Oleh humasnew on November 22, 2018

Jakarta (22/11) – Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida didampingi Asisten Deputi (Asdep) Keolahragaan Kemenko PMK, Gatot Hendrarto meminpin Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Penyelanggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-XX dan Pekan Paralimpik Nasinoal (PEPARNAS) Ke-XVI Tahun 2020 di Papua. Rapat diselenggarakan di Lt.3 Kantor Kemenko PMK, Jakarta Kamis Pagi (22/11).

“Rapat hari ini adalah tindak lanjut dari rapat yang diselenggarakan pada tanggal 6 Nopember 2018 lalu serta hasil kunjungan kerja ke Provinsi Papua dalam rangka mempersiapkan penyelanggaraan PON dan Papernas 2020 di Papua,” terang Shuida mengawali arahannya.

Menurut Shuida, masih ada beberapa agenda yang perlu segera dituntaskan bersama, diantaranya revisi  Instruksi Presiden No. 10 Tahun 2017 tentang dukungan penyelenggaraan PON XX dan PAPERNAS XVI tahun 2020 di Papua serta kepastian penetapan cabang olahraga yang akan dipertandingkan. “Dua hal tersebut adalah pending issu strategis yang harus segara kita selesaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah PB. PON XX tahun 2020 di Papua, Mayjen TNI (Purn) Suwarno menyampaikan bahwa berdasarkan SK KONI Pusat No. 72 Tahun 2018 terdapat 50 cabang olaharaga (Cabor) dan 70 Disiplin Cabor dengan 774 nomor pertandingan dengan melibatkan 7338 Atlet dan 3627 official pertandingan. 

Seluruh pertandingan tersebut, lanjut Suwarno akan diselenggarakan di beberapa daerah di Prov. Papua, seperti Jayapura, Biak, Mimika, Jaya Wijaya, dan Merauke. “Namun dalam perkembangannya ada beberapa usulan perubahan (penambahan dan pengurangan) baik tempat pertandingan maupun cabor yang akan dipertandingkan.” Tambah Suwarno.

Turut hadir dalam Rakornis tersebut perwakilan Kemenpora, KONI, serta dari berbagai instansi dan lembaga terkait lainnya.

Categories: