluarga yang kokoh, tangguh, dan berketahanan akan berdampak terhadap ketahanan nasional.

Deputi Bidang Koordinasi Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ghafur Dharmaputra mengatakan salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan bimbingan pranikah bagi calon pengantin (catin).

Oleh humas on November 22, 2019

Palu, Sulteng (21/11)--- Masih dalam rangka upaya mewujudkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan peran perempuan melalui Kementerian dan Lembaga dalam hal pemenuhan hak perempuan, termasuk di dalamnya mengawal selalu terpenuhinya kuota minimal 30 persen keterwakilan perempuan di parlemen, Kemenko PMK menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang diikuti oleh segenap jajaran pimpinan daerah se-Sulawesi Tengah di Kota Palu, Sulteng, Kamis pagi.

Oleh humas on November 19, 2019

Jakarta (19/11) – Terkait rencana peningkatan kualitas bimbingan pranikah, Menko PMK Muhadjir Effendy, selasa siang menerima tim penyusun modul bimbingan perkawinan untuk calon pengantin Kementerian Agama. Tim yang dipimpin Alissa Wahid ini sangat mendukung wacana Menko PMK untuk memberikan bimbingan pranikah kepada calon pengantin. 

Pages

Subscribe to RSS - Perempuan dan Anak