Perlindungan Sosial dan Kemiskinan

Oleh humas on November 09, 2019

Jakarta (08/11)—- Untuk membangun sinergi dan kolaborasi dengan K/L dan stakeholders lainnya dalam Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia; memperkuat komitmen daerah dalam mendukung peningkatan kesejahteraan lanjut usia; dan mendorong pelaksanaan kebijakan yang saling mendukung/ saling menguatkan secara sistematis, strategis, sinergis, dan berkelanjutan guna mengatasi tantangan yang multikompleks secara bijak untuk mewadahi semua kepentingan, Kemenko PMK melalui Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, melakukan Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian (KSP) terjun langsung ke

Oleh humas on November 08, 2019

Malang (8/11) -- Menko PMK Muhadjir Effendy Jumat sore menyambangi sejumlah rumah sakit di Kota Malang, Jawa Timur. Pada kesempatan itu, Menko Muhadjir mengatakan, pemerintah akan terus mengupayakan peserta BPJS Kesehatan mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik.

Oleh humas on November 08, 2019

Malang (8/11) -- Kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ke Malang, Jawa Timur, diikuti oleh lebih dari 30 jurnalis media cetak dan elektronik, lokal hingga nasional. Seluruh pejabat eselon 1, mulai Sekretaris Menko PMK (Sesmenko PMK), jajaran para deputi, dan juga staf ahli turut menjamu sekaligus membuka forum dialog bersama para awak media.

Oleh humas on October 31, 2019

Jakarta (31/10) --- Mewakili Asisten Deputi Jaminan Sosial Kemenko PMK, Togap Simangunsong, Kepala Bidang Asistensi Sosial Kemenko PMK, Arif Suprapto, kamis siang, membuka rapat evaluasi triwulan III jaminan sosial tenaga kerja tahun 2019, diruang rapat lantai 10, Kemenko PMK, Jakarta.  

Oleh humas on October 31, 2019

Jakarta (31/10)--- Menko PMK, Muhadjir Effendy pada Kamis pagi melakukan konsolidasi terhadap kementerian dan lembaga negara yang berada di bawah koordinasi Kemenko PMK. Konsolidasi yang bertujuan untuk percepatan pencapaian visi dan misi presiden serta target dan sasaran indikator pembangunan manusia dan kebudayaan dalam RPJMN 2020 – 2024 ini berlangsung di Aula Heritage Kemenko PMK, Jakarta dan dihadiri oleh para menteri dan pimpinan dari K/L di bawah koordinasi Kemenko PMK, jajaran sesmen dan sestama, jajaran eselon I, dan para awak media.

Oleh humas on October 29, 2019

Jakarta (29/10) -- Asisten Deputi Pemberdayaan Disabiltas dan Lansia, Kemenko PMK, Ade Rustama, Selasa siang memimpin rapat koordinasi terkait pembentukan Pokja Penyandang Disabilitas Mental. Rapat yang berlangsung di ruang rapat lantai 11 ini dihadiri oleh perwakilan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Tenaga Kerja, Bappenas, KemenPPPA, dan stakeholder terkait lainnya. 

Oleh humas on October 29, 2019

Jakarta (29/10) -- Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia Kemenko PMK, Ade Rustama, Selasa pagi tadi memimpin rapat koordinasi terkait persiapan Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019. Rapat yang berlangsung di Ruang Taskin tersebut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Sosial, Kementerian Pemuda dan Olaharga, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Tenaga Kerja, Kemenkes, Kemendagri, Kemendes PDTT dan stakeholder terkait lainnya. 

Oleh humas on October 24, 2019

Jakarta (24/10) -- Asisten Deputi (Asdep) Bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia Kemenko PMK, Ade Rustama, memimpin rapat koordinasi terkait Capaian Pelaksanaan Program Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia kurun waktu Januari - September 2019 Kementerian/Lembaga terkait. Rapat dilaksanakan di Hotel Luminor, Pecenongan, Jakarta, Kamis pagi (24/10).

Oleh humas on October 08, 2019

Jakarta (08/10) - Mewakili Deputi Koordinasi Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Pagi ini, Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia, Ade Rustama, membuka sekaligus memberikan arahan dalam acara lokakarya memperingati hari lanjut usia internasional "The Journey of Age Quality" Di Ruang Heritage, Kemenko PMK, Jakarta. 

Dalam arahannya, Ade menjelaskan bahwa tema the journey of Age quality sejalan dengan visi pemerintah dalam strategi kelanjutusiaan untuk mewujudkan lanjut usia yang sejahtera dan bermartabat. 

Oleh humas on October 07, 2019

Jakarta (7/10) -- Plt Menko PMK, Darmin Nasution melakukan rapat internal bersama Pejabat Eselon I Kemenko PMK membahas perkembangan program bantuan sosial dan juga rencana penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Papernas) 2020.

Oleh humas on September 30, 2019

Jakarta (30/09)— Beberapa isu krusial yang seharusnya diatur dalam strategi nasional lanjut usia adalah upaya perlindungan lansia secara optimal dan di antaranya masuk dalam ranah perlidungan sosial (social protection) menyeluruh kepada kelompok rentan dalam hal ini termasuk kelompok lanjut usia. Perlindungan terhadap lansia mencakup pula perlindungan di ranah hukum. Sementara itu, Pemerintah melalui Bappenas telah menyusun Strategi Nasional Kelanjutusiaan dalam rangka peningkatan kesejahteraan lanjut usia.

Oleh humas on September 30, 2019

Jakarta (30/9) --  Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat koordinasi dalam rangka percepatan penanganan pascabencana banjir bandang Sentani di Hotel Ibis Style, Jakarta.

Oleh humas on September 27, 2019

Banyuwangi, Jatim (27/09)— Upaya penanggulangan kemiskinan saat ini sudah menunjukkan keberhasilan dengan menurunnya angka kemiskinan, meskipun memang kemudian perlu pendekatan komplementalitas dengan mempergunakan data terpadu. Program Pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan di tahun depan akan lebih menantang seiring perubahan situasi dan kondisi, maka kemudian diperlukan evaluasi dari program ini dan dapat dilanjutkan dengan sejumlah upaya inovatif. 

Oleh humas on September 23, 2019

Jakarta (23/09)--- Jelang berakhirnya tahun 2019, layanan dasar terutama yang menyasar Kaum Lansia dan Penyandang Disabilitas tergolong miskin serta terlantar dipastikan tetap berjalan dengan baik. Karena yang masih belum optimal dilaksanakan di tahun ini tentu akan lebih disempurnakan di tahun 2020 mendatang. “Kami lakukan rapat ini untuk KSP (Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengendalian ---red). Kalau ada masalah, mari kita cari solusi bersama.

Oleh humas on September 18, 2019

Jakarta (18/09)--- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb. Achmad Choesni,  didampingi oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Ade Rustama, pagi ini membuka rakor pelaksanaan kebijakan dan program vokasi bagi penyandang disabilitas, di Jakarta. Rakor ini bertujuan untuk mengkoordinasi, sinkronisasi serta pengendalian kebijakan dan program vokasi lintas sektor dan penguatan literasi untuk kesejahteraan bagi penyandang disabilitas.

Oleh humas on September 11, 2019

Jakarta (11/09)--- Penyandang disabilitas memiliki hak dan potensi untuk berkontribusi dalam pembangunan, berpartisipasi penuh dan efektif berdasarkan persamaan hak. Situasi pasar kerja dan masyarakat masih belum memperhatikan penyandang disabilitas pada posisi setara, sama haknya untuk hidup dan berusaha.

Oleh humas on September 03, 2019

Jakarta (3/9) -- Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI melanjutkan pembahasan RDP Gabungan dengan Komisi IX dan XI pada 27 Agustus 2019 mengenai rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan di Ruang Rapat Komisi XI, Gedung Nusantara 1, Komplek DPR/MPR RI, Jakarta, Senin (2/9).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Soepriyatno. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pada kesempatan tersebut diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Agus Suprapto.

Oleh humas on September 02, 2019

Jakarta (2/9) -- Asisten Deputi (Asdep) Bidang Kompensasi Sosial Kemenko PMK, Herbin Manihuruk memimpin rapat koordinasi teknis persiapan perluasan BPNT September 2019. Rapat dilaksanakan di Hotel Luminor, Pecenongan Jakarta dan dihadiri perwakilan dari Kemensos, Kemen PPN/Bappenas, Kemenkominfo, Kemendagri, KSP, BI, OJK, TNP2K, serta anggota Himbara.

Oleh humas on August 27, 2019

Jakarta (27/8) -- Mewakili Menko PMK, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Agus Supapto dan Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb. A. Choesni mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) Gabung Komisi IX dan XI terkait dengan tindak lanjut hasil audit dengan Tujuan Tertentu BPKP terhadap BPJS Kesehatan dan Penyampaian Peta Jalan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2019-2024. Rapat dibuka oleh  Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IX Dewi Asmara.

Oleh humas on August 23, 2019

Jakarta (23/8) -- Seiring dengan peningkatan kondisi ekonomi, indikator sosial masyakat semakin membaik. Tercermin dari menurunnya tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, dan rasio gini sejak 2015 serta kemajuan dalam bidang pembangunan manusia.

Pemerintah melalui koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus berupaya meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial, khususnya penduduk miskin, melalui berbagai bantuan sosial (bansos).

Oleh humas on August 21, 2019

Jakarta (20/08)--- Salah satu bentuk kerjasama Pemerintah dengan menggandeng usaha dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi bagi para Penyandang Disabilitas akan dapat terwujud dalam waktu tidak lama lagi. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo pula dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional pada Desember 2018 lalu di Kota Bekasi, Jawa Barat, bahwa Pemerintah melalui kementerian terkait akan mendirikan semacam pusat pelatihan kerja (workshop) untuk Penyandang Disabilitas. 

Oleh humas on August 15, 2019

Jakarta (15/8) === Kemenko PMK mengadakan rakor yang membahas tentang tindak lanjut pemenuhan perencanaan layanan alat bantu bagi penyandang disabilitas di salah satu hotel kawasan Tanah Abang.  Rakor dipimpinan langsung oleh Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia, Ade Rustama. 

Oleh humas on August 08, 2019

Jakarta (7/8) -- Pemerintah menilai besaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan perlu dilakukan penyesuaian untuk menjamin sustainabilitas pelayanan kesehatan.

Deputi Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK Tb. A.  Choesni menekankan bahwa penyesuaian iuran JKN salah satunya harus mempertimbangkan nilai keekonomian.

Oleh humas on August 03, 2019

Sentul, Bogor (03/08)--- Hasil pertemuan terakhir terkait Penilaian Mandiri Pelaksanaan Zona Integritas (PMPZI) memutuskan bahwa Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, (Kedeputian II) menjadi salah satu unit kerja yang diusulkan sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Hasil evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial yang dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2019 akan dilanjutkan dengan evaluasi secara khusus terkait dengan Zona Integritas.

Oleh humas on August 01, 2019

Jakarta (01/08)--- Profesi Masseur khususnya dengan latar belakang disabilitas netra, ke depan akan diupayakan memiliki lisensi tersendiri dengan bekal sertifikat kerja yang tidak hanya akan memperkuat profesi ini secara regulasi tetapi juga demi eksistensi serta kesejahteraan mereka agar lebih meningkat. Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) diketahui tengah berjuang menjadikan para masseur disabilitas netra menuju tenaga kerja penyehat menjadi tenaga kerja resmi sekaligus berizin.

Pages

Subscribe to RSS - Perlindungan Sosial dan Kemiskinan