Perlindungan Sosial dan Kemiskinan

Oleh humas2 on May 12, 2017

Jakarta (12/03)--- Dengan waktu pelaksanaan yang semakin dekat, gelaran Ekspedisi NKRI dan Bhakti PMK 2017 hari ini masih terus mensinkronkan berbagai potensi dukungan K/L dengan kebutuhan masyarakat di lokasi tukuan Ekspedisi NKRI dan Bhakti PMK dan menyimak langsung apa saja bentuk kesiapan dukungan K/L termasuk jenis bantuan, lokasi, dan waktu pelaksanaan.

Oleh humas2 on May 10, 2017

Yogyakarta (09/05)--- Asisten Deputi Penanganan Kemiskinan, Suarmansyah, membuka dan memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Kemiskinan “Sinergi Kebijakan Penanganan Rumah Tidak Layak Huni Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Prov.D.I. Yogyakarta” di Hotel Inna Garuda Jogjakarta, Senin pagi. Rakor menghadirkan narasumber dari Bappeda Prov. D.I. Yogyakarta, Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perdesaan Kemensos, Direktorat Perumahan Swadaya dan Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Oleh humas2 on May 09, 2017

Semarang (09/05) - Dalam Sosialisasi Regional Kebijakan Program Subsidi Rastra dan BPNT Tahun 2017 untuk Wilayah Indonesia Tengah, Kadiv Penyaluran Perum Bulog, Basirun mengingatkan agar distribusi Rastra harus dipercepat mengingat sesaat lagi Ramadhan dan Idul Fitri. Basirun yang menjadi narasumber dalam Sosialisasi Regional Kebijakan Program Subsidi Rastra dan BPNT Tahun 2017 Wilayah Indonesia Tengah menerangkan, hingga tanggal 4 Mei 2017 penyerapan subsidi Rastra/BPNT baru sekitar 11-12 persen saja.

Oleh humas2 on May 08, 2017

Jakarta (8/05) – Pemerintah menetapkan distribusi Rastra-BPNT tetap  mengutamakan kepentingan rakyat. Pemberian Rastra/BPNT agar dapat menjamin daya beli masyarakat tidak mampu, tetap terjaga. Perubahan pola penyaluran bantuan dari Rastra menjadi kombinasi diharapkan tetap memperhatikan kepentingan daya beli masyarakat miskin.

Oleh humas on May 05, 2017

Pontianak (05/05)--- Indonesia masuk lima besar Negara denganjumlah lansia terbanyak di dunia. Jumlah lansia di Indonesia berdasarkan Susenas 2015 berjumlah  21.500.193 jiwa tau 8,43% dari total penduduk. Usia Harapan Hidup Sehat Lansia di Indonesia setiap tahun semakin meningkat. Jika pada tahun 2010 , UHH 67,4 tahun maka pada tahun 2020 diperkirakan meningkat menjadi 71, 1 tahun. Peningkatan UHH biasanya diikuti oleh meningkatnya jumlah angka kesakitan akibat penyakit degeneratif.

Oleh humas2 on May 04, 2017

Jakarta (04/05) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani memipin rapat koordinasi terbatas (rakortas) tentang konsep distribusi beras sejahtera (rastra) di ruang rapat lantai 1 Kemenko PMK. Hadir dalam rakortas tersebut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Direktiur Utama Perusahaan Umum Bulog Djarot Kusumayakti. Hadir pula dalam rakortas ini, Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK Tb. A.

Oleh humas2 on April 28, 2017

Jakarta (28/04) -- Deputi Bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Tb A Choesni menerima kunjungan Michael Schmidt dari Kementerian Tenaga Kerja dan Perlindungan Sosial Republik Federal Jerman (Bundesministerium für Arbeit und Soziales) yang ditemani Sergio Grassi Country Director Friedrich Ebert Stiftung (FES) Indonesia.

Oleh humas2 on April 26, 2017

Jakarta (26/04)-- Deputi Koordinasi Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Tb. A. Choesni, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tentang tindak lanjut rapat tingkat menteri pengendalian defisit keuangan BPJS  di ruang rapat lt.6 Kemenko PMK, Jakarta. Menurut Choesni,  rakor ini di fokuskan pada integrasi antara peran pemerintah pusat dengan daerah. Pemerintah daerah juga dinilai wajib untuk menyiapkan standar pelayanan minimum (SPM) kesehatan  terhadap masyarakat karena urusan kesehatan menjadi urusan bersama.

Oleh humas2 on April 25, 2017

Jakarta (25/04)--- Dua tahun sudah Undang-undang No.8/2014 tentang Penyandang Disabilitas disahkan. Namun nyatanya, belum semua pemegang kepentingan dan semua sektor pemerintahan memahami substansi dari Undang-undang itu. Maka kemudian dibutuhkan upaya untuk memudahkan pemahaman semua pihak dalam melaksanakan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas sebagaimana diamanahkan dalam UU No.8/2016, di samping memang penyusunan peraturan pelaksana, perencanaan dan penganggaran untuk mengakomodasi kebutuhan implementasi UU No.

Oleh humas2 on April 18, 2017

Jakarta (18/04) – Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad  Choesni, memberikan sambutan sekaligus membuka acara Seminar Dalam Rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2017.

Oleh humas2 on April 18, 2017

Surabaya (18/04)- Asisten Deputi (Asdep) Kompensasi Sosial Kemenko PMK, G. Fajar Suryono memberikan materi pada Kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Sosial Bantuan Pangan Non  Tunai (BPNT) yang di selengarakan oleh Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perkotaan, Kemensos di Surabaya, Selasa (18/04).

Oleh humas2 on April 13, 2017

Cirebon, (13/04) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani hari ini mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo di Cirebon, Jawa Barat.

Oleh humas2 on April 11, 2017

Jakarta (11/04) – Program Rastra dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang sangat strategis. Pada tahun 2017 penyaluran Rastra dan BPNT dilaksanakan mulai akhir Februari 2017 dan penyaluran dirapel 2 bulan (Januari dan Februari).

Oleh humas2 on April 04, 2017

Sidoarjo (04/04)--- Asisten Deputi bidang Kompensasi Sosial pada Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, G Fajar Suryono, pagi tadi menjadi salah satu Nara Sumber dalam Rakor Launching Dan Sosialisasi Program Subsidi Rastra Dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Oleh humas2 on April 03, 2017

Jakarta (03/04)--- Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Tb. A Choesni, pagi ini membuka dan memimpin rakor tingkat eselon I terkait rapat tingkat menteri pengendalian defisit keuangan BPJS Kesehatan di ruang rapat lt. 4 gedung Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas2 on March 30, 2017

Surabaya (29/03)--- Asisten Deputi bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia pada Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Ade Rustama, pagi tadi membuka rapat koordinasi terkait sosialisasi program dan kebijakan pemberdayaan bagi penyandang disabilitas dan lansia untuk peningkatan akses lingkungan inklusif bagi penyandang disabilitas dan lansia Provinsi Jawa Timur di Kota Surabaya.

Oleh humas2 on March 30, 2017

Jakarta (30/03)--- Menko PMK, Puan Maharani, siang ini menggelar rapat koordinasi tingkat menetri untuk membahas regulasi pengendalian defisit Program JKN-KIS di ruang rapat utama lt.7 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Hadir dalam rakor ini antara lain Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo; Mensos, Khofifah Indar Parawansa; Menkes, Nila F Moeloek; Men PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro; Dirut BPJS Kesehatan, Fahmi Idris; Seskemenko PMK, YB Satya Sananugraha; Staf Khusus Menko PMK; jajaran Eselon I K/L terkait; dan media massa.

Oleh humas2 on March 23, 2017

Jakarta (23/03)--- Pemerintah RI sejak 29 Mei 1996 dengan resmi telah menetapkan sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), dengan kandungan nilai luhur budaya bangsa yang mengharuskan adanya penghormatan terhadap sosok orang yang lebih tua, HLUN sejak itu diperingati sebagai penghayatan nilai budaya yang perlu terus dikembangkan dan dilestarikan. Dari peringatan HLUN diharapkan dapat menggerakkan kesadaran masyarakat akan nilai budaya tadi.

Oleh humas2 on March 22, 2017

Jakarta (22/03)--- Keasdepan bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia pada Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, pagi tadi menggelar rapat penyusunan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pencegahan dan Penanganan Pemasungan bagi Penyandang Disabilitas Mental (ODGJ) di ruang rapat lt.4 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Rapat dibuka oleh Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni dan dalam sesi diskusi dipimpin oleh Asdep bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia, Ade Rustama.

Oleh humas2 on March 18, 2017

Mempawah (18/03) - Sebanyak 1.198 orang menerimah bantuan dari program Program Keluarga Harapan (PKH), Program Makanan Tambahan (PMT), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diserahkan oleh Menko PMK, Puan Maharani, di Pantai Kijing, Desa Sungai Kunyit, Kec Mempawah Hilir, Kab Mempawah Kalimantan Barat, hari ini.

Oleh humas2 on March 17, 2017

Sambas (17/03)--- Memasuki hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Barat, Menko PMK, Puan Maharani, yang masih dalam rangka mendampingi Presiden Joko Widodo, pagi ini menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Program Makanan Tambahan (PMT), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Aruk, Kec Sajingan Besar, Kab Sambas, Kalbar.

Oleh humas2 on March 17, 2017

Jakarta (16/03)--- Keasdepan bidang Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia pada Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, siang tadi menggelar rapat koordinasi lanjutan yang membahas persiapan bahan sosialisasi video grafis Undang-undang No.8/2016 tentang Penyandang Disabilitas di ruang rapat lt. 4 gedung Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas2 on March 17, 2017

Kapuas Hulu (16/03) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, berpesan agar seluruh bantuan yang diterima oleh masyarakat penerima manfaat KIS, KIP, PMT dan PKH dapat digunakan secara efektif dan efisien serta jangan berlebihan. 

Oleh humas2 on March 16, 2017

Jakarta (15/03) -- Deputi Koordinasi Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Tb. A. Choesni memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Eselon I terkait dengan tindak lanjut pembahasan R-Perpres Pengendalian Defisit Keuangan Dana Jaminan Sosial (DJS) Kesehatan di ruang rapat lt.6 Kemenko PMK, Jakarta. Rakor tersebut merupakan wujud dari koordinasi, singkronisasi dan pengendalian (KSP) Kemenko PMK terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Oleh humas2 on March 13, 2017

Jakarta (13/03)--- Pemerintahan Jokowi - Jusuf Kalla pada Desember 2015 lalu telah berkomitmen untuk membangun pabrikatau perusahaan yang khusus mempekerjakan penyandang disabilitas. Jika komitmen itu terwujud dan sudah berkembang, para penyandang disabilitas diharapkan siap terjun ke dalam dunia kerja dan mereka diharapkan dapat mencapai kemandirian ekonomi. Negara di dunia yang sudah sukses menjalankan bengkel kerja untuk para penyandang disabilitas sejauh ini antara lain Jerman, Thailand, dan Filipina.

Pages

Subscribe to RSS - Perlindungan Sosial dan Kemiskinan