Oleh humas on May 08, 2018

Pangkal Pinang (08/05) – Memasuki hari kedua Pembekalan Master of Training Revolusi Mental melalui pembentukan keluarga yang berkarakter, diisi dengan materi Pembangunan Keluarga Berkarakter Melalui Gerakan Indonesia Bersih oleh Pokja Revolusi Mental.

Adalah Prasetijono Widjojo, Pokja Revolusi Mental yang mengisi sesi pertama tersebut. Menurutnya, Gerakan Indonesia Bersih fokus pada peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja, dan komunitas, peningkatan sinergi penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang perilaku hidup bersih dan sehat. Prasetijono mencontohkan, Kota Surabaya merupakan kota yang telah menerapkan Gerakan Indonesia Bersih dimana, kebersihan begitu dijaga dan pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik dan kompos pun telah dilakukan kota Pahlawan tersebut.

Sementara di sesi kedua Anggota Gugus Tugas Nasional Revolusi Mental, Rumadi Ahmad memaparkan Pembangunan Keluarga Berkarakter Melalui Gerakan Indonesia Tertib. Indonesia Tertib seperti diketahui fokus pada peningkatan perilaku tertib penggunaan ruang publik, peningkatan perilaku tertib pengelolaan pengaduan, peningkatan perilaku tertib administrasi kependudukan, peningkatan perilaku tertib berlalu lintas, peningkatan perilaku antre, peningkatan sinergi penyediaan sarana dan prasarana penunjang perilaku,peningkatan penegakan hukum perilaku tertib dan menumbuhkan lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja, dan komunitas yang ramah dan bebas kekerasan.

Pembekalan terakhir dilakukan Forum Genre Indonesia dengan tema Sosialisasi Indikator Gerakan Indonesia Bersih, Indonesia Tertib dan Indonesia Mandiri. Dalam kesempatan ini peserta Master of Training Revolusi Mental melalui pembentukan keluarga yang berkarakter juga sempat melakukan diskusi dan pembuatan prototype akan Indonesia Bersih, Tertib dan Mandiri. Setelah mengikuti pembekalan, peserta Kemah Nasional Konselor Sebaya Berbasis Revolusi Mental 2018 akan melakukan kegiatan di lokasi kemah.  PS

Categories: